Apakah Toyota All New Alphard Layak Dibeli?

Dhoni · 2 Okt, 2020 09:00

Kehadiran All New Alphard pada Februari 2020 di Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor, makin melengkapi line up kendaraan mewah. Masuk dalam kondisi CBU (Completely Built Up) atau secara utuh, lalu seberapa layaknya MVP Premium ini untuk dimiliki?

Apakah Toyota All New Alphard Layak Dibeli? 01

Masuk dalam segmen MVP Mewah, Toyota All New Alphard hadir dengan tiga varian yang dihargai mulai dari Rp 1.025 milyar hingga Rp 1.945 milyar (on the road – Jakarta). Varian tersebut terdiri dari All New Alphard 2.5 X A/T, All New Alphard 2.5 G A/T dan All New Alphard 3.5 A/T.

Dengan harga yang ditawarkan, pesaing terdekat hadir dari Buick GL8 Avenir – mobil merek China hasil kolaborasi antara General Motors (GM) dan Buick (SAIC-GM). Sayangnya, mobil ini hanya beredar di China dengan harga mencapai Rp 1,1 Milyar untuk tipe tertingginya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Apakah Toyota All New Alphard Layak Dibeli? 01

Jadi sedikit sulit membandingkan antara All New Alphard dengan pesaing terdekatnya dengan menyesuaikan harga. Namun tidak ada salahnya untuk membahas, apakah layak membeli Toyota All New Alphard atau malah lebih baik membeli Alphard bekas.  

Untuk lebih pastinya, mari kita jabarkan tentang kelebihan All New Alphard dibanding model sebelumnya.

Fitur tambahan Toyota All New Alphard

Pada Toyota All New Alphard kini telahmendapatkan fitur tambahan yakni Toyota Safety Sense, seperti PCS (Pre-Collision System), LDA (Lane Departure Alert), DRCC (Dynamic Radar Cruise Control) dan AHB (Automatic High Beam). Dan juga telah menggunakan Tire Pressure Monitoring System (TPMS),

Eksterior All New Alphard

Pada bagian eksterior, dimensi New Alphard adalah panjang 4.945 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.895 mm, dan wheelbase 3.000 mm. Secara penampilan, New Alphard, tidaknya ada ubahan berarti seperti dengan versi facelift. Terlihat di bagian depan New Alphard menggunakan gril ekstra besar dan futuristis dengan logo besar sesuai arti nama Alphard.

Apakah Toyota All New Alphard Layak Dibeli? 02

Interior All New Alphard

Berada di dalam kabin All New Alphard kesan mewah sangat dirasakan, ruang yang luas turut menyumbangkan rasa nyaman. New Toyota Alphard 2020 juga telah mengalami peningkatan pada Head Unit plus Rear Seat Entertainment (RSE). Jika sebelumnya Head unit berukuran 8 inci, kini untuk varian 2.5 X, 2.5 G dan 2.5 HEV menggunakan layar monitor 9 inci. Sementara varian 3.5 Q menggunakan layar berukuran 10.5 inci.

Layar RSE pun mengalami improvement dengan sebelumnya 10 inchi menjadi 13 inci. Bahkan varian 3.5 Q menggunakan layar 13.3 inci.

Apakah Toyota All New Alphard Layak Dibeli? 03

Inside Rear View Mirror dihadirkan demi penumpang New Alphard 2020 makin nyaman, New Alphard kini telah dilengkapi Electric Mirror Gen 2. Yang pada versi sebelumnya masih menggunakan Full Digital Mirror.

Mesin All New Alphard

Sementara Alphard di Indonesia dilengkapi 2 opsi mesin lainnya. Pada varian 2.5 X dan 2.5 G, mesin HEV berkode 2AR-FE berkapasitas 2.494 cc 4 silinder Dual VVT-i. Untuk mesin Alphard 3.5 Q, mengusung mesin berkode 2GR-FKS dengan kapasitas 3.456 cc V6 Dual VVT-i. Tenaga disalurkan sepenuhnya ke roda depan via transmisi otomatis 8-speed.

Kesimpulan

Dengan tambahan fitur berteknologi dan keamanan demi menunjang kenyamanan, memang kenaikan harga yang ditawarkan tidak terlalu signifikan dibanding model tahun sebelumnya.

Mobil sebagai simbol kejayaan atau kesuksesan, tentu mengganti varian sebelumnya dengan All New Alphard tidak menjadi kendala bagi yang memiliki uang berlebih. Namun tidak ada salahnya bagi yang ingin tetap menggunakan model lama dari Toyota Alphard.

Harga mobil bekas untuk Alphard pun masih tergolong bertahan seiring depreasi yang juga tidak terlalu tinggi. Walau tentunya menyesuaikan dengan tahun produksi mobil tersebut.

Namun jika dibandingkan dengan pesaingnya seperti Nissan Elgrand yang rencananya akan muncul versi teranyarnya hingga Hyundai H-1 dan Honda Elysion, tentu harga New Alphard masih kalah ekonomis. Tetapi kembali lagi, pemilihan mobil yang dianggap mencerminkan jatidiri hingga ‘gengsi’ sang pemiliknya menjadi keputusan akhir dalam kelayakan membeli Toyota New Alphard

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

Toyota Alphard 2.5 X A/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru