Bakal Saling Berbagi Platform dengan Nissan, Mitsubishi Xpander 2022 Kembali Punya Kembaran

Prasetyo · 16 Sep, 2021 08:05

Bakal Saling Berbagi Platform dengan Nissan, Mitsubishi Xpander 2022 Kembali Punya Kembaran 01

Mitsubishi Motors Corporation belum lama ini dikabarkan bakal berhenti utnuk mengembangkan platform baru bagi mobil-mobil yang akan mereka pasarkan di Jepang. Sebagai gantinya Mitsubishi pakai platform Nissan. Keputusan ini akan mulai direalisasikan pada lima tahun mendatang.

Langkah tersebut dinilai guna menekan investasi baru untuk proses penelitian dan pengembangan sebuah platform baru. Sebab tindakan itu membutuhkan biaya yang sangat besar dalam hal penataan teknologi baru pula.

Mitsubishi Pakai Platform Nissan

Pengembangan platform baru butuh biaya sangat mahal

Jika hal ini terjadi maka Mitsubishi akan menjadi produsen mobil pertama di Jepang yang memutuskan menghentikan pengembangan platform. Gantinya, perusahaan lebih memilih hanya mengembangan untuk desain eksterior, interior, serta sistem penggerak roda.

Lebih Pilih Kembangkan Mobil Listrik

Dikutip dari Nikkei, Mitsubishi menilai jika sebuah proses penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan platform baru membutuhkan biaya sangat besar. Sebab menciptakan satu platform saja dapat menelan biaya sampai ratusan juta dolar. Pengembangan platform juga butuh waktu yang tidak sebentar.

Baca juga : Mitsubishi Pajero Sport dengan Platform Terbaru Meluncur di 2023?

Mitsubishi Airtrex 2022

Airtrek jadi calon SUV listrik terkecil Mitsubishi

Pabrikan berlambang tiga berlian itu memilih untuk mengalihkan investasinya terhadap proyek mobil listrik. Perusahaan juga lebih serius untuk mengembangkan teknologi mobil listrik mereka supaya bisa memiliki jarak tempuh lebih jauh, lebih cerdas, namun harganya bisa terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.

Dari 8 Platform yang Disiapkan Jadi Tinggal 4

Di pertengahan tahun ini Mitsubishi begitu bersemangat mengumumkan persiapan model-model barunya. Bahkan juga mengumumkan kehadiran kembali Ralliart. Namun dengan keputusan ini pasti akan banyak berubah akan rencana-rencana Mitsubishi itu.

Mobil Listrik Mitsubishi

Rencana mobil listrik Mitsubishi

Sebab dari awalnya disiapkan kehadiran delapan platform baru Mitsubishi yang diumumkan Maret lalu, diperkirakan pabrikan hanya akan merealisasikan separuh diantaranya. Dari empat itu, dua dikembangkan sendiri oleh Mitsubishi dan dua lagi digarap bersama Nissan yang memang kini satu aliansi (Renault Nissan Mitsubishi Alliance).

Meski demikian, laporan Nikkei ini dibantah oleh Mitsubishi. Perusahaan menyebut itu hanya spekulasi media yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. "Kami tetap mempertimbangkan peluncuran kendaraan untuk pasar domestik yang mewujudkan karakter Mitsubishi dengan mengadopsi platform kami sendiri," tulis pernyataan resmi Mitsubishi.

Baca juga : Nissan Navara Generasi Terbaru Akan Mirip dengan Mitsubishi Triton

Akan Ada Kembaran Mitsubishi Xpander 2022 dari Nissan

Nissan Navara - Mitsubishi Triton

Triton akan kembaran dengan Navara

Sebenarnya Mitsubishi berbagi platfrom dengan Nissan bukan hal baru. Sebelumnya saling tukar platfrom hingga rebadge model pun sudah dilakoni kedua perusahaan. Antara lain dengan hadirnya All New Nissan Livina yang jadi kembaran Mitsubishi Xpander di Indonesia.

Lantas kabar lain juga pernah mencuat tentang Mitsubishi Tirton yang bakal satu platform dengan Nissan Navara terbaru. Kemudian diprediksi Mitsubishi Pajero Sport juga akan pakai pula platform serupa dengan Nissan Terra.

Mitsubishi Xpander 2022

Inikah calon Xpander generasi terbaru?

Menariknya, jika platform Triton akan mengambil dari Nissan, demikian pula Terra yang berbagi dengan Pajero Sport, maka selanjunya platform apa yang dikembangkan Mitsubishi untuk dipakai oleh Nissan? Sebab menurut media lokal Jepang itu, dua platform yang dikembangkan Mitsubishi adalah untuk pasar Asia Tenggara (ASEAN). Sementara dua platform yang dikembangkan bersama dengan Nissan akan dipakai di Jepang.

Jika Mitsubishi begitu sukses dengan Xpander di kawasan ASEAN, bukan tidak mungkin inilah platform yang akan kembali dibagi oleh kedua merk. Apalagi sudah kencang informasi kalau Mitsubishi memang telah merencanakan Xpander baru di tahun depan termasuk untuk varian hybrid. Sehingga bukan tidak mungkin Mitsubishi Xpander 2022 akan punya platform serupa dengan Nissan Livina generasi terbaru.

Baca juga : Kalah Pamor Dari Mitsubishi Xpander, Ini Keunggulan Nissan Livina yang Banyak Orang Belum Tahu

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru