window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Avanza VS Ertiga, Mana yang Anda Pilih?

Alex · 12 Okt, 2020 17:00

Avanza VS Ertiga, Mana yang Anda Pilih? 01

Toyota Avanza bisa dibilang jagoannya dalam kelas low MPV. Sebuah kelas yang diisi banyak pemain dari berbagai merek. Semua produk di kelas panas ini berlomba-lomba memikat konsumen dengan harga ekonomis dan fitur selengkap mungkin.

Walau sampai saat ini Avanza masih sulit untuk ditekuk angka penjualannya, namun bukan berarti ia minim perlawanan. Mulai dari Mitsubishi Xpander hingga Suzuki Ertiga menjadi beberapa musuh tangguh Avanza.

Cukup menarik jika membandingkan Avanza dengan Suzuki Ertiga. Keduanya saat ini sama-sama masuk generasi kedua dan punya keistimewaan hingga keunggulan masing-masing. Avanza terkenal akan purnajualnya yang tak perlu diragukan lagi reputasinya sedangkan Ertiga yang secara produk terkenal akan kenyamanannya punya hati tersendiri di masyarakat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jika Anda ada rencana membeli low MPV dan sedang bingung memilih antara Toyota Avanza atau Ertiga maka tak perlu pusing. Sebab dalam artikel ini kita akan bandingkan kedua low MPV yang sama-sama bermerek Jepang ini.

Fitur Keselamatan

Salah satu yang menjadi sorotan pada sektor penunjang keselamatan adalah kantung udara. Tentunya kedua sudah dibekali kantung udara alias airbag. 

Kantung udara pada kabin Avanza hanya berjumlah dua buah, hanya untuk melindungi penumpang depan dan pengemudi saja. Ternyata sama juga pada Suzuki Ertiga, airbag-nya hanya ada dua di depan.

Avanza VS Ertiga, Mana yang Anda Pilih? 01

Selain kantung udara, rem yang dilengkapi ABS juga jadi point penting. Kedua LMPV ini juga sama-sama dilengkapi rem dengan ABS demi menunjang keselamatan berkendara. Toyota juga membanggakan fitur side impact beam pada Avanza. Fitur tersebut berupa palang besi yang berada di bagian dalam pintu yang berfungsi mengurangi daya benturan misal terjadi tabrakan samping. 

Untuk penunjang keselamatan dari sisi struktur, Suzuki membanggakan penggunaan platform baru bernama HEARTEC pada Ertiga generasi kedua ini. Dengan platform HEARTEC, disebut berpengaruh kepada rigiditas mobil, yang efeknya adalah pada handling yang meningkat.

Untuk Ertiga varian tertinggi tentu sudah memiliki sensor parkir. Sedangkan jika Anda bersikeras membutuhkan fitur serupa, maka wajib memilih Toyota Veloz pada keluarga Avanza.

Fitur Hiburan

Walau masuk kategori mobil ekonomis, bukan berarti Toyota Avanza dan Ertiga sepi akan fitur hiburan. Justru di sisi infotainment system ini Toyota dan Suzuki berlomba memberikan yang terbaik dengan batasan harga yang tetap ekonomis.

Di tengah dashboard Ertiga terdapat head unit touch screen 6,8 inci dengan garnish I/P center memberikan akses hiburan melalui fitur-fitur yang terintegrasi pada gawai pengemudi, seperti seperti Web Link, Radio (AM/FM), MP3, WMA, USB, Waze, Spotify, Bluetooth Audio, dan Bluetooth Phone Call.

Avanza VS Ertiga, Mana yang Anda Pilih? 02

Sedangkan pada bagian dashboard Avanza, terdapat touch screen head unit 6 inci yang juga terhubung dengan steering control. Dalam hal konektivitas, head unit ini juga dilengkapi dengan sistem Bluetooth yang dapat menghubungkan head unit dengan smartphone.

Layar sentuh Toyota Avanza tersebut dapat mengakomodir pemutaran file DVD, sistem radio AM/FM, dan fitur mirroring. Fitur ini memungkinkan tampilan layar smartphone bisa ditampilkan di layar head unit, sehingga bisa mendengarkan musik, navigasi, dan menonton YouTube selama di perjalanan.

Mesin dan Performa

Avanza memiliki dua pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500 cc. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri, karena konsumen lebih leluasa dalam menyesuaikan kebutuhan dari sisi mesin.

Namun, dalam perbandingan kali ini kita akan highlight tipe 1.500 cc agar seimbang dengan Ertiga. Kapasitas bersih mesin Avanza tersebut adalah 1.496 cc sedangkan Ertiga sebesar 1.462 cc.

Avanza VS Ertiga, Mana yang Anda Pilih? 03

Toyota boleh bangga dengan penggunaan teknologi Dual VVT-i pada dapur pacu Avanza yang membuatnya bertenaga sekaligus efisien dari sisi konsumsi bahan bakar. Mesin tersebut bertenaga 104 PS dan torsi 136 Nm.

Bagaimana dengan mesin Eriga yang tak memiliki nama teknologi yang "dijual" secara khusus seperti layaknya Dual VVT-i? Ertiga mampu menghasilkan daya 104,7 PS dan torsi sebesar 138 Nm. 

Kesimpulan

Sebenarnya kedua mobil ini sangat sengit jika dibandingkan secara spesifikasi dan fitur. Namun jika Anda memerlukan identitas yang lebih berkarakter akan sebuah MPV, maka Ertiga bisa jadi jawabannya.

Walau tak selaris Avanza, tapi Ertiga sangat terkenal akan kenyamanannya dan handlingnya yang baik. Apalagi dari segi performa mesin kedunya nyaris seimbang.

Namun, bagi yang mengedepankan ketangguhan dan merek dengan reputasi terbaik, maka tak keliru jika memilih Avanza. Terlebih mobil ini juga memiliki resale value yang terkenal bagus. 

Alex

Seorang mantan product planner and researcher, sangat menyukai data dan semua yang berbau kutu buku. Mobil-mobil favoritnya adalah mobil analog dengan enam silinder

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil