Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios

Adit · 16 Nov, 2021 17:01

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 01

Partisipasi MG Motor Indonesia di pameran otomotif GIIAS 2021 menampilkan mobil sedan MG5 GT, yang jadi lawan Honda City dan Toyota Vios. Ini menarik karena MG di Tanah Air dikenal sebagai brand yang fokus pada segmen SUV, mengingat dua model pertama yang diluncurkan berupa SUV. 

Untuk hal ini, Marketing & PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin menjelaskan, produk ini hadir untuk menunjukkan komitmen pabrikan dalam menyediakan kendaraan yang sesuai masyarakat Indonesia. Terlebih pengenaan pajak penjualan barang mewah (PPnBM) kini tak lagi berdasarkan tipe mobil termasuk sedan atau non sedan.

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 02

Baca Juga: Sedan Listrik MG Hadir di GIIAS 2021, Bakal Dijual Lebih Murah?

Sederhananya pabrikan blasteran Inggris-China hendak memanfaatkan momentum untuk menggairahkan pasar sedan, yang selama berpuluh-puluh tahun lesu karena skema pajak yang tidak menguntungkan jenis mobil berorientasi kenyamanan dan kecepatan itu.

"Ini mendukung price positioning yang tadinya mahal bisa sangat mungkin lebih terkangkau. Ada potensi pasar sedan berkembang, sehingga merupakan kesempatan yang bagus MG masuk ke pasar sedan," katanya dalan konferensi pers, Selasa (16/11/2021). 

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 01

Menurutnya, MG5 GT saat ini belum dijual. MG memamerkannya untuk kebutuhan tes pasar. Hasilnya berdasarkan survei yang dilakukan di GIIAS, sebagian besar pengunjung tertarik akan sedan tersebut, karena bentuknya beda dari sedan kompak lain yang sudah ada seperti Toyota Vios maupun Honda City. 

"Namun ada tiga diler kami yang sudah menerima SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) MG5 GT. Padahal sudah dikasih tahu ke konsumen bahwa belum dijual, harga masih digodok. Itu yang membuat kami sangat luar biasa percaya diri bukan hanya satu, tapi beberapa SPK lebih dari sepuluh," tambahnya lagi. 

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 02

MG5 GT Dikirim ke Konsumen Tahun Depan 

Karena sudah ada SPK, tentu mengindikasikan bahwa MG5 GT betul-betul akan dijual di Indonesia. Hanya saja Arief belum bisa mengatakan berapa estimasi harganya nanti. Bila mengacu MG di Thailand, harga jualnya mulai dari Rp243 hingga 299 juta. Di sini tentu ada perbedaan harga karena bea importasi. 

"Berdasarkan riset, 93,2 persen mereka yang menginginkannya karena desain MG5 GT yang sporty dan coupe 4-pintu (belum ditambah pintu bagasi). Yang perlu dicatat adalah MG5 GT pada kuartal pertama sudah bisa dimiliki," ungkapnya. 

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 03

Baca Juga: Honda City Sedan Harus Siap-Siap Hadapi MG5, Sedan China Gaya Eropa Lebih Unggul untuk Spesifikasi?

Dengan adanya mobil baru ini, maka persaingan di segmen sedan entry level bakal makin seksi. Terlebih pendatang anyar yang satu ini menawarkan bentuk coupe layaknya sedan premium bernilai tinggi. 

Inilah yang menjadikannya unique selling point mobil tersebut. Secara kasta dan harga berada di rentang dua sedan yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun bentuk bodinya dibuat berkelas (coupe) yang harusnya mengisi segmen sedan Toyota Corolla Altis maupun Honda Civic

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 04

Ya mudahnya bodi Honda Civic tapi harga Honda City. Kemudian biar kesannya tidak begitu mahal, pabrikan mendesainnya dalam format 5-pintu yang cocok untuk pasar Asia Tenggara. 

Detail spesifikasinya belum diungkap MG. Tapi bila melihat situs MG Thailand, jantung mekanisnya menggunakan mesin 1.500 cc berkapasitas 1.498 cc, DOHC, 4-silinder VTi-Tech, yang menjanjikan tenaga hingga 114 PS pada 6.000 rpm dan torsi 150 Nm di 4.500 rpm. Dayanya didistribusi melalui transmisi CVT 8-percepatan. 

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 05

Arief mengatakan MG5 GT menggunakan bahasa desain terbaru dibandingkan generasi sebelumnya. Beberapa penamaan konsep bodinya mencerminkan sebuah kendaraan yang buas, namun nyaman digunakan dalam aktivitas harian. 

"Secara ukuran tidak begitu besa dan kecil, pure coupe. Mobil ini mengusung wajah Shark Hunting Front Face. Kemudian secara keseluruhan menggambarkan dekorasi Flaming Dark Knight Body, serta Digital Flaming Grille. Mobil ini cocok digunakan setiap hari, seperti mengendarai mobil sport," katanya lagi. 

Baru Dijual Tahun Depan MG5 GT Sudah Jadi Rebutan, Lawan Berat Buat Honda City dan Toyota Vios 06

Kemudian 'sepatu' MG5 GT menggunakan velg dengan desain Tomahawk Spoke, lalu ekor bebek atau ducktail khas sedan berperfoma juga hadir pada sedan itu. Adapun desain lampu belakangnya sudah LED, yang dinamakan Leopard Claw atau kuku macan tutul yang merepresentasikan kesan buas sekaligus sporty. 

Baca Juga: Mengenal MG5, Calon Pesaing Toyota Vios yang Bakal Muncul di GIIAS 2021

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Vios E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru