window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Baca Panduan Lengkap Ini Sebelum Membeli Daihatsu Terios

Naomi · 8 Mei, 2020 15:00

Baca Panduan Lengkap Ini Sebelum Membeli Daihatsu Terios 01

Terios sukses menjadi salah satu mobil terlaris Daihatsu di Indonesia. Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki sejumlah kelebihan yang tak dimiliki pesaingnya. Selain itu, ia memiliki banderol yang menarik. Daihatsu Terios dijual mulai Rp 209,8 juta sampai Rp 264,4 juta.

Sama halnya dengan Daihatsu Xenia, Daihatsu Terios juga merupakan proyek kolaborasi dengan Toyota. Saudara kembar Toyota Rush ini mengemban predikat yang tak main-main. Ia adalah mobil termahal yang dijual Daihatsu di Indonesia.

Toyota Rush merupakan kembaran yang berasal dari induk yang berbeda mobil Terios baru. Mobil Toyota Rush Indonesia memiliki total 4 varian. Harga Toyota Rush Indonesia terbaru berkisar dari Rp 255 juta hingga Rp 275 jutaan. Ini merupakan harga Toyota Rush Indonesia terbaru 2020.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Memikul predikat flagship SUV, tentu Daihatsu tidak main-main. Ia dibekali dengan sejumlah fitur dan kelengkapan terbaik di kelasnya. Bahkan mobil Terios baru didukung dengan beberapa fitur dan kelengkapan yang tidak dimiliki oleh kembarannya, Toyota Rush Indonesia.

Lantas apa karena itu New Terios tidak punya kelemahan sama sekali? Tidak juga. Ada beberapa fitur milik Toyota Rush Indonesia yang justru absen di Daihatsu All New Terios. Justru itu pahami kelebihan dan kekurangan Daihatsu New Terios berikut ini kalau tak ingin menyesal di kemudian hari.

Baca Panduan Lengkap Ini Sebelum Membeli Daihatsu Terios 01

1. Dimensi dan Desain Eksterior

Dari luar, mobil Terios terbaru memang terlihat besar dan gagah khas SUV. Tapi percaya atau tidak, dimensinya ternyata justru lebih kecil kalau dibandingkan dengan Honda BR-V misalnya. All New Terios memiliki dimensi panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Sedangkan Honda BR-V memiliki dimensi panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm.

Walau begitu tak perlu khawatirkan kelapangan ruang kabinnya. Daihatsu New Terios punya jarak sumbu roda 2.685 mm atau lebih panjang dari Honda BR-V yang 2.662 mm. Menariknya lagi meski dimensi tinggi All New Terios ebih rendah dari BR-V tapi mobil Terios baru punya ground clearance yang lebih baik yakni, 220 mm atau lebih tinggi dari BR-V yang hanya 201 mm.

Melihat eksteriornya, Daihatsu All New Terios punya desain yang identik dengan Toyota Rush Indonesia. Meski demikian Terios punya sedikit pembeda. Tampangnya punya lebih banyak ornamen krom yang memberi kesan mewah. Tapi unik, di bagian samping New Terios tak dibekali dengan side body moulding seperti milik Rush tipe tertinggi. Untungnya Daihatsu Terios All New datang dengan lampu utama LED multireflektor yang modern.

Baca Panduan Lengkap Ini Sebelum Membeli Daihatsu Terios 02

2. Interior dan Fitur

Menilik interiornya, tentu saja All NEW Terios generasi terbaru ini jauh lebih keren dibanding pendahulunya. Mulai dari desain, material kabin hingga fitur yang tertanam di dalamnya. Bahkan ia punya kelebihan dari Toyota Rush Indonesia yang juga dibuat di pabrik Daihatsu.

Banyak bagian dari interiornya yang sudah dipoles material soft touch. Bahkan lingkar kemudi Terios Daihatsu sudah dibalut kulit. Tapi memang jok masih memakai pelapis dari bahan fabric. Kemudian sistem multimedia layar sentuh 7-inci yang sekaligus berfungsi sebagai proyektor dari kamera parkir 360. Fitur ini tak dimiliki oleh Toyota Rush Indonesia. Head unit 2DIN ini juga dapat terhubung dengan smartphone lewat sambungan Bluetooth dan USB.

Bedanya, punya All New Terios belum didukung sambungan internet seperti yang tersedia pada Rush. Sehingga meski sudah menyediakan fitur navigasi GPS, tapi sistem infotainment Daihatsu All New Terios belum bisa terhubung dengan web link yang sudah mendukung navigasi waze ataupun Google Maps. Selain itu, kualitas suara yang dihasilkan pun berbeda. Rush TRD Sportivo memiliki 8 surround sound speakers sedangkan Daihatsu hanya membekali mobil Terios baru dengan 6 mid-range speaker dan 2 tweeter.

Baca Panduan Lengkap Ini Sebelum Membeli Daihatsu Terios 03

Varian tertinggi Daihatsu Terios All New dibekali fitur yang memudahkan pemiliknya. Misalnya kunci pintar atau keyless entry dengan tombol Start-Stop untuk menghidupkan dan memadamkan mesin. Fitur pendingin kabin sudah berupa layar digital dengan fungsi otomatis.

Kursi baris kedua Daihatsu Terios juga tak selengkap yang dibayangkan. Siapa yang menyangka SUV termahal Daihatsu ini Cuma menyediakan dua sandaran kepala. Penumpang yang duduk di tengah kursi baris kedua harus rela menyangga kepalanya saat berkendara di dalam mobil ini.

3. Fitur Keselamatan dan Keamanan

Keselamatan penghuni kabin New Terios memang benar-benar diperhatikan oleh Daihatsu. Beragam fitur keselamatan aktif disematkan. Sebut saja Vehicle Stability Control (VSC), Hill start Assist (HSA), rem Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brake force Distribution (EBD) plus Brake Assist (BA) sudah tersedia. Bahkan ada Emergency Stop Signal (ESS) yang otomatis memberi sinyal lampu hazard kepada pengemudi di belakang saat pengereman mendadak.

Meski begitu fitur keselamatan All New Terios tak selengkap Rush. Daihatsu New Terios hanya dilindungi dual SRS Airbag sementara Rush punya 6 airbag di sekeliling kabin. Untungnya, faktor keamanan berupa kunci immobilizer dan alarm terpasang pada mobil Terios terbaru.

Baca Panduan Lengkap Ini Sebelum Membeli Daihatsu Terios 04

4. Performa

Sistem penggerek mobil Terios terbaru memanfaatkan dapur pacu baru. Mesin yang juga dipakai oleh Daihatsu Xenia itu menghasilkan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm. Performa mesinnya ini memang bukan yang terbaik di kelasnya.

Coba bandingkan dengan mesin Honda BR-V yang juga berkapasitas 1,5 liter. Tenaga yang dihasilkan BR-V, 120 PS dengan torsi puncak 145 Nm. Selisihnya di atas kertas terpaut cukup jauh. Belum lagi New Terios masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4-speed. Berbeda dari BR-V yang sudah menganut transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission).

Bahkan mesin mobil Terios baru ini mengalami penurunan performa dibanding mesin lamanya. Sebelumnya mobil Daihatsu Terios All New sanggup menghasilkan tenaga 107 PS dengan torsi puncak 141 Nm. Penurunan performa ini diklaim Daihatsu demi mewujudkan Terios yang 20 persen sampai 30 persen lebih irit bahan bakar.

Baca Panduan Lengkap Ini Sebelum Membeli Daihatsu Terios 05

5. Varian dan Harga

Salah satu kelebihan Daihatsu Terios All New adalah, ia ditawarkan dalam banyak varian dan tipe. Tercatat terdapat total sembilan varian yang bisa dipilih konsumen. Tipe terendah SUV 7-penumpang ini dijual mulai Rp 209,8 juta hingga tipe termahalnya Rp 264,4 juta. Kelebihan lain mobil ini, ia memiliki jaringan layanan purna jual Daihatsu-Toyota yang luas dan banyak tersebar di seluruh pelosok Tanah Air.

Daftar Harga Daihatsu Terios
Daftar Harga Daihatsu Terios
Daihatsu Terios X MT Rp 209.800.000
Daihatsu Terios X MT Deluxe Rp 219.800.000
Daihatsu Terios X AT Deluxe Rp 229.800.000
Daihatsu Terios R MT Rp 242.500.000
Daihatsu Terios R AT Rp 252.500.000
Daihatsu Terios R MT Deluxe Rp 252.500.000
Daihatsu Terios R MT Custom Rp 254.500.000
Daihatsu Terios R AT Deluxe Rp 262.500.000
Daihatsu Terios R AT Custom Rp 264.400.000

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil