Barangnya Sama, Ini 5 Alasan Kenapa Mending Beli Daihatsu Xenia Daripada Toyota Avanza

Dito · 9 Jun, 2021 09:30

Barangnya Sama, Ini 5 Alasan Kenapa Mending Beli Daihatsu Xenia Daripada Toyota Avanza 01

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia memakai basis yang sama bahkan diproduksi dalam satu pabrik. Keduanya juga memakai mesin yang sama dengan dua pilihan yakni 1.300 cc atau 1.500 cc.

Meski begitu dua merek bersarudara ini mempunyai perbedaan. Desain eskterior, interior yang sedikit berbeda, hingga fitur yang disematkan. Lantas apa yang membuat Daihatsu Xenia layak untuk dibeli dibandingkan saudara kembarnya?

Eskterior Daihatsu Xenia

Harga Daihatsu Xenia Lebih Murah

Bila harga menjadi pertimbangan utama saat membeli mhobil MPV, maka Daihatsu Xenia mempunyai keunggulan dari Toyota Avanza. Untuk varian terendah dari Daihatsu Xenia dibanderol Rp 190, 7 juta.

Eksterior belakang Daihatsu Xenia

Harga Daihatsu Xenia lebih murah dibandingkan Toyota Avanza

Sementara harga Toyota Avanza untuk varian terendahnya mencapai Rp 194,2 juta. Meski selisihnya hanya 4 juta, namun selisih tersebut bisa digunakan untuk mempercantik Daihatsu Xenia tipe X tersebut.

Baca juga : Sudah Terpasang Fitur APAR, Harga Mobil Daihatsu Tidak Naik Lagi

Mesin 1.300 cc dengan transmisi manual mempunyai keunggulan dalam efisiensi bahan bakar yang irit. Bila ingin tampilan yang lebih mewah, bisa memilih varian X 1.3 MT DLX dengan harga Rp 202 juta.

Mesin Daihatsu Xenia

Daihatsu Xenia punya pilihan mesin 1.500 cc

Ingin transmisi otomatis? Daihatsu Xenia X AT 1.3 STD pun mempunyai harga yang lebih murah yakni Rp 201,2 juta. Sedangkan Toyota Avanza bermesin dan transmisi sama harganya mencapai Rp 205 juta.

Bagaimana dengan harga varian tertingginya? Toyota Avanza tipe G bertransmisi manual harganya menyentuh Rp 224,2 juta. Berbeda dengan Daihatsu Xenia R AT 1.3 STD yang hanya Rp 212,2 juta. Selisih mencapai Rp 12 juta cukup banyak dan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Daihatsu Xenia Lebih Banyak Varian

Varian Daihatsu Xenia

Ada banyak pilihan varian pada Daihatsu Xenia

Tidak banyak merek mobil yang menyediakan pilihan bervariasi. Dalam hal ini, Daihatsu Xenia lebih unggul dari Toyota Avanza.

Total ada 10 varian yang bisa dipilih dengan perbedaan yang minor. Berbeda dengan Toyota Avanza yang hanya mempunyai 6 varian.

Baca juga : Imbas Recall Daihatsu dan Toyota, Apakah Kita Masih Bisa Memperbaiki Sendiri Fuel Pump yang Rusak?

Banyaknya pilihan varian juga menjadi keuntungan konsumen karena bisa menyesuaikan budget. Perbedaan dari setiap varian Daihatsu juga cukup banyak salah satunya tampilan eskterior dan interior yang lebih mewah.

interior Daihatsu Xenia

Interior Daihatsu Xenia tidak banyak berbeda dari saudara kembarnya

Toyota saat ini hanya menyediakan satu opsi mesin yakni 1.300 cc. Bila ingin mesin yang lebih bertenaga yakni 1.500 cc, konsumen harus merogoh kocek lebih dalam untuk memilih Toyota Veloz.

Sementara Daihatsu Xenia tersedia pilihan mesin 1.500 cc pada varian tertingginya. Meskipun harga yang dibanderol tentu lebih mahal.

Desain Daihatsu Xenia Lebih Mewah

Desain mewah Daihatsu Xenia

Aksen krom pada bagian grill membuat Daihatsu Xenia terlihat lebih mewah

Pada interior, Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza mempunyai desain yang sama. Minim sekali perbedaan dari dua mobil kembar ini.

Namun bila melihat eksteriornya, Daihatsu Xenia ada perbedaan yang bisa menjadi pertimbangan. Seperti grill garis tegas horizontal yang juga berfungsi seagai lubanga ngin ada perbedaan.

Baca juga : Dapat Relaksasi PPNBM, Daihatsu Genjot Produksi Xenia Dkk Demi Kejar Inden

Daihatsu Xenia mempunyai aksen krom pada gril garing s pertama bagian atas. Aksen krom yang berbentuk seperti huruf U ini menambah kesan mewah. Sedangkan Toyota Avanza semua berwarna hitam.

Desain belakang Daihatsu Xenia

List bumper berkelir hitam pada Daihatsu Xenia memberi kesan gagah

Begitu juga pada bumper aksen hitam dibuat seolah menyatu dengan garis hitam yang menghubungkan dua lampu kabut. Sedangkan Toyota Avanza ada pemisah yang menyesuaikan warna bodi mobil.

Garis hitam pada bagian side body molding yang terlihat menyatu dari depan hingga belakang Daihatsu Xenia menjadi pembeda dengan Toyota Avanza. Garis ini membuat tampilan samping tidak monoton hanya warna bodi saja. Terlebih untuk warna putih.

Baca juga : Muncul Daihatsu Rocky, Apakah Beli Daihatsu Xenia 2021 Masih Value for Money?

Menariknya lagi, sisi belakang Daihatsu Xenia bagian list bumper disematkan warna hitam. List bumper tersebut mempuat MPV ini terlihat lebih macho layaknya SUV.

Fitur Daihatsu Xenia Juga Lengkap

Fitur Daihatsu Xenia

Fitur Daihatsu Xenia cukup lengkap untuk sebuah MPV

Meski punya harga lebih murah, bukan berarti Daihatsu Xenia miskin fitur. Khusus pada varian tertinggi, fitur yang dimiliki sudah cukup lengkap.

Fitur-fitur keselamatan seperti Dual SRS Airbag, immobilizer, juga sabuk pengaman yang disematkan pretensioner dan force limiter untuk mengurangi cedera ketika airbag mengembang.

Selain itu ada fitur pada Daihatsu Xenia yang tidak ada di Toyota Avanza. Yakni sensor parkir depan dan belakang. Pada Toyota Avanza hanya ada sensor parkir belakang saja. Tersedianya sensor parkir depan berguna ketika mobil ingin parkir paralel.

Fitur sensor parkir Daihatsu Xenia

Sensor parkir depan hanya dimiliki Daihatsu Xenia 

Fitur keselamatan lainnya juga sudah ada sepert ABS (anti-lock braking system) dan EBD (electronic brake distribution). Kedua fitur itu mampu mengoptimalkan pengereman belakang dalam berbagai kondisi.

Pilihan Warna Daihatsu Xenia Bervariasi

Memilih warna mobil memang jadi selera masing-masing konsumen yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka warna netral seperti abu-abu atau silver. Namun tidak sedikit yang ingin warna berbeda seperti merah, biru atau coklat.

Dalam hal piihan warna, Daihatsu Xenia lebih banyak. Total ada 8 warna yang bisa dipilih oleh konsumen. Sedangkan Toyota Avanza hanya 7 warna saja.

Warna baru Daihatsu Xenia

Warna putih gading menjadi warna spesial pada Daihatsu Xenia

Adapun 8 warna tersebut ialah hitam, putih, abu-abu, silver, merah, coklat biru dan putih gading. Dari 8 warna itu, warna putih gading yang hanya dimiliki oleh Daihatsu Xenia saja.

Warna tersebut tergolong langka dan butuh perawatan ekstra untuk menjaga warnanya tetap konsisten. Warna putih gading bisa diibaratkan hitam doff.

Jadi, apakah sudah memantapkan hati untuk memilih Daihatsu Xenia?

Baca  juga : Penerus Daihatsu Xenia Sudah di Depan Mata Dengan Hadirnya Generasi Baru Perodua Alza Pada Akhir 2021?

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Daihatsu Grand Xenia 1.3 X MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru