window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Babak Baru, Pabrik Tesla di Indonesia Segera Jadi Kenyataan

Herdi · 13 Jan, 2023 09:01

pabrik tesla di indonesia

Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Tesla Inc, dikabarkan mendekati kesepakatan awal untuk mendirikan pabrik Tesla di Indonesia. Founder sekaligus CEO Tesla, Elon Musk disebut ingin memanfaatkan sumber daya utama pembuatan bahan baku baterai yang ada di Tanah Air.

Informasi soal babak baru niatan Tesla untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia ini disebutkan seseorang sumber internal Tesla kepada Bloomberg.

Baca juga: Kasih Diskon Mobil Baru Terus Menerus, Tesla Didemo Konsumennya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Founder sekaligus CEO Tesla, Elon Musk

Founder sekaligus CEO Tesla, Elon Musk

Rencana untuk mendirikan pabrik Tesla di Indonesia, disebut karena Elon Musk ingin memproduksi sebanyak satu juta mobil listrik per tahun. Hal ini sejalan dengan ambisi Tesla agar semua pabriknya secara global mencapai kapasitas tersebut. 

Untuk di Indonesia, sumber tersebut mengatakan, rencana Tesla mendirikan pabrik termasuk melayani berbagai fungsi, mulai dari produksi hingga rantai pasokan. 

Founder sekaligus CEO Tesla, Elon Musk

Tesla menargetkan produksi 1 juta mobil listrik

Menurut sumber, kesepakatan pembangunan pabrik memang belum ditandatangani, bahkan bisa saja mengalami kendala atau gagal. Maka dari itu, sumber tersebut menyatakan untuk tidak menyebutkan namanya, karena pembicaraan tersebut bersifat rahasia.

Bloomberg sendiri langsung mengkonfirmasi kebenaran informasi tersebut kepada Elon Musk dan pihak Tesla. Namun hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan dari Elon maupun Tesla.

Baca juga: Luhut Pede Tesla Akan Investasi di Indonesia, Pabrikan Lain Menyusul

Perbincangan dengan Tesla Dipimpin Luhut Pandjaitan

Babak Baru, Pabrik Tesla di Indonesia Segera Jadi Kenyataan 03

Luhut Binsar Pandjaitan

Di sisi lain, Bloomberg mengkonfirmasi kepada pihak di Indonesia terkait seberapa besar kesepakatan investasi dengan Tesla. Hingga akhirnya Menteri Investasi Indonesia Bahlil Lahadalia, mengatakan bahwa pembicaraan dengan Tesla dipimpin langsung oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Hanya saja, pihak kementerian tidak mau berkomentar lebih jauh. 

Diketahui, Indonesia memang secara intens mendekati perusahaan Tesla, agar mereka mau menancapkan kuku bisnis di Indonesia. Bahkan Luhut hingga Presiden Joko Widodo pernah berdiskusi langsung dengan bos Tesla, Elon Musk di Boba Chica, Amerika Serikat, pada Mei 2022 lalu. 

Kehadiran para petinggi dari Tanah Air itu, akhirnya pada Agustus tahun lalu menyepakati untuk ekspor pasok nikel senilai US$5 miliar.

Baca juga: Mau Berhenti, Tesla Model Y Ini Tiba-tiba Malah Berakselerasi dan Terjadi Kecelakaan Mengerikan!

Indonesia Dianggap Belum Sesuai dengan Pasar Tesla 

Founder sekaligus CEO Tesla, Elon Musk

Baterai mobil Tesla

Sementara itu, meskipun ada potensi penjualan mobil menggiurkan karena pasar yang mencapai 675 juta konsumen di Asia Tenggara, namun Indonesia sendiri dianggap pasar yang kurang menggiurkan, karena rata-rata mobil yang disukai konsumen secara domestik harganya sekitar Rp300 jutaan. 

Adapun Presiden Jokowi sendiri, nyatanya tak ingin Tesla hanya sekadar memproduksi baterai, tapi juga mobil listrik di Indonesia. Bahkan orang nomor satu di Nusantara itu disebut bersedia meluangkan waktu untuk meyakinkan Musk agar melihat Indonesia lebih dari sekadar pemasok sumber daya utama.

Pabrik mobil Tesla

Pabrik mobil Tesla sudah menggunakan robot  

Nah, kalau Tesla benar-benar bisa membuat pabrik produksi mobil listrik di Indonesia, maka itu menjadikan pabrik Tesla ketiga di luar Amerika Serikat, karena sebelumnya fasilitas Tesla berada di Shanghai, China, dan dekat Berlin, Jerman. 

Potensi Tesla untuk membangun pabrik di Indonesia memang cukup tinggi, mengingat selama rapat pemegang saham tahunan Tesla pada bulan Agustus, Musk berharap perusahaannya akan membangun 10-12 pabrik secara global.  Disebutkan, selain Indonesia, pada akhir tahun lalu Tesla dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk membangun pabrik perakitan mobil listrik di Meksiko.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Tesla Model 3 Standard Plus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil