window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser

Budi · 9 Mar, 2023 14:30

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai  Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser 01

Untuk melayani semakin tingginya permintaan model SUV di Tanah Air, PT Gajah Tunggal Tbk (GT) hari ini (8/3) memperkenalkan produk terbaru mereka yaitu ban GT Radial Savero A/T Pro. Ban ini merupakan ban yang dirancang untuk dapat digunakan segala medan baik on-road maupun off-road. 

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai  Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser 02

Pada kesempatan ini, GT bahkan mengajak langsung para jurnalis untuk membuktikan kemampuan ban terbaru mereka itu di Proving Ground PT Gajah Tunggal Tbk, di Karawang, Jawa Barat yang juga merupakan sirkuit uji ban terbesar di Asia Tenggara. Kemampuan ban GT Radial Savero A/T Pro dalam hal kenyamanan, pengendalian dan kemampuan pengeremannya diuji baik di lintasan aspal maupun gravel di lokasi uji seluas 6,5 hektar ini. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: GT Radial Champiro Luxe Jadi Ban OEM Toyota Kijang Innova Zenix, Apakah Terjamin Nyaman?

Ban GT Radial Savero A/T Pro Memenuhi Standar Eropa

Dalam presentasi sebelum pengujian berlangsung, Eko Supriyatin, Product Marketing Manager GT menjelaskan teknologi dan keunggulan yang dimiliki oleh Savero A/T Pro terbaru. "Ban ini memiliki dua kunci utama yang membuatnya unggul, yaitu teknologi senyawa Nanotek terbaik dan konstruksi ban,” ujarnya.

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai  Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser 01

Menurut Eko, hal ini menjadikan ban Savero A/T Pro memiliki keseimbangan yang baik di medan on-road maupun off-road, traksi dan kemampuan pengereman yang meningkat, stabilitas dalam pengendalian, kenyamanan berkendara berkat kebisingan dan getaran yang minim, serta hambatan gulir yang rendah untuk menghemat bahan bakar.

Bahkan, ban GT Radial Savero A/T Pro ini telah memenuhi standard ECE-R117-2 yang
mencakup nilai Low Rolling Resistance rendah, tingkat kebisingan yang juga rendah, serta
daya cengkeram yang kuat di permukaan jalanan basah. “Ini merupakan level tertinggi dari regulasi ban yang berlaku di Eropa, yang artinya ban ini telah memenuhi standar ban untuk dipasarkan secara global,” ujar Eko.

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai  Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser 02

Fitur yang dimiliki oleh Savero A/T Pro ini antara lain pola telapak ban “Z” dengan desain 3D yang dapat meningkatkan traksi serta memiliki kemampuan membersihkan kerikil yang terselip usai melintasi medan gravel. Ban GT Radial Savero A/T Pro juga memiliki bentuk blok bahu
yang lebih besar sehingga meningkatkan stabilitas dan saat melakukan pengereman pada kondisi jalan basah atau kering.

Inovasi lainnya adalah desain alur telapak ban yang menghasilkan kebisingan rendah, dan bentuk sidewall lebih agresif yang dapat meningkatkan ketahanan terhadap abrasi dan tusukan dari samping, selain menjadikan tampilan juga tampak lebih tangguh.

Baca juga: Gandeng Drifter, Ban GT Radial Unjuk Ketangguhan di Sirkuit Mandalika

Pembuktian Langsung di Sirkuit Uji

Usai penjelasan setiap jurnalis yang hadir mendapatkan kesempatan untuk menguji langsung performa ban baru GT Radial ini di lintasan uji milik GT di Karawang. Ada 3 pengujian yang bisa dirasakan, yaitu kenyamanan, pengereman dan pengendalian, serta performa di jalur light off-road sejauh 3,7 km.

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai  Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser 03

Tekanan angin seluruh ban diperiksa sebelum melakukan semua pengujian

Pada pengujian kenyamanan, pihak GT menggunakan dua buah Daihatsu Rocky, dimana satu unit menggunakan ban GT Radial Savero A/T Pro dan satu lagi adalah ban jenis A/T dari merek kompetitor terkuatnya. Keduanya sama-sama menggunakan ban berukuran 235/70 R15. Pada pengujian ini ban diuji kesenyapannya di dua permukaan jalan yang berbeda, yaitu berpermukaan kasar dan halus.

Ban GT Radial Savero

Hasilnya, pada permukaan aspal halus, dengan berlari pada kecepatan sekitar 50 km/jam, ban Savero A/T Pro menunjukkan angka kebisingan lebih rendah (63,0 dB) dibandingkan kompetitornya (64,4 dB). 

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai  Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser 05

Kebisingan kabin dengan ban GT Radial Savero A/T Pro (kiri) lebih rendah dibandingkan kompetitor (kanan) 

Sementara pada pengujian pengereman dan pengendalian, kami diajak mengendarai dua Toyota Fortuner yang identik yang sama-sama menggunakan ban berukuran 265/60 R18, dimana satu menggunakan Savero A/T Pro dan satu dari merek ban kompetitor. Pada saat uji pengereman, perbedaan jarak pengereman yang didapat antara Savero dam kompetitor memang tidak terpaut jauh.

“Tapi jika dalam kondisi (permukaan jalan) basah, Savero bisa mendapatkan hasil yang lebih bagus,” ujar Zulpata Zainal, PG-OVT Manager PT Gajah Tunggal Tbk saat mendampingi pengujian kami.

Ban GT Radial Savero A/T Pro Diluncurkan, Cocok Dipakai SUV Mulai  Daihatsu Rocky hingga Toyota Land Cruiser 06

Uji pengendalian dan pengereman dari 70 km/jam hingga berhenti

Saat pengujian pengendalian dengan perpindahan jalur di kecepatan 60 km/jam dan slalom di 50 km/jam, ban Savero A/T Pro juga memberikan kemudahan bermanuver lebih baik bagi pengemudi. Hal yang paling dapat dirasakan adalah tidak adanya gejala oversteer yang terjadi.

Terakhir, pada pengujian di medan gravel sepanjang 3,7 km, kami mencoba ban GT Radial Savero A/T Pro yang terpasang pada Toyota Fortuner. Tak ada perbandingan dengan kompetitor pada pengujian ini, namun kami dapat merasakan kemampuan ban ini dalam mendukung setiap pergerakan mobil di medan dengan permukaan gravel dan sedikit lumpur mampu membuat kami percaya diri dalam berkendara.

Ban GT Radial Savero

“Jika diperhatikan, hanya sedikit kerikil yang menempel di telapak ban bukan?” ujar Eko. “Hal ini karena desain telapaknya tadi. Karena jika kerikil menempel di telapak, dia bisa berpotensi untuk menusuk ban, dan jika dibiarkan, kemudian terkena air, bisa merusak kawat baja pada ban akibat karat,” jelasnya.

Baca juga: Jangan Salah Pilih, Ada 3 Jenis Ban SUV Yang Umum Beredar di Pasaran

Harga ban GT Radial Savero A/T Pro Mulai Rp700 Ribuan

Saat ini PT Gajah Tunggal Tbk sudah mulai memproduksi dan mendistribusikan ban GT Radial Savero A/T Pro ini ke jaringan toko-toko mereka di seluruh Indonesia. Di pasar, ban ini menggantikan ban Savero A/T Plus yang sebelumnya dijual, dan akan segera tersedia dalam waktu dekat. “Saat ini GT Radial Savero A/T Pro bisa didapatkan di jaringan toko retail Tirezone serta jaringan toko-toko GT Radial di seluruh Indonesia.” Jelas Leonard Gozali, selaku Head of Marketing Division PT Gajah Tunggal Tbk.

Ban GT Radial Savero

Ban GT Radial Savero A/T Pro sebagian besar memiliki desain sidewall dengan OWL (Outline
White Letter), untuk ukuran ban GT Radial Savero A/T Pro akan tersedia sebanyak 25 ukuran,
dengan diameter velg dari 15-20 inci dan lebar ban dari 205-285mm serta aspek rasio dari 50-75. Ban ini dijual mulai kisaran harga Rp700 ribuan untuk ban berukuran 15 inci hingga di atas Rp 1 Juta untuk ban berukuran 20 inci.
 

Budi

Head of Content

Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak lebih dari 15 tahun, Ia telah mencicipi berada di beberapa sisi industri, PR, agency dan media, baik cetak maupun online. Kegemarannya berkendara membawa Ia mencoba berbagai jenis mobil, mulai single seater di lintasan sirkuit hingga off-road di lintasan salju bersuhu -15 derajat Celsius. Facebook: budityas Instagram: budityasbebe

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil