Apakah Toyota Raize 2021 Siap Menantang Suzuki Ignis di Pasar Mini SUV Indonesia?

Alex · 25 Jan, 2021 08:00

Tak hanya Daihatsu dengan Daihatsu Rocky 2021-nya, kembarannya dari Toyota pun dikabarkan akan dirilis pada tahun ini. Gosip ini sebenarnya telah muncul sejak 2019 lalu ketika prototipe Daihatsu Rocky dan Toyota Raize muncul di Jepang.

Apakah Toyota Raize 2021 Siap Menantang Suzuki Ignis di Pasar Mini SUV Indonesia? 01

Ya, mini SUV tersebut sebelumnya diprediksi akan masuk Indonesia pada 2020. Namun tampaknya pandemi global Covid-19 yang melanda dunia pada 2020 lalu menjadikan seluruh rencana harus ditunda hingga 2021. Dengan segala tanda-tanda yang sudah diungkapkan di media, maka kemungkinan besar tahun 2021 inilah waktu peluncuran mobil baru Toyota dan Daihatsu itu akan terjadi.

Apakah Toyota Raize 2021 Siap Menantang Suzuki Ignis di Pasar Mini SUV Indonesia? 02

Jika sebelumnya kita banyak membahas soal Daihatsu Rocky, rasanya kita perlu juga membicarakan kembarannya, Toyota Raize 2021. Mobil mini SUV dengan mesin dan dimensi kompak ini disebut-sebut sebagai pengisi segmen yang belum pernah ada di line up Toyota di Indonesia. Ukurannya lebih kecil dari Toyota Rush. Mungkinkah Raize akan mengincar konsumen Suzuki Ignis?

Pertanyaan ini wajar saja jika terlontar di khalayak umum, sebab kita sendiri belum melihat wujud asli Raize itu seperti apa. Petunjuk "mini SUV" tentu paling mudah diterjemahkan dengan contoh sosok Ignis yang telah mendulang sukses beberapa tahun belakangan ini.

Dimensi Toyota Raize 2021 vs Suzuki Ignis 2021

Untuk mengetahui apakah kedua mobil ini sekelas atau tidak, salah satu cara paling mudah yang pertama bisa kita lakukan adalah berapa besar ukurannya? Tentu Anda sudah pernah lihat Suzuki Ignis secara langsung, angka-angka dimensinya pun bisa kita ketahui di situs Suzuki Indonesia.

Namun bagaimana dengan Toyota Raize 2021? Untuk itu kita lihat referensi dari situs Toyota Jepang. Ternyata di sana tertulis bahwa panjang total Raize hampir menyentuh 4 meter, atau lebih tepatnya 3.995 mm. Sedangkan lebar mobil baru yang telah dijual di Jepang ini adalah 1.695 mm.

Apakah Toyota Raize 2021 Siap Menantang Suzuki Ignis di Pasar Mini SUV Indonesia? 03

Sebagai SUV, jarak terendah ke tanah (ground clearence) juga penting. Toyota merancang Raize dengan jarak terendah di angka 185 mm. Sedangkan tinggi mobil ini mencapai 1.620 mm. Lantas bagaimana dengan Suzuki Ignis?

Ternyata dari segi dimensi, Suzuki Ignis ini ukurannya lebih kecil dari Raize. Panjang Ignis hanya 3.700 mm, lebarnya 1.660 mm dan tingginya 1.595 mm. Untuk jarak terendahnya, Ignis terukur 180 mm.

Bisa disimpulkan, Toyota Raize 2021 ukurannya lebih gambot, jadi tak bisa dibilang sekecil Suzuki Ignis. Lantas bagaimana dari segi mesin? Apakah sepadan dengan Ignis?

Mesin Toyota Raize 2021 vs Suzuki Ignis 2021

Suzuki membekali Ignis dengan mesin bensin berkapasitas 1.197 cc dan tersedia dua pilihan transmisi, otomatis AGS dan manual. Mobil berpenggerak roda depan ini tenaga puncaknya 83 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 113 Nm pada 4.200 rpm.

Apakah Toyota Raize 2021 Siap Menantang Suzuki Ignis di Pasar Mini SUV Indonesia? 04

Bagaimana dengan Toyota Raize 2021? Data menunjukkan kapasitas mesinnya ternyata lebih kecil, yakni hanya 996 cc saja, namun dapur pacu tersebut sudah dipersenjatai dengan turbocharger yang membuatnya bisa mencetak tenaga tertinggi hingga 98 PS di putaran 6.000 rpm. 

 

Torsi Toyota Raize bahkan bisa tembus 140 Nm di rentang putaran 2.400 - 4.000 rpm. Dari sini jelas tampak perbedaan yang nyata. Keduanya jelas tak bisa disejajarkan.

Apakah Toyota Raize 2021 Siap Menantang Suzuki Ignis di Pasar Mini SUV Indonesia? 05

Namun ingat, data spesifikasi dimensi maupun performa mesin Raize di sini merujuk dari versi Jepang. Sampai Toyota meluncurkan Raize di Tanah Air, kita tak bisa menebak apakah speknya sama atau ada penyesuaian untuk versi Indonesia. 

Siapa Lawan Sepadan Toyota Raize 2021?

Sejauh ini kita bisa bilang jika Suzuki Ignis tampaknya bukan lawan sepadan untuk melawan Toyota Raize 2021. Kemungkinan besar harga Raize bisa saja lebih tinggi dari Ignis. Namun satu hal yang mungkin terjadi, Raize bisa jadi pilihan mobil yang pas bagi konsumen Suzuki Ignis yang ingin naik kelas.

Yang perlu diingat, ada dua mobil baru lansiran Nissan dan Kia yang baru saja meluncur di Indonesia yaitu Nissan Magnite dan Kia Sonet. Segmennya yang merupakan mini SUV, dengan mesin kompak dan dimensi sedikit lebih besar dari Ignis, itulah sejatinya lawan sepadan bagi Toyota Raize 2021.

Nissan Magnite 2021 dan Kia Sonet 2021 keduanya sudah bersaing lebih merebut hati masyarakat Indonesia sejak awal 2021 ini. Apakah Toyota masih akan menunggu waktu berbulan-bulan lagi untuk meluncurkan Raize sementara kedua lawannya itu lebih dahulu bertarung di pasar Tanah Air?

Atau jangan-jangan kemunculan Toyota Raize 2021 sebenarnya sebentar lagi? Biar waktu yang menjawab.

Komentar