window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bayar Tol Tanpa Kartu Bisa Pakai Aplikasi Cantas di Ponsel, Nggak Perlu Paket Data Kok!

Adit · 25 Mei, 2022 11:01

Bayar Tol Tanpa Kartu Bisa Pakai Aplikasi Cantas di Ponsel, Nggak Perlu Paket Data Kok! 01

  • Bersiap, bayar tol nantinya lebih canggih bahkan tanpa kartu dan men-tap uang elektronik.
  • Sistem bayar tol tanpa kartu terbaru nantinya pakai aplikasi Cantas yang disebut-sebut tanpa menggunakan kuota internet.
  • Sistem bayar tol pakai ponsel ini memungkinkan transaksi lebih singkat, bahkan 0 detik.

Indonesia tengah bersiap menuju transisi sistem bayar tol tanpa kartu dan harus stop yang disebut Multi Lane Free Flow. Dengan sistem baru ini, juga memungkinkan cara berbayar tanpa sentuh. Alias pengemudi tak perlu tap kartu uang elektronik di gerbang tol, sederhananya tinggal kurangi kecepatan maka sesaat kemudian gerbang tol langsung terbuka.

Sistem pembayaran jalan tol ini nantinya akan menggunakan aplikasi yang dinamakan Cantas. Menariknya kerja aplikasi tersebut tidak membutuhkan sambungan internet, dengan kata lain tak perlu tersambung paket data. 

Bayar Tol Tanpa Kartu Bisa Pakai Aplikasi Cantas di Ponsel, Nggak Perlu Paket Data Kok! 02

Transaksi pakai uang elektronik di gerbang tol memakan waktu sekitar 4 detik

Baca Juga: Saldo Kurang Saat Bayar Tol? Tak Perlu Panik, Ini Solusinya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Terkait pemakaian data ini juga kami dalam proses awal untuk melakukan kerjasama dengan operator telekomunikasi di Indonesia, karena nanti kami menjadikan aplikasi Cantas itu boleh dikatakan bebas kuota," terang perwakilan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Emil Iskandar, mengutip Antara, Rabu (25/06/2022). 

Tambahnya, RITS akan menerapkan aplikasi tersebut untuk mendukung sistem bayar tol tanpa stop, dengan tidak memberikan beban biaya tambahan kepada masyarakat. Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit. 

Bayar Tol Tanpa Kartu Bisa Pakai Aplikasi Cantas di Ponsel, Nggak Perlu Paket Data Kok! 01

Ke depannya sistem pembayaran tol akan lebih singkat dan tanpa berhenti

"Maka dari itu kami buatkan solusi yang dinamakan Electronic On-Board Unit (e-OBU) dengan cara hanya mengunduh aplikasi. Di dalam aplikasi tersebut sudah ada OBU-nya, sehingga pengguna tol tidak perlu lagi beli OBU dalam bentuk fisik," lanjutnya.

Baca Juga: Tol Gedebage-Cilacap Dibangun Tahun Ini, Calon Tol Terpanjang Selanjutnya di Indonesia

Akan Diterapkan Mulai Akhir 2022

Rencananya penerapan bayar tol tanpa stop ini direalisasikan pada Desember 2022. Benefitnya adalah durasi transaksi yang lebih singkat, bahkan menjadi nol detik. 

Sebelumnya penggunaan uang elektronik atau e-money untuk bayar tol diklaim memakan waktu sekitar 4 detik. Lebih baik bila dibandingkan transaksi konvensional melalui uang tunai dan membutuhkan waktu sekitar 10 detik.

Bayar Tol Tanpa Kartu Bisa Pakai Aplikasi Cantas di Ponsel, Nggak Perlu Paket Data Kok! 02

Sistem bayar tol tanpa kartu dan berhenti mulai diterapkan pada akhir 2022

Ini artinya proses transaksi jadi lebih cepat. Dengan begitu bisa meminimalisir adanya antrean menempelkan uang elektronik di gerbang tol. Pengemudi bahkan tak perlu menghentikan kendaraan, karena sistem berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) akan menentukan posisi kendaraan saat masuk jalan tol. 

Implementasi cara baru bayar tol ini awalnya akan dimulai di kawasan Jabodetabek. Kemudian bertahap diterapkan di seluruh Indonesia pada 2024. Selain lewat aplikasi, masyarakat juga bisa menggunakan OBU fisik yang sekarang telah dijual di pasaran. 

Baca Juga: Mengenal 5 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia, Ternyata Bukan Cipali yang Pertama Lho!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil