window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Banyak yang Gak Tau Kalau Buatan Daihatsu, Alasan Toyota Raize Lebih Laku dari Rocky

Prasetyo · 11 Feb, 2022 08:02

Banyak yang Gak Tau Kalau Buatan Daihatsu, Alasan Toyota Raize Lebih Laku dari Rocky 01

  • Toyota Raize merupakan produk kolaborasi dengan Daihatsu Rocky.
  • Kedua mobil ini punya spesifikasi teknis sama, meski ada perbedaan desain dan fitur.
  • Harga Toyota Raize bahkan lebih mahal dari Daihatsu Rocky.

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky sejatinya adalah produk kolaborasi. Dua SUV berukuran mungil ini layaknya pinang dibelah dua. Serupa namun tak sama.

Raize dibuat oleh Daihatsu sama halnya produk kolaborasi Toyota-Daihatsu yang lain seperti Xenia-Avanza, Terios-Rush, Ayla-Agya, dan Sigra-Calya. Namun entah mengapa penjualan dari Toyota kebanyakan lebih laris ketimbang yang dipasarkan Daihatsu.

Ini juga yang terjadi di penjualan Toyota Raize yang di atas penjualan Daihatsu Rocky. Bahkan bukan cuma di Indonesia, di negara asalnya, Jepang pun demikian. Kenapa?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Toyota Raize Selalu Masuk Daftar Mobil Terlaris di Jepang, Daihatsu Rocky?

Banyak yang Gak Tau Kalau Buatan Daihatsu, Alasan Toyota Raize Lebih Laku dari Rocky 01

Serupa tapi tak sama

Dikutip dari Bestcarweb, Toyota mengumumkan mulai menjual Raize di November 2019. Sejak saat itu permintaannya membludak dan pabrikan tiga oval ini mencatat jumlah pesanan Raize mencapai 126.038 unit di akhir 2020.

Baca juga : Pengguna Toyota Raize Wajib Paham Cara Kerja TSS, Apalagi Saat Hujan Lebat!

Raihan itu menjadikan Raize sebagai mobil terlaris kedua di Jepang periode Januari-Desember 2020. Sementara penjualan pada 2021 sedikit menurun dengan pencapaian 81.880 unit. Meski demikian Raize tetap menempati urutan keenam daftar mobil terlaris di negara asalnya. Hasil ini jauh meninggalkan saudara kembarnya Daihatsu Rocky.

Bagaimana dengan di Indonesia? Berdasarkan data GAIKINDO per Januari-Desember 2021, wholesales (penjualan dari pabrik ke dealer) untuk Toyota Raize mencapai 22.923 unit. Sementara Daihatsu Rocky hanya terdistribusi 10.737 unit. Itu artinya Raize lebih laris 12 ribu unit dibanding Rocky.

Desain Toyota Lebih Menarik Ketimbang Daihatsu?

Banyak yang Gak Tau Kalau Buatan Daihatsu, Alasan Toyota Raize Lebih Laku dari Rocky 02

Tampang Raize memang lebih tajam ketimbang Rocky

Ada beberapa hal menarik ternyata yang membuat penjualan Toyota lebih unggul dari Daihatsu meskipun untuk produk sejenis. Cita rasa yang ditonjolkan Toyota dianggap lebih menarik bagi calon konsumen. Ini karena Toyota mampu tampil "berani" dalam hal desain.

Memang sih, walau jadi produk kembar, antara mobil yang dipasarkan Toyota dengan Daihatsu tetap ada perbedaan. Begitu pula dengan Raize dan Rocky. Nah desain Raize yang lebih agresif ini yang dinilai oleh sejumlah dealer Toyota di Jepang sanggup memikat banyak pelanggan.

Baca juga : Waduh, Daihatsu Jepang Umumkan Recall Rocky dan Toyota Raize Terbaru

Tampilan yang lebih tajam terutama di fascia depan, serta pilihan warna yang lebih kuat, mampu memimpin dalam hal daya tarik. Raize dianggap sebagai mobil dengan cita rasa Toyota yang kuat, berbalut fitur modern, namun dengan bodi kompak khas Daihatsu.

Banyak Konsumen Tidak Tahu Kalau Toyota Raize Buatan Daihatsu

Banyak yang Gak Tau Kalau Buatan Daihatsu, Alasan Toyota Raize Lebih Laku dari Rocky 03

Banyak yang beranggapan Raize adalah mobil buatan Toyota seutuhnya

Satu hal lagi yang sangat menarik adalah, ternyata para dealer Toyota di Negeri Sakura itu menyebut kalau konsumennya tidak mengetahui jika Raize adalah mobil buatan Daihatsu. Para pembeli ini merasa Raize merupakan mobil yang sama dengan jajaran lini produk Toyota lainnya dengan nuansa Toyota yang kuat.

Bahkan mereka tak mengerti jika teknologi Toyota Safety Sense (TSS) yang ada di Raize sebenarnya mirip dengan Daihatsu Smart Assist pada Rocky. Konsumen hanya berpikir jika TSS pada Raize sama dengan apa yang ada di model Toyota lain seperti Yaris hingga Alphard.

Beberapa dealer Toyota bahkan berpikir jika kosnumen tahu bahwa Raize adalah mobil yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu, mobil itu tidak akan laku.

Wah, apakah Anda masuk golongan seperti ini?

Baca juga : Biaya Service Toyota Raize 1.0 Turbo dan 1.2 NA Hingga 100.000 Km, Mesin Kecil Apa Lebih Murah?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil