window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Baru Belajar Mengemudi Mobil? Begini Cara Aman Waktu Putar Balik

Yongki Sanjaya · 7 Mar, 2021 08:00

Baru Belajar Mengemudi Mobil? Begini Cara Aman Waktu Putar Balik 01

Mengemudikan sebuah mobil tidak cuma sekedar duduk sambil putar-puter setir. Kita perlu memiliki keterampilan dan menggunakan logika supaya berkendara aman. Untuk kalangan pemula yang baru belajar mengemudi mobil, momen putar balik kadang jadi hal yang merepotkan. 

Saat kita akan putar balik mobil yang benar tentu perlu trik supaya tidak membahayakan diri sendiri maupun pengendara lain. Kadang, pemula yang baru belajar mengemudi mobil malah nyangkut di U-Turn dan membuat lalu lintas terhambat dari kedua arah. 

Bagi pengendara pemula, putar balik umumnya cukup sulit untuk dilakukan karena membutuhkan konsentrasi lebih tinggi. Kalian perlu memperhatikan kendaraan di sekitar, serta melakukan teknik yang benar agar lebih aman.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Secara umum, terdapat dua teknik yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan u-turn yang bisa dilakukan sesuai dengan kondisi yang ada.

Belajar Mengemudi Mobil: Teknik Three Point Turn

Baru Belajar Mengemudi Mobil? Begini Cara Aman Waktu Putar Balik 01

sesuai namanya, teknik maju mundur merupakan cara putar balik mobil dengan tiga langkah. Hal ini karena kamu tidak bisa melakukan putar balik secara langsung dalam sekali coba. Bisa karena belum terampil atau memang kondisi jalannya yang agak sempit untuk mendapatkan cukup haluan. 

Untuk melakukannya, kamu sesaat sebelum masuk tikungan harus mengatur transmisi ke gigi pertama lalu memutar kemudi ke sisi dimana kita akan berputar. Misalnya akan putar balik ke kanan, langsung putar setir sampai habis ketims di putaran balik. 

Biasanya cara ini dilakukan karena kita tidak bisa langsung belok patah, akibat keterbatasan ruas jalan. Jadi kita perlu mundur untuk dapat ruang haluan. 

Atur transmisi ke gigi mundur lalu menginjak pedal gas sambil membelokan kemudi ke kiri. Lalu atur kembali transmisi ke gigi pertama, injak pedal gas sambil belokkan kemudi ke kanan.

Teknik U Turn, Dilakukan Pada Jalanan yang Lebar 

Baru Belajar Mengemudi Mobil? Begini Cara Aman Waktu Putar Balik 02

Teknik ini umumnya lebih mudah dilakukan dibandingkan three point turn, karena dengan u-turn, kamu bisa putar balik secara langsung. Sebab, kita tidak perlu maju mundur dan terbantu ruas jalan cukup lebar. 

Untuk melakukan teknik ini, tentu perlu ambil haluan yang pas supaya mobil bisa belok patah. Kamu yang masih belajar mengemudi mobil, jangan langsung memepetkan mobil lebih ke pembatas jalan, tapi tetaplah berada di lajur kanan. 

Sebelum masuk tikungan, atur transmisi ke gigi satu. Jangan terburu menginjak pedal gas, hentikan dulu pergerakan mesin dengan menginjak rem dan pedal kopling. 

Arahkan sedikit moncong mobil ke sisi kiri ketika sudah posisinya sudah sedikit melewati sudut tikungan. Kemudian putar habis setir mobil sambil injak gas dan lepas kopling perlahan. Perhatikan juga kendaraan kecil seperti sepeda motor yang kadang memaksa nyalip dari sebelah kanan posisi kendaraan kita.

Wajib Perhatikan Kondisi Lalu Lintas Jalan

Baru Belajar Mengemudi Mobil? Begini Cara Aman Waktu Putar Balik 03

Selain teknik cara putar balik mobil yang benar, kamu juga harus memperhatikan sekeliling supaya berkendara tetap aman, terlebih di jalan yang ramai. Namanya belajar mengemudi mobil, kita dituntut harus sangat cermat dan terampil supaya saat sudah lancar maka terbiasa tertib lalu lintas.

Pertama, kamu harus memastikan bahwa jalan putar balik yang akan dilewati memang diperbolehkan untuk putar balik. Kedua, jangan lupa menyalakan lampu sign untuk memberi tanda ke pengendara di belakang atau depan sesuai dengan arah ke mana akan berbelok. 

Ketiga, perhatikan ruang ketika akan putar balik, apakah cukup atau tidak. Biasanya, ketika akan putar balik ke wilayah jalan yang berkebalikan dengan arah semula, pasti akan banyak pengendara lain yang juga akan berbelok. Tetaplah tertib dan patuhi aturan lalu lintas, serta bersabar menunggu giliran saat putar balik agar berkendara menjadi lebih aman dan nyaman. 
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil