window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza

Yongki Sanjaya · 1 Okt, 2020 16:00

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 01

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dikembangkan secara bersamaan, dan bahkan diproduksi jadi satu di pabrik Daihatsu. Namun, keduanya memiliki beberapa perbedaan untuk menambah pilihan konsumen Tanah Air.

Salah satu kunci sukses keberhasilan suatu mobil di Indonesia adalah faktor keluarga. Jadi intinya mobil yang disukai di Indonesia itu adalah mobil yang bisa memuat banyak penumpang. Nah, keduanya punya karakter yang sama.

Karena memakai basis yang sama, pastinya banyak sekali kesamaan atau kemiripan desain antara Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Perbedaannya jelas bukan cuma logo tapi juga fitur dan pernik aksesoris yang dibawa keduanya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 01

Sejak pertama kali dikenalkan, Toyota menempati brand posision di atas Daihatsu. Secara kelengkapan fitur, Daihatsu terpaksa mengalah dengan membuat Xenia sedikit minim Fitur dibandingkan Toyota Avanza.

Nah, seperti apa beda fisik dan fitur antara Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza? Ayo kita telisik lebih lanjut.

Beda Aksen Warna Grill Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 02

Pada bagian depan, terdapat tambahan aksen chrome pada kisi-kisi radiator Toyota Avanza untuk menghadirkan kesan yang lebih mewah. Sedangkan Xenia juga mendapatkan list chrome, tetapi terletak pada bagian bawah grille.

Selain itu, Toyota Avanza mendapatkan rear spoiler guna mempercantik tampilan belakangnya. Xenia kini juga mendapat rear spoiler yang membuatnya tidak kelihatan polos.

Avanza dan Xenia punya dimensi yang sama (P x L x T) 4.190mm x 1.660mm x 1.695mm serta wheelbase 2.665 mm. Sehingga dikatakan tidak ada beda yang cukup signifikan pada kedua model tersebut.

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 03

Bahkan untuk Daihatsu Xenia 1.5R, tampil lebih mewah mewah dari penggunaan pelek yang sudah two tone (hitam dan chrome). Daihatsu juga memberikan aero kit di bemper depan, belakang dan samping.

Sementara Toyota Avanza 1.5G masih mengandalkan pelek dengan delapan palang sederhana dan tanpa aero kit.

Fitur Daihatsu Xenia Lebih Sedikit Dari Toyota Avanza

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 04

Lagi-lagi, Xenia harus berkorban Fitur demi mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Fitur yang dimiliki kalah lengkap dari Avanza.

Untuk fitur keselamatan seperti Anti-Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD) absen pada semua tipe Xenia bermesin 1.300cc. Fitur tadi bahkan hanya ditawarkan pada varian bermesin 1.500 cc.

Padahal fitur-fitur ini menjadi standar pada semua tipe Avanza. Satu perbedaan fitur adalah ISOFIX. Fitur keselamatan ini juga absen di semua lini model Xenia.

Tapi ada satu fitur yang dimiliki oleh Daihatsu Xenia 1.5 R dan tidak tersedia di Avanza 1.5 G, yaitu sensor parkir depan. Avanza terbaru hanya memiliki sensor parkir belakang. Tentu sangat memudahkan bila kamu ingin parkir mobil secara paralel.

Interior Daihatsu Xenia Lebih Berwarna Tapi Minim Fitur

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 05

Di dalam, Avanza memiliki dashboard dengan warna all new black tone dengan head unit layar sentuh. Sebaliknya, Daihatsu Xenia memiliki kabin dengan kombinasi dua warna yang berbeda.

Avanza baru lebih nyaman, karena di kursi baris kedua ada head rest untuk penumpang tengah. Kemudian ada front passanger seat belt warning.

Tidak ketinggalan, power outlet untuk charger smartphone tersedia di ketiga baris kursi. Sayangnya, Daihatsu Xenia 1.5R tidak punya tiga fitur yang disebutkan di atas. Namun Xenia telah dilengkapi dengan iPod control dan AUX.

Daihatsu Xenia Punya Opsi Transmisi Otomatis

Bak Pinang Dibelah Dua, Nih Bedanya Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza 06

Setelah Veloz berpisah dan menjadi model tersendiri, maka pembagian fitur di Avanza jadi semakin pelit. Bisa dibilang, fitur istimewa umumnya dimasukkan ke Veloz.

Pada pilihan transmisi otomatis, Daihatsu selangkah di depan karena Xenia 1.5R sudah memilikinya. Mesin 1.496 cc DOHC Dual VVT-i dipadankan dengan dua pilihan transmisi: manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. Performa mesin Xenia 1.5R sendiri, sanggup memuntahkan torsi puncak 136 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 104 PS pada 6.000 rpm.

Sementara Toyota Avanza 1.5G, ternyata tidak dibekali transmisi otomatis. Konsumen cuma bisa memilih mesin 1.496 cc yang didampingi transmisi manual 5-percepatan. Toyota sengaja menghadirkan transmisi otomatis di Avanza 1.3, Veloz 1.3 dan 1.5 sebagai varian tertinggi.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil