window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bakal Masuk ke Indonesia, Ini Dia Perbedaan Toyota Vios 2021 dan Sebelumnya

Bent Aulia · 9 Des, 2020 14:00

Bakal Masuk ke Indonesia, Ini Dia Perbedaan Toyota Vios 2021 dan Sebelumnya 01

Sebagai salah satu sedan kompak yang enak digunakan untuk jalanan perkotaan, Toyota memperkenalkan penyegaran dari tampang serta teknologi yang digunakan pada Toyota Vios 2021. Diperkenalkan di Filipina, tak menutup kemungkinan Vios terbaru akan masuk ke Indonesia tahun depan. Lalu apa saja yang baru dari New Toyota Vios?

Facelift Toyota Vios 2021

Ada fakta menarik mengapa Toyota mulai memperkenalkan edisi terbaru dari facelift Toyota Vios 2021 di Filipina pertengahan tahun lalu. Pasalnya Vios merupakan salah satu model terlaris Toyota di negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia ini.

Toyota Vios 2021

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Untuk tahun 2021, Toyota Vios terbaru mendapatkan ubahan gaya yang membuatnya semakin mirip dengan sedan legendaris Toyota lainnya, yaitu Toyota Corolla Altis. Sedan segmen B ini menggunakan lampu LED DRL baru, grille depan yang lebih berani, serta intake udara yang lebih besar di depan.

Hanya saja lampu kabut di bagian depan baru ditemukan pada varian Vios G, E, dan XLE. Sedangkan velg 15 ini akan menjadi fitur standar bagi Vios E dan XLE. Sedangkan Vios G sebagai varian tertinggi akan menggunakan velg berukuran 16 inci dengan desain baru pula.

dashboard Toyota Vios 2021

Interior berkualitas tinggi masih tetap dipertahankan. Hanya saja perubahan kali ini meningkatkan tampilan, kenyamanan, dan konektivitas di dalam kabin. Sistem kontrol iklim digital diberikan, sementara sistem AC standar diberikan untuk varian yang lebih terjangkau.

Sistem infotainment layar sentuh 7 inci menyediakan hiburan di dalam mobil. Head unit mendukung konektivitas AM/FM, USB, Bluetooth, Aux, serta Weblink bagi pengguna smartphone iOS dan Android. Pengendara bisa menyambungkan sistem audio dengan mudah.

mesin Toyota Vios 2021

Masih berupa facelift, tak ada perubahan terasa pada edisi terbaru Toyota Vios 2021. Ada dua mesin yang dibawa, mulai dari mesin 1.3L bertenaga 99 PS dan torsi maksimal 123 Nm, serta mesin 1.5L bertenaga 107 PS dan 140 Nm torsi maksimal.

Eksklusif bagi Toyota Vios G adalah mode penggerak baru yang dapat dipilih. Alih-alih sistem Eco Coaching, pengemudi bisa memilih antara mode berkendara ECO dan Sport. Begitu pula tambahan paddle shifter yang dipasang pada roda kemudi untuk kesenangan berkendara yang sesungguhnya.

head unit Toyota Vios 2021

Semua model Vios terbaru sudah mendapatkan sistem Toyota Sure Advantage yang meningkatkan kualitas, daya tahan, dan handling. Keunggulannya termasuk pada servis dan suku cadang yang banyak tersedia serta paket kendaraan untuk meningkatkan keamanan dan efisiensi.

Hanya saja belum aja detail lebih lanjut mengenai kehadiran mobil ini di Indonesia. Terakhir kali Vios mendapatkan perubahan pada bulan April 2018. Dengan harga Toyota Vios 2020 saat ini mulai dari Rp308 jutaan, besar kemungkinan harga Toyota Vios 2021 akan meningkat nantinya.

Sejarah Toyota Vios

Dengan nama besar Toyota, kehadiran Toyota Vios menjadi bagian penting dalam perkembangan dan penjualan Toyota di Indonesia. Sebelum mengetahui apa saja yang berbeda dari model baru Vios, sejarah Toyota Vios terbentang hingga lebih dari 18 tahun.

Toyota Vios

Diperkenalkan pertama kali pada tahun 2002, Toyota membawa Vios ke Indonesia pertama kali pada tahun 2003. Kala itu, Vios menjadi salah satu penantang paling serius di segmen sedan kompak berhadapan dengan Honda City dan Suzuki Baleno Next-G

Sedari awal, Toyota Vios datang dengan dimensi yang kompak serta mesin yang bertenaga namun tetap irit bahan bakar. Inilah yang membuatnya menjadi pilihan armada taksi sejak pertama kali diperkenalkan hingga saat ini.

Generasi pertama

Generasi pertama menawarkan tampilan yang modern namun tetap minimalis. Ada lampu depan bergaya oval dengan grille yang tak terlalu besar dengan aksen chrome. Bumper bawah sewarna bodi bahkan sudah dilengkapi lampu kabut.

Toyota Vios 2003

Kesan sederhana bisa ditemukan pada sisi samping dengan gagang pintu dan spion sewarna bodi. Ada aksen horizontal yang membelah pintu samping. Ground clearance Vios 143 mm tak begitu tinggi, tapi cukup baik untuk pengendaraan perkotaan. Bagian belakang dibuats sporty dengan stoplamp yang memojok ke samping.

Meski bergaya kompak, namun Toyota memberikan kabin yang lega untuk lima orang. Inilah yang membuatnya sering digunakan sebagai taksi. Fitur interior yang ditawarkan sudah cukup baik pada masanya, termasuk AC serta fitur audio yang menemani sepanjang perjalanan.

dashboard Toyota Vios 2003

Vios bisa disebut sebagai salah satu mobil Toyota yang paling lama menggunakan mesin berkode 1NZ-FE 1.5L 4-silinder DOHC. Vios mendapatkan model ini selama 13 tahun, dari tahun 2003 hingga 2016. Mesin ini memberikan Vios keluaran tenaga 110 PS dan torsi maksimal 141 Nm.

Baru pada tahun 2005 Vios mendapatkan sedikit perubahan minor pada tampang dan kosmetik. Ubahan ini termasuk dengan grille dengan kontur V, kehadiran lampu sein pada spatbor, serta penambahan warna interior beige bagi konsumen.

Generasi kedua

Dua tahun sejak Vios mendapatkan facelift generasi pertama, Toyota memperkenalkan edisi terbaru dari generasi kedua Toyota Vios pada tahun 2007. Desain luar terasa mirip dengan Toyota Yaris, hanya saja dibuat lebih menarik sebagai sedan keluarga perkotaan.

Toyota Vios 2007

Masih mengenakan mesin 1.5L berkode 1NZ-FE, Toyota memperkenalkan teknologi Intelligent Drive by Wire ETCS-i. Sistem ini mampu menghemat konsumsi bahan bakar dan dibuat ramah lingkungan.

Perubahan lainnya diberikan ketika Vios masuk ke era facelift pada tahun 2010. Sedan kompak ini dibuat lebih elegan dengan grille dua baris berbalut chrome, lampu kabut, serta desain velg dan lampu belakang yang baru. Ada interior berwarna beige baru serta ubahan tampilan yang lebih sporty pada Vios TRD Sportivo.

Generasi ketiga

Generasi ketiga All New Toyota Vios dibawa pertama kali ke Indonesia pada bulan Mei 2013. Dirakit di pabrik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang pada akhir 2013 dengan Toyota Vios G sebagai varian tertinggi. Tipe TRD Sportivo meluncur setahun kemudian pada Indonesia International Motor Show 2014.

Toyota Vios TRD 2013

Bukan hanya perubahan tampilan yang membuat Vios semakin stylish, namun Toyota memperkenalkan mesin baru. Mesin 1NZ-FE yang dipakai sejak generasi pertama akhirnya dibuang. Diperbaharui dengan mesin 1.5L 2NR-FE dengan teknologi Dual VVT-i untuk meningkatkan efisiensi dan performa di jalanan.

Toyota Vios 2013

Lima tahun kemudian, Vios mendapatkan facelift pertama dan dibawa per bulan April 2018. Meski tanpa perubahan yang signifikan, Vios mendapatkan beberapa fitur keselamatan baru. Di antaranya airbag 7 titik, Hill Start Assist, Emergency Brake Signal, Crash Sensor hingga Vehicle Stability Control.

Perbedaan Toyota Vios 2021 dan sebelumnya

Sejak generasi pertama, Vios merupakan langganan model yang dibawa ke Indonesia tak lama setelah peluncurannya. Kali ini, ubahan terbaru menampilkan penambahan teknologi yang diberikan. Dibandingkan dengan edisi yang dipasarkan di Tanah Air, ini dia perbedaan keduanya.

Eksterior

Sudah tujuh tahun memasuki generasi ketiga, ada banyak pembaharuan yang ditawarkan pada mobil ini. Perubahan paling mencolok adalah tampilan lampu kabut dengan air intake pada bagian grille bawah yang sekarang berbentuk trapesium, bukannya trapesium terbaik seperti sebelumnya.

bagian samping Toyota Vios 2021

Unit air intake serta desain lampu kabut mendapatkan desain yang lebih baru, sekarang dibuat miring ke dalam dengan sedikit lengkungan pada bagian atas. Lampu depan berteknologi LED juga telah diperbaharui untuk tampilan yang lebih agresif.

bagian belakang Toyota Vios 2021

Meski banyak revisi di depan, sisi samping dan belakang praktis tanpa perubahan. Ada garis-garis ramping khas Vios dengan desain velg baru untuk Toyota Vios 2021. Sedangkan lampu belakang dilengkapi pelindung dan bumper berukuran cukup besar pada bagian belakang.

Interior

Dibandingkan edisi sebelumnya, bagian dalam juga mendapatkan ubahan dengan menawarkan kesan futuristis. Ada banyak teknologi baru yang ditawarkan. Termasuk head unit layar sentuh berukuran 7 inci yang sudah kompatibel dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

setir Toyota Vios 2021

Hanya saja dua edisi entry level saat ini masih menggunakan sistem audio 2DIN yang lama. Fitur eksklusif lainya pada varian 1.5 G dengan spesifikasi teratas termasuk paddle shift, sistem kontrol iklim digital dan mode berkendara ECO dan Sport.

head unit Toyota Vios 2021

Panel instrumen masih mempertahankan tema putih-hitam, membuat angka-angka mudah terlihat. Bagian kursi praktis tanpa perubahan. Masih tetap nyaman dengan menawarkan kursi baris kedua yang rebah, cocok untuk perjalanan jarak jauh.

Mesin

Secara mekanis, Toyota tak membawa perubahan pada Vios terbaru. Varian teratas, masih sama seperti di Indonesia, menggunakan mesin bensin 1.5L yang mampu menghasilkan 108 PS dan torsi maksimal 140 Nm. Perpindahan transmisi masih tetap cepat dan mulus dengan transmisi CVT atau manual 5-percepatan.

mode berkendara Toyota Vios 2021

Vios tetap mempertahankan mesin 1.3L untuk pasar Filipina. Mempertahankan output 100 PS dan torsi maksimal 123 Nm, disandingkan dengan transmisi CVT serta manual 5-percepatan yang mengantarkan tenaga ke roda belakang.

Perbedaan dari segi mesin yang dipasarkan di Indonesia pada saat ini adalah mesin 1.5L yang ditawarkan. Dengan hanya dua varian yang ditawarkan, keduanya menggunakan mesin 1.5L yang sama dengan ketika edisi generasi ketiga masuk ke Indonesia.

Fitur

Beberapa teknologi baru disematkan untuk membantu Vios bersaing di segmennya. Fitur baru kenyamanan berkendara termasuk sistem push-start serta doorlock nirkabel dengan penginderaan kecepatan. Termasuk fitur sistem kendali lampu Follow Me Home baru.

airbag Toyota Vios 2021

New Toyota Vios menawarkan beberapa fitur keselamatan, mulai dari sistem pengereman Anti-lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Ada pula airbag bagi penghuni baris pertama, samping, serta lutut untuk membantu melindungi penumpang ketika terjadi tabrakan.

fitur Toyota Vios 2021

Begitu juga dengan sistem keselamatan standar untuk semua varian, seperti Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, dan Immobilizer. Varian tertinggi Toyota Vios mendapatkan Toyota Vehicle Security System ditambah Smart Entry dengan wireless door lock dan fitur Speed Sensing.

Harga

Toyota Vios 2020 yang dipasarkan di Indonesia memiliki dua varian dengan pilihan transmisi CVT dan manual. Harga Toyota Vios 2020 untuk varian entry level saat ini dibanderol mulai dari Rp308 jutaan untuk Vios E M/T. Sedangkan varian Vios E bertransmisi CVT dihargai Rp321 jutaan.

Sedangkan varian tertinggi yang saat ini masih diperkenalkan adalah Toyota Vios G. Harga Toyota Vios 2020 untuk transmisi manual bisa didapatkan mulai dari Rp327 jutaan, dengan Toyota Vios G CVT mulai dari Rp343 jutaan.

harga Toyota Vios 2021

Sedang harga Toyota Vios 2021 yang dipasarkan di Filipina ketika pertama kali diluncurkan bisa dibilang cukup beragam. Ada enam varian yang dipasarkan, yaitu 1.3 Base, 1.3 J, 1.3 XLE, 1.3 E, dan varian tertinggi dalam varian 1.5 G.

Sedangkan dari sisi harga, mulai dari Vios entry level Base 1.3 dipasarkan mulai dari PhP 671.000, atau setara dengan Rp197 jutaan. Sedang Vios 1.3 J M/T bisa didapatkan dengan harga PhP 697.000 (setara dengan Rp205 jutaan).

harga Toyota Vios 2020

Bagi konsumen yang menginginkan varian tertinggi yang sudah mendapatkan semua teknologi yang ditawarkan, harga Toyota Vios 2021 untuk tipe 1.5 G mulai dari PhP 997.000 (setara Rp293 jutaan) untuk varian bertransmisi manual serta PhP 1.056.000 (setara Rp310 jutaan).

Kesimpulan

New Toyota Vios 2021 merupakan ubahan yang membawa tampilan yang lebih segar dengan peningkatan teknologi di dalam kabin. Hanya saja dengan peningkatan fitur yang diberikan, harga Toyota Vios 2021 ketika masuk ke Indonesia kemungkinan besar akan semakin tinggi. Tapi kapan masuk ke Indonesia? Tunggu saja ya. 

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil