window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Banyak yang Keliru, Ini Bedanya Wiper Frameless Vs Hybrid

Enda · 1 Mei, 2022 10:30

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bicara mengenai wiper, dipasaran kalian bisa menemukan berbagai macam model yang dijajakan, diantaranya; konvensional, wiper full frame, wiper frameless, wiper flat-blade, wiper refill, dan wiper hybrid. Untuk model yang paling banyak digandrungi para pemilik kendaraan roda empat saat ini, yaitu frameless dan hybrid.

Ingin tahu apa sih bedanya wiper frameless dan hybrid? Daripada penasaran simak perbedaan keduanya berikut ini.

Baca juga: Perbedaan Wiper Konvensional vs Frameless di Mobil, Mana yang Paling Awet dan Ampuh Sapu Air Hujan?

1. Wiper Frameless

Wiper Frameless vs Hybrid

Wiper frameless

Bukan cuma memiliki bahan yang lentur dan lembut, karet wiper frameless ini banyak diminati karena mempunyai bentuk yang elegan sekaligus menarik. Secara tampilan, wiper jenis ini tidak ada rangka besi seperti yang dimiliki wiper konvensional di mobil-mobil keluaran lama.

Untuk bagian luarnya sendiri didominasi dengan menggunakan bahan dari karet. Karet yang digunakan tersebut memiliki fungsi sangat penting karena selain mampu menyeka air secara optimal, juga bisa menghindari goresan pada kaca ketika karet wiper sudah tipis.

Kelebihan lainnya, wiper frameless mempunyai karet yang mampu mengikuti kontur atau lekukan kaca mobil, sehingga terasa lebih fleksibel ketika difungsikan serta pergerakannya yang mudah. Selain itu, bobot yang diterima karet wiper frameless ini lebih ringan dibanding wiper konvensional sehingga mampu menyapu air lebih cepat.

2. Wiper Hybrid

Wiper Frameless vs Hybrid

Wiper hybrid

Secara bentuk fisik wiper hybrid terlihat seperti wiper konvensional. Karena wiper jenis ini dibuat berdasarkan campuran antara wiper konvensional dengan wiper flat-blade.

Mampu menyeka air hujan secara maksimal, wiper hybrid bukan cuma didukung dengan materal karet yang lentur, tapi juga karena adanya pegangan plastik yang membuatnya terasa kuat. Umumnya wiper hybrid juga menggunakan karet knockdown sehingga ruang udara saat berkendara tetap terasa aerodinamis.

Sama seperti model frameless, wiper hybrid memiliki kelebihan pada bobot yang ringan. Mengenai kekurangannya, wiper hybrid ada pada harganya.

Dibandingkan beberapa model wiper, tipe hybrid dijual lebih mahal. Dengan harga bandrol yang terbilang mahal, tak sedikit konsumen lebih cenderung memilih wiper frameless atau bahkan konvensional.

Baca juga: Sering Turun Hujan Tiba-tiba, Waspadai Momen Berbahaya Jalan Basah di Awal Hujan Saat Berkendara

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil