Banderol Harga Mirip, Pilih Kepraktisan ala Daihatsu Terios atau Kemewahan Toyota Veloz?

Dito · 4 Jun, 2021 08:00

Banderol Harga Mirip, Pilih Kepraktisan ala Daihatsu Terios atau Kemewahan Toyota Veloz? 01

Memilih mobil baru mempunyai banyak pertimbangan. Mulai dari desain, performa, efisiensi bahan bakar, hingga yang terpenting, harga.

Berbicara di rentang harga Rp200 jutaan, Daihatsu Terios dan Toyota Veloz punya harga yang mirip di beberapa varian. Namun keduanya mempunyai karakter yang berbeda.

Banderol Harga Mirip, Pilih Kepraktisan ala Daihatsu Terios atau Kemewahan Toyota Veloz? 02

Daihatsu Terios dengan 9 varian dibanderol mulai dari Rp200 juta dan yang termahal Rp251,8 juta. Sementara Toyota Veloz dengan 2 tipe mesin 1.3 dan 1.5 harganya berkisar Rp212,9 juta hingga Rp253,5 juta.

Desain Toyota Veloz

Desain Toyota Veloz mengedepankan kemewahan MPV

Selisih yang tidak terlalu besar tersebut bisa membuat pembeli cukup bingung memilih mana mobil yang tepat. Agar tidak terlalu lama menimbang pilihan, mari kita ulas dua mobil yang sarat akan gengsi ini.

Suka gagah atau mewah?

Daihatsu Terios dengan karakter SUV yang terlihat gagah dengan lekukan tegas di sekitar bodinya. Sementara Toyota Veloz tampil dengan persona MPV mewah dengan lampu lebih pipih tren masa kini.

Tampak samping Daihatsu Terios

Dimensi Daihatsu Terios lebih panjang dari Toyota Veloz

Kegagahan Daihatsu Terios juga terlihat dari jarak tinggi dari tanah atau ground clearance yang mencapai 220 mm. Tidak perlu khawatir untuk melintasi jalan-jalan pedalaman yang banyak lubang atau sedikit bebatuan.

Berbeda dengan Toyota Veloz yang memiliki ground clearance hanya 200 mm yang menawarkan kenyamanan ketika masuk ke dalam kabin. Namun perlu kehati-hatian ketika bertemu jalan berlubang dan bebatuan.

Dimensi keduanya juga berbeda cukup jauh. Daihatsu Terios mempunyai dimensi panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm. Angka tersebut lebih besar dibandingkan Toyota Veloz yang berperawakan panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 1.695 mm.

Perlu diperhatikan ialah selisih panjangnya yang mencapai 235 mm atau sekitar 23 cm. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk ukuran garasi rumah apakah lebih cocok dengan Toyota Veloz yang lebih compact atau cukup untuk menyimpan Daihatsu Terios yang panjang?

Baca juga : Kembaran Daihatsu Terios, Perodua Aruz 2021 Dapatkan Penyegaran Terbaru di Malaysia

Mesin Daihatsu Terios

Mesin 1.500 cc yang digunakan Daihatsu Terios dan Toyota Veloz sama

Mana yang lebih berperforma?

Baik Daihatsu Terios dan Toyota Veloz menggunakan mesin yang sama berteknologi DOHC Dual VVT-i. Keduanya memiliki tenaga sama yakni 104 PS di 6.000 rpm dan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm.

Namun Toyota Veloz punya keunggulan dengan pilihan mesin 1.300 cc. Tenaga maksimum yang bisa diraih 96,5 PS di 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm.

Tampak samping Toyota Veloz

Ground clearance Toyota Veloz lebih rendah dari Daihatsu Terios

Rasanya tenaga tersebut akan kurang bila mobil terisi penuh penumpang dan barang. Terlebih saat melalui medan berat dan menanjak. Tetapi bila sering dipakai hanya untuk di dalam kota, mesin ini lebih irit BBM.

Baca juga : Lebih Murah Dari Xenia, Segini Harga Kredit Daihatsu Terios Setelah Diskon PPNBM

Fitur yang berlimpah

Sebagai mobil baru yang modern, zaman sekarang fitur berlimpah menjadi tuntutan untuk beberapa pembeli. Bila Daihatsu Terios menjadi pilihan, kami sarankan pilih varian DLX.

Pada varian tersebut sudah mempunyai banyak fitur baik untuk keselamatan maupun kenyamanan. Beberapa fitur keselamatan penting yang bisa ditemui ialah dual SRS Airbag, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Stop Signal (ESS), Immobilizer, Integrated key with alarm, dengan tambahan Auto on Headlamp dan terakhir Key Free System.

Fitur Daihatsu Terios

Fitur around view monitor pada Daihatsu Terios memudahkan saat parkir

Kepraktisan dan kenyamanan saat parkir juga lebih unggul Daihatsu Terios, yang sudah dilengkapi around view monitor dengan 4 kamera. Tentunya fitur ini tersedia pada varian tertingginya.

Sementara Toyota Avanza Veloz tidak selengkap Daihatsu Terios. Beberapa fitur di atas absen seperti HSA dan VSC yang belum tersedia.

Fitur Toyota Veloz

Fitur ISOFIX cocok untuk MPV seperti Toyota Veloz

Namun ada beberapa fitur yang cukup penting seperti isofix agar aman membawa anak saat dalam perjalanan. Selebihnya, beberapa fitur di Daihatsu Terios juga ada di Toyota Veloz.

Kesimpulan

Harga yang beda tipis memang menjadi pikiran yang membuat bimbang untuk memilih apakah Daihatsu Terios atau Toyota Veloz. Namun melihat ulasan diatas, Daihatsu Terios adalah pilihan bijak. Mengapa?
 

Varian Daihatsu Terios

Daihatsu Terios lebih banyak pilihan varian bisa disesuaikan budget

Fitur yang lebih lengkap menjadi keunggulan yang belum bisa ditandingi oleh Toyota Veloz. Infrastruktur jalan yang cukup berat di beberapa daerah di Indonesia akan lebih aman dan nyaman dilalui dengan bantuan fitur HSA dan VSC.

Wheelbase yang lebih panjang juga membuat ruang kabin lebih nyaman untuk penumpang baris kedua dan ketiga. Sehingga untuk membawa penumpang lebih dari 5, Daihatsu Terios diatas kertas lebih nyaman.

Toyota Veloz 2020

Toyota Veloz meski sedikit varian tetapi ada 2 pilihan tipe mesin

Namun bila Anda mempunyai anak kecil yang memakai child seat tambahan, Toyota Veloz bisa jadi pilihan menarik. Adanya isofix mempermudah pemasangan child seat dan juga lebih aman dalam perjalanan.

Baca juga : Setelah Rocky, Daihatsu Terios Facelift Mendapatkan Fitur Keselamatan A.S.A?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Terios X M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru