window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Apple Gelontorkan Dana Milyaran Dollar Untuk KIA Demi EV

Dhoni · 5 Feb, 2021 16:00

Jika sebelumnya dikabarkan Apple sebagai perusahaan raksasa smart phone yang akan bekerja sama dengan Hyundai dalam membuat mobil listrik. Informasi terkini, Apple akan segera mengucurkan dana milyaran dollar tetapi justru menggandeng KIA.

Apple Gelontorkan Dana Milyaran Dollar Untuk KIA Demi EV 01

Apple Kucurkan dana Milyaran Dollar untuk KIA Motor Demi EV

Hasil dari pembicaraan antara pabrikan iPhone ini dengan KIA Motors, Apple telah menyepakati untuk mengeluarkan dana sebesar US$3,6 miliar atau sekitar Rp58 trillun. Jika telah mencapai kesepakatan, dana tersebut akan digunakan untuk melakukan pengembangan kendaraan listrik dan juga mempersiapkan pabrik untuk memproduksi di West Point – Georgia, Alabama – Amerika Serikat.

Dengan nota kesepakatan, proyek utama dari Apple yang telah merencanakan berkonsentrasi pada kendaraan listrik otonom sejak beberapa tahun lalu akhirnya mulai terlaksana. Tim Cook – CEO Apple pun mengatakan bahwa teknologi yang digunakan pada kendaraan otonom sangat penting dan ini menjadi proyek utama dibanding yang lain.

Diperkirakan untuk pabrik Perakitan KIA West Point pada awal produksi kemungkinan dapat mencapai 100 ribu unit kendaraan dalam satu tahun. Namun tidak menutup kemungkinan dapat mencapai 400 ribu unit kendaraan per tahunnya karena saat ini telah sanggup memenuhi kebutuhan produksi sebesar 340 ribu unit/tahun.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Kendaraan listrik hasil kerjasama Apple dan KIA Motor, kemungkinan akan menggunakan platform E-GMP. Platform baru tersebut hasil produksi dari KIA Imagine Concept yang telah digunakan sebagai platform pada Hyundai Ioniq 5. Mobil teranyar dari Hyundai tersebut akan segera diluncurkan.

Apple Gelontorkan Dana Milyaran Dollar Untuk KIA Demi EV 01

Apple siapkan konsep mobil listrik

Bicara tentang rumor kerjasama Apple dengan Hyundai yang sebelumnya sempat tersiar. Rasanya dengan kepastian Apple telah menggandeng KIA tentu memutuskan rumor kerjasama dengan produser mobil asal Korea lainnya. Memang di awal Januari lalu sempat terdengar bahwa Apple dan Hyundai akan mulai memperlihatkan mobil konsepnya pada 2022 dengan masa produksi di tahun 2024.

Tapi yang perlu diingat, KIA merupakan bagian dari Hyundai Motor Group. Jadi mungkin saja memang ini strategi bisnis yang dijalankan oleh Hyundai Motor untuk tetap dapat bekerja sama dengan pihak lainnya dalam pengembangan kendaraan listrik. Hal ini sesuai dari pernyataan Hyundai pada awal tahun 2021 setelah dikabarkan akan menjalin kerjasama dengan Apple.

Kerjasama antara KIA motor dengan Apple untuk memberikan dampak cukup baik bagi perusahaan asal Korea ini. Keuntungan awal dengan naiknya harga saham KIA sebanyak 14,5 persen dan ditutup naiknya sebesar 9,65 persen pada bursa Korea.

Dhoni

Reporter

Telah menjadi jurnalis sejak 2008 dengan mengkhususkan diri ke dunia sepeda, namun mulai 2015 mulai menjalani karir sebagai wartawan di dunia otomotif. Namun lebih memilih motorsports sebagai prioritas. Dia tertarik pada teknologi mobil - mobil 4WD. Instagram: dhoni_bima

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil