window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya

Prasetyo · 2 Okt, 2022 09:01

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 01

  • Toyota Avanza EV Concept Car ini merupakan mobil modifikasi milik Atta Hallilintar.
  • Basisnya Toyota Avanza bekas tahun 2010 yang diubah jadi mobil listrik.
  • Avanza EV Concept tampil di ajang IMX 2022, JCC Senayan, Jakarta.

Setelah kemunculan Ayla EV di GIIAS 2022 Agustus lalu, kini giliran Toyota Avanza EV Concept yang hadir ke publik untuk pertama kalinya di dunia. Namun LMPV sejuta umat yang tak butuh bensin itu bukan hasil kreasi PT Toyota Astra Motor (TAM) atau PT Astra Daihatsu Motor (ADM), melainkan hasil modifikasi dari mobil Atta Halilintar.

Ya Youtuber ini ikut serta dalam ajang Perang Bintang Black Stone Live Modz Challenge 2022 yang diselenggarakan Indonesia Modification Expo (IMX) 2022. Berbeda dengan peserta lain, Atta memilih mengambil basis mobil khas Indonesia, Toyota Avanza.

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 02

Dalam rangka pameran Indonesia Modification Expo 2022

"Kalau kayak mobil Audi, BMW itu kan sudah biasa untuk dimodifikasi. Tapi bagaimana kita bikin mobil sejuta umat, Avanza. Apalagi ini bukan Avanza baru. Ini Avanza bekas tahun 2010 yang saya beli khusus untuk ajang ini," kata Atta saat ditemui di JCC Senayan, Jakarta, Sabtu (01/10/2022).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Gallery Foto Astra Daihatsu Ayla EV: Mobil Listrik Karya Anak Bangsa

Digarap Tomi Airbrush dan West Coast Custom

Tomi Gunawan, builder dari bengkel Tomi Airbrush dipercaya untuk membuat Avanza EV Concept Car ini. Namun bengkel yang berlokasi di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat itu juga bekerja sama dengan Musa Rio Tjahjono dari West Coast Custom, Amerika Serikat (AS). 

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 01

Avanza EV Concept Car

"Dia mendesain mobil ini secara keseluruhan sesuai permintaan Atta. Atta memang sebelumnya konsultasi, maunya seperti mobil konsep yang tidak terlihat rodanya tapi tetap bisa jalan," ucap Tomi kepada Autofun Indonesia.

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 02

Rolls Royce Justin Bieber yang dimodifikasi West Coast Custom

Ternyata Musa sudah pernah menggarap mobil modifikasi seperti apa yang Atta bayangkan. Yakni sebuah Rolls Royce kepunyaan Justin Bieber. Atta pun setuju dengan konsep itu, akhirnya mengacu pada desain yang pernah dibuat, Musa menerjemahkan konsep desain yang sama ke Toyota Avanza.

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 03

Spionnya diganti kamera

Barulah tim dari Tomi Airbrush menerjemahkan konsep desain ini ke wujud asli bodi mobilnya. Tomi juga menjelaskan jika dimensi keseluruhan Avanza EV Concept tersebut lebih lebar dibanding Toyota Avanza biasa. Baik lebar tubuh maupun panjang tubuhnya. "Atta memang mau yang lebih lebar supaya interior juga lebih lapang, seperti Alphard," lanjut Tomi.

Pakai Baterai dan Motor Listrik

Prosesnya disebutkan oleh Tomi hanya sekitar 2 bulan. Pertama-tama yaitu menunggu desain final oleh tim Musa. Kemudian proses pembuatan bodi yang kira-kira memakan waktu dua pekan. Sembari bodi dibuat diracik juga sisitem mesin dan baterai elektrik untuk mobil ini. 

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 04

Tampak belakang Avanza EV Concept Car Atta Hallilintar

Adapun proses pengerjaan bagian mesinnya digarap PT Motor Listrik Indonesia (Molisindo) yang workshopnya ada di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. Wahyu Dodi dari Molisindo menjelaskan kalau Avanza listrik ini menggunakan baterai 70 volt 150 ah. 

Dikombinasikan motor listrik, mobil ini sanggup melaju 175 km - 200 km dalam sekali charging. Ketika baterai kehabisan daya maka bisa diisi dengan fasilitas fast charging selama 1-2 jam. 

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 05

Atapnya tanpa sunroof atau panoramic roof

"Tapi isi di rumah juga bisa, kalau bukan fast charging sekitar 6 jam sampai full. Soket lsitriknya ada di balik kap mesin, jadi kalau ngecas baterai kp mesinnya dibuka. Tapi nanti kita mau ubah ke depan kaya mobil listrik yang udah banyak dijual sekarang," ucap Wahyu kepada Autofun Indonesia.

Baca juga: Resmi Dibuka, Gelaran IMX 2022 Ramai Dikunjungi Para Petrolhead

Pakai Suspensi Udara dan Audio High End

Setelah bodi dan mesin jadi barulah proses penmbuatan suspensi. Adapun mobil ini telah menerapkan suspensi udara (air suspension). "Ukuran ban kita kecilkan dari ring 15 kita ganti jadi ring 14, supaya pas kondisi terendah dia terlihat ceper banget," sebut Tomi.

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 06

Ban 14 inci dipadukan suspensi udara

Sementara itu dasbor mobil ini diungkapkan Tomi memang tidak banyak disentuh perubahan. Hal tersebut lantaran Atta mau kesan Toyota Avanza masih ada di kendaraannya. Namun tim dari Masterpiece Car Leather Seat tetap merancang agar kabin ini terlihat futuristik.

Yang diubah lainnya adalah bagian audio system dengan memakai komponen dari Venom Audio. Adapun seluruh sistem pencahayaan baik di eksterior maupun interior bekerja sama dengan Yoong Motor.

Atta Hallilintar Bikin Toyota Avanza Listrik Pertama di Dunia, Begini Spesifikasinya 07

Interiornya masih kental nuansa Toyota Avanza

Apakah Avanza EV Concept Car ini akan diwujudkan jadi nyata dan legal dipakai di jalan raya? "Mungkin saja tapi kan prosesnya panjang harus ada uji jalan dan pendaftaran, baru bisa ditentukan layak di jalan umum atau tidak. Tapi kita berharp ini bsia jadi Avanza listrik pertama di dunia," sebut Tomi. 

Baca juga: Menghitung Biaya Isi BBM Toyota Avanza vs Mitsubishi Xpander Kalau Pakai Pertamax

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia