BBM Toyota Avanza Terasa Boros? Begini Cara Mengatasinya Biar Irit

Enda · 4 Agu, 2021 08:30

BBM Toyota Avanza Terasa Boros? Begini Cara Mengatasinya Biar Irit 01

Membuat BBM Toyota Avanza menjadi lebih efisien

Sosok Toyota Avanza memang sangat digemari konsumen Tanah Air. Sebagai kendaraan multiguna, mobil ini tidak hanya digunakan sebagai mobil keluarga namun juga dipakai untuk bisnis karena BBM yang irit. 

Memiliki beragam keunggulan, nyatanya BBM Toyota Avanza ini dianggap sedikit lebih boros dibandingkan rival terdekatnya. Bicara angka, untuk penggunaan dalam kota tercatat 11 km/liter sedangkan luar kota 13-14 km/liter.

Ingin membuat Toyota Avanza lebih hemat dalam hal konsumsi bahan bakar? Setidaknya terdapat beberapa faktor yang menentukan hemat dan borosnya konsumsi bahan bakar pada sebuah Toyota Avanza.

Berikut adalah faktor yang bisa membuat Toyota Avanza menjadi lebih hemat konsumsi BBM menurut Auto2000. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Meski FWD, Wuling Almaz Buktikan Kemampuan Lewati Jalan Berlumpur di Kalimantan Tengah

1. Jaga Kinerja Mesin

Kondisi mesin menjadi salah satu faktor yang cukup penting dalam menentukan konsumsi bahan bakar sebuah mobil, termasuk pada Toyota Avanza. Pada mesin Avanza yang tidak terawat, jarang ganti oli dan suaranya kasar tentu sangat sulit untuk mencetak kehamatan bahan bakar terbaik.

Sebaliknya, pemilik yang rajin servis mesin Avanza, tidak pernah telat ganti oli mesin, dan selalu melakukan perbaikan jika ada masalah pastinya akan mudah untuk siap menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien.

2. Jaga Tekanan Angin Pada Ban

BBM Toyota Avanza Terasa Boros? Begini Cara Mengatasinya Biar Irit 01

Terdengar sepele namun sesungguhnya sangat krusial. Kalian perlu menjaga tekanan angin keempat ban Avanza dalam keadaan ideal. Jangan biarkan ada tekanan angin pada ban berkurang di bawah kondisi normalnya.

Pasalanya ban yang kempes dapat membuat mesin mobil bekerja lebih berat. Hal ini dikarenakan bidang permukaan ban yang menapak aspal menjadi lebih besar dan gaya geseknya semakin tinggi. Sebelum jalan, biasakan cek kondisi keempat ban.

3. Tidak Mengemudi Secara Agresif

Untuk mendapatkan kehematan bahan bakar, maka kalian perlu mengemudi Avanza dengan gaya eco driving. Menekan gas secara perlahan, menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan dan bagi mobil manual memindahkan gigi sesuai putaran mesin ideal merupakan kunci konsumsi hemat BBM.

Baca juga: Nggak Perlu ke Tukang AC, Begini Cara Mudah Menambahkan Freon AC Mobil

4. Menggunakan bensin berkualitas

BBM Toyota Avanza Terasa Boros? Begini Cara Mengatasinya Biar Irit 02

Untuk mendapatkan kehematan dan efisiensi bahan bakar, maka yang juga perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan bakarnya itu sendiri.

Sebab bahan bakar yang memiliki oktan tidak sesuai dengan karakteristik ruang bakar mesin Avanza akan sulit memberikan performa terbaiknya. Jika demikian akan berujung menurunnya performa dan borosnya konsumsi bahan bakar. Gunakan bahan bakar yang telah dianjurkan oleh pabrikan.

Baca juga: Konsumsi BBM Toyota Avanza Veloz Vs Mitsubishi Xpander, Siapa Paling Irit?

5. Atur Muatan Jangan Berlebihan

Semakin banyak muatan yang ada di kabin tentu akan berdampak pada konsumsi BBM Avanza. Jika ada barang yang sebenarnya tidak perlu dibawa maka sebaiknya segera turunkan saja. Pastikan juga kembali penataan barang-barang di kabin mobil tidak berat sebelah supaya distribusi bobotnya seimbang.

Baca juga: Biar Tidak Bingung, Ketahui Cara Penggunaan Electronic Parking Brake (EPB) dan Kelebihannya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru