Bandingkan Pengalaman Berkendara Toyota Vellfire dengan Nissan Serena

Anissa · 7 Jun, 2020 16:00

Bandingkan Pengalaman Berkendara Toyota Vellfire dengan Nissan Serena 01

Soal pengalaman berkendara memang merupakan sebuah aspek yang tidak boleh luput dari perhatian kita saat akan memilih sebuah mobil. Bagaimanapun, sebagian besar waktu kita di jalan akan kita habiskan di dalam mobil. Oleh karena itu, pengalaman berkendara pun menjadi sangat penting.

Dengan kemewahan dan kenyamanan yang dimilikinya, Toyota Vellfire hampir bisa dipastikan akan memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Tetapi bagaimana dengan pesaingnya, yakni Nissan Serena? Kali ini kita akan membandingkan pengalaman berkendara yang diberikan oleh Toyota Vellfire dan Nissan Serena

Pengalaman Berkendara Toyota Vellfire

Pengendaraan tentu tidak akan lepas dari performa mesinnya. Toyota Vellfire sendiri menggunakan mesin V6 atau enam silinder yang dipadukan dengan Dual VVT-I. Perpaduan ini menghasilkan perform mobil yang semakin maksimal dan dinilai lebih efisien. Mesin ini sendiri memiliki kapasitas sebesar 2.494 cc, dan bisa menghasilkan tenaga sebesar 180 hp serta torsi maksimal pada angka 235 Nm. Dan untuk transmisinya, mobil ini menggunakan sistem transmisi Direct Shift Gearbox (DSG).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Bandingkan Pengalaman Berkendara Toyota Vellfire dengan Nissan Serena 01

Performa mesin ini kemudian dipadukan dengan teknologi pengereman Anti-lock Braking System (ABS), Electronic-force Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Dengan hadirnya sederet teknologi ini, kita akan mendapatkan performa mesin serta pengendaraan yang lebih nyaman. Selain itu, ada pula teknologi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRAC) and Cruise Control yang akan menambah kestabilan mobil ketika dibawa berkendara. 

Kemudian untuk menjamin keselamatan pengendara maupun penumpang, Toyota Vellfire telah dilengkapi dengan fitur Toyota Safety Sense. Teknologi keselamatan andalan Toyota ini terdiri atas Pedestrian and Cyclist detection, Lane Tracking Assist (LTA), serta Road Sign Assist (RSA). 

Teknologi Pedestrian and Cyclist detection menggunakan sistem sensor yang akan mendeteksi pejalan kaki ataupun sepeda sehingga pengendara dapat melakukan pengereman dengan cepat. Sedangkan fitur LTA akan notifikasi audio ketika mobil kita keluar dari jalur marka jalan agar kita dapat selalu berkendara dengan aman. Fitur RSA juga dapat memberikan notifikasi kepada pengemudi ketika sensornya mendeteksi adanya rambu-rambu lalu lintas. Dengan sederet fitur berteknologi tinggi ini akan memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Mobil Toyota Vellfire ini hanya memiliki 1 varian saja. Harga Toyota Vellfire ini hanya dibanderol dengan biaya sebesar Rp 1,19 Milyar. Harga Vellfire ini sama dengan harga Alphard 2.5 G AT yang berada dipertengahan dari varian mobil Toyota Alpard dan tidak beda jauh dengan harga Toyota Vellfire 2019. Toyota Alphard tersedia dalam 3 varian. Harga Toyota Alphard berkisar dari Rp 1,04 Milyar hingga Rp 1,95 Milyar. Ini merupakan harga mobil Alphard tahun 2020. Beda Alphard dan Vellfire yaitu dari aksen desain dan kelengkapan fiturnya saja.

Bandingkan Pengalaman Berkendara Toyota Vellfire dengan Nissan Serena 02

Toyota Vellfire memiliki sebuah Head Unit berukuran 7,1 inci yang dapat mengoperasikan fitur audio, video, radio AM/FM dan navigasi. Alur musik yang disetel pada mobil ini juga dapat dengan mudah diatur menggunakan tombol yang ada di bagian kiri setir mobil. Pada mobil ini terdapat pula tombol Start/Stop Engine yang memungkinkan pengendara untuk menghidupkan mobil tanpa menggunakan kunci. Semua fitur ini tentu membuat pengalaman berkendara terasa modern dan semakin praktis. 

Pengalaman Berkendara Nissan Serena

Bicara soal mesinnya, Nissan Serena menggunakan mesin empat silinder MR20 CVTC berkapasitas 1.997 cc. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga 150 PS dengan torsi 200 Nm. Tenaga tersebut kemudian disalurkan ke roda depan melalui transmisi Xtronic CVT. Sistem transmisi Xtronic CVT pada mobil ini juga dilengkapi dengan teknologi Adaptive Shift Control (ASC) yang bisa membaca gaya mengemudi dan secara otomatis menyesuaikannya dengan performa yang dibutuhkan oleh mobil. 

Untuk fitur keselamatannya sendiri, Nissan Serena sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan dasar, seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic-force Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), Vehicle Dynamic Control, Traction Control System, dan Hill Start Assist. Tetapi pada mobil ini belum disematkan teknologi pengenal marka jalan dan teknologi tinggi lainnya seperti yang kita temukan pada Toyota Vellfire.

Handlingnya sendiri terasa sangat ringan karena berat setirnya mengikuti kecepatan mobil. Proses parkir pun menjadi sangat mudah dan nyaman. Dan bicara soal kenyamanan, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur hiburan yang akan membuat berkendara tetap nyaman dan menyenangkan. 

Panel MID yang berada di tengah dashboard terlihat futuristik. Pada bagian ini terdapat informasi mengenai on board computer, techometer, pengaturan fitur di mobil, ECO Indicator, serta informasi lain yang dibutuhkan oleh pengendara. 

Bandingkan Pengalaman Berkendara Toyota Vellfire dengan Nissan Serena 03

Selain itu, Nissan Serena juga memiliki sistem hiburan Multimedia Display dengan Smartphone Connectivity yang dikawinkan dengan layar Roof Monitor 11 inci. Multimedia Display ini juga sudah terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Mirror Link, yang memudahkan kita mengakses navigasi, file audio, dan telepon. Pada semua baris kursi juga tersedia 7 titik USB port, dengan dua USB port yang bisa dihubungkan dengan dilengkapi 7 titik USB Port di semua baris jok, dengan dua USB Port bisa dikoneksikan ke sistem hiburan. 

Setelah dibandingkan, Toyota Vellfire memang memiliki beragam fitur dengan teknologi termutakhir yang belum dimiliki oleh pesaingnya, Nissan Serena. Hal ini juga tentu akan berpengaruh terhadap kenyamanan dan keamanan pengendaraannya. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Anissa

Baik mobil maupun kebudayaan, perkembangan keduanya bergantung pada hal yang sama: pemikiran manusia.

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Komentar

Mobil Terbaru