window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Asik, Sparepart Hyundai Lama Dijamin Tetap Diproduksi Walau Mobilnya Sudah Discontinue

Prasetyo · 16 Nov, 2021 16:01

Asik, Sparepart Hyundai Lama Dijamin Tetap Diproduksi Walau Mobilnya Sudah Discontinue 01

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) terus bergerak secara agresif untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelanggannya. Bukan cuma menyediakan produk baru dengan beragam fitur menarik, namun juga layanan purna jual yang terus ditingkatkan dari segi kualitas dan kuantitas.

Satu diantaranya dengan menyiapkan sebuh pusat logistik suku cadang yang posisinya berdekatan dengan pabrik terbaru Hyundai di Cikarang, Jawa Barat. "Sampai saat ini HMID terus fokus untuk membangun infrastruktur logistik dan distribusi sparepart Hyundai," kata Tony Hadiyanto, Head of Spare Part HMID di GIIAS 2021.

Sparepart Hyundai

Pusat logistik sparepart berdampingan dengan pabrik baru Hyundai

Lebih lanjut Tony menjelaskan, satu dari beberapa langkah yang sudah dilakukan Hyundai adalah membangun pusat logistik suku cadang yang mulai beroperasi pada 1 November 2021. Pusat logistik ini berdiri masih di area lokasi pabrik dengan luas 1,2 hektar dan berkapasitas 28.000 jenis sparepart. "Saat ini kapasitas terpakainya baru 30 persen untuk sparepart mulai dari engine, suspension, body eksterior, interior, sampai kelistrikan," kata Toni.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Cari Sparepart Hyundai Lawas Mending Pesan ke Dealer atau Beli Online?

Pusat Logistik Sparepart untuk Pastikan Ketersediaan Suku Cadang Aman

Sparepart Hyundai

Ada jaminan ketersediaan suku cadang

Dirinya juga menjelaskan, berdirinya pusat logistik sparepart Hyundai ini guna memastikan ketersediaan suku cadang dari seluruh lini produk Hyundai selalu tersedia. Selain itu, lokasi yang berdekatan dengan pabrik juga akan memangkas distribusi dan jarak tempuh untuk proses pembuatan hingga pengiriman suku cadang tersebut ke tangan konsumen.

Dengan adanya skema sepetti ini, kata Tony, di kemudian hari tidak ada lagi keterlambatan untuk penyediaan suku cadang yang dibutuhkan dari para konsumen Hyundai. "Untuk tahap awal memang kita baru sediakan body part dan komponen engine, karena ini adalah part-part yang biasanya sangat dibutuhkan," kata dia.

Sparepart Mobil Hyundai Lawas Tetap Diproduksi

Spareprt Hyundai

Jangan takut soal suku cadnag mobil lawas Hyundai

Selanjutnya, Toni pun menjelaskan, pusat logistik sparepart Hyundai ini bukan hanya untuk menyediakan suku cadang mobil baru. Tapi juga tetap menyimpan sejumlah suku cadang dari kendaraan-kendaraan Hyundai yang sudah tidak lagi diproduksi.

"Di Hyundai ada kebijakan setiap model yang sudah stop produksi, maka sampai 10 tahun sparepartnya masih ada. Kalau pun ternyata kita tidak punya, kita minta dari Korea atau dari India," tegasnya.

Baca juga : Bengkel Ini Terima Servis Subaru Segala Tipe, Layanan Oke Sparepart Dijamin Ada

Hyundai Ingin Konsumen yang Mau Servis Tak Perlu Keluar Rumah

Mobile Service Hyundai

Layanan Mobile Service nantinya akan pakai Hyundai Creta

Selain jaminan ketersediaan sparepart, Hyundai mulai tahun depan juga akan menggenjot layanan purna jual. Antara lain dengan rencana menjadikan semua dealer resmi Hyundai juga disediakan layanan servis. Sehingga nantinya akan menjangkau konsumen hingga ke kawasan pelosok.

Kemudian Hyundai juga akan perbanyak layanan Pick Up and Delivery Service. Yaitu sebuah layanan ketika konsumen ingin melakukan servis namun mobil akan dijemput oleh tim dealer Hyundai untuk dibawa ke bengkel resmi. Layanan ini akan mengurangi penumpukan konsumen di bengkel resmi ketika akhir pekan yang selama ini biasa terjadi.

Mobile Charging EV Hyundai

Buat membantu pemilik mobil listrik yang kehabisan daya baterai di perjalanan

Kemudian HMID juga akan menambah layanan Mobile Service Hyundai dari sebelumnya hanya ada 10 unit menjadi 100 unit kendaraan. Akan menggunakan Hyundai Creta, mobile service ini akan melakukan perbaikan dimana pun dan kapan pun seluruh pelanggan Hyundai. Layanan Mobile Charging EV juga tetap akan tersedia.

Selanjutnya akan ditingkatkan pula layanan Hyundai Roadside Assistance yang semula hanya berupa mobil towing, maka ditambah layanan jump start battery, ganti ban, dan juga Tek Me Home. Yaitu sebuah layanan untuk mengantar pelanggan atau pengemudi ke tempat tujuan, jika kendaraannya mengalami masalah di jalan dan harus dibawa ke bengkel dengan mobil towing.

Terakhir Hyundai juga akan mengembangkan platform digital yang memungkinkan pelanggan bisa melakukan perawatan berkala kendaraannya tanpa harus keluar rumah. Melalui aplikasi digital yang bisa terunduh di ponsel, layanan ini diharapkan dapat mengakses seluruh fasilitas aftersales bahkan tanpa perlu pelanggan tersebut keluar rumah.

Baca juga : Tenang, Selama Masih Ada yang Pakai Isuzu Panther, Sparepartnya Tetap akan Diproduksi

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Grand i10 GLX MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil