window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo?

Dito · 16 Mar, 2023 09:30

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 01

Kehadiran Toyota Agya GR Sport dengan harga seperempat miliar membuat heboh publik karena harganya yang cukup mahal yang kerap dicap mobil LCGC (Low Cost Green Car). Apalagi harga Toyota Agya GR Sport tidak jauh berbeda dari Raize yang unggul dengan mesin turbonya.

Tercatat saat peluncuran resminya, Toyota Agya GR Sport CVT dibanderol Rp 253,5 juta. Sementara Toyota Raize (Spesifikasi | Berita) 1.0T G M/T untuk warna single tone lebih murah Rp 1 juta, tepatnya Rp 252,5 juta. Kalau ingin yang dual tone tersedia spot order dengan harga Rp 255,1 juta.

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Selisih harga yang tipis akan membuat konsumen cukup bingung mana yang cocok untuk dibeli. Apakah Toyota Agya GR Sport sebagai city car atau Raize 1.0T small SUV?

Baca juga : Segini Harga Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Usai Naik 5 Persen

Toyota Agya GR Sport Janjikan Rasa Berkendara

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 01

Kedua mobil ini memang punya kelas berbeda, masing-masing pun punya keunggulannya. Seperti Toyota Agya GR Sport mempunyai spesifikasi yang berbeda dengan varian standarnya. Untuk tampilan luarnya sudah disematkan body kit bertema sporty mulai dari front bumper spoiler, side skirt, rear bumper spoiler, hingga rear upper spoiler.

Begitu juga bagian interior dibuat sporty seperti jok model semi bucket bermaterial suede dengan penyematan logo GR Sport di sandaran punggung. Tidak hanya di jok, bagian bawah setir juga terdapat logo GR menambah aura balap.

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 02

Menariknya, Toyota Agya GR Sport ini tidak hanya kosmetik tapi juga ada perbedaan teknis. Seperti bagian kemudi yang diracik ulang bagian power steering dengan power motor yang lebih tinggi, steering gear dengan gear ratio yang lebih rendah, serta bagian kaki-kaki yang mengadopsi shock absorber serta coil spring yang lebih rigid. 

Baca juga : Harga Sama, Mending Toyota Avanza G 1.5 MT Apa Tetap Pilih Agya GR Sport CVT 2023?

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 03

Pengendalian yang lebih mumpuni didukung mesin berkapasitas 1.198 cc DOHC 12 valve Dual VVT-i. Mesin yang juga digunakan oleh Raize 1.2L ini mempunyai tenaga maksimum 88 PS di 6.000 rpm dan torsi puncak 113 Nm pada putaran 4.500 rpm. Dipadu transmisi CVT menghasilkan akselerasi yang lebih cepat dan linear.

Mesin Turbo Jadi Andalan Toyota Raize 1.0T M/T

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 04

Sebagai sebuah SUV, Toyota Raize punya tampilan lebih gagah meski dengan dimensi yang compact. Seperti penggunaan bumper dengan model trapezoidal tebal dengan sudut yang tajam menyiratkan kesan kokoh dan agresif. Lampu sein juga dibuat lebih berkarakter serta agresif. 

Baca juga : Honda WR-V Belum Sanggup Jungkalkan Toyota Raize, Penjualan Daihatsu Rocky Mengkhawatirkan

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 05

Bagian dalamnya, Toyota Raize 1.0T G panel cluster dibuat menyerong ke arah pengemudi agar lebih ergonomis. Pengaturan AC digital, tombol start/stop engine serta head unit interaktif dengan ukuran 9 inci. Meski bukan tipe tertinggi, desain interiornya cukup agresif hanya berbeda material di beberapa bagian serta tidak hadirnya logo GR Sport seperti di Agya.

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 06

Meski begitu dalam hal dapur pacu, Toyota Raize unggul dengan mesin 1.000 cc turbo 3-silinder VVT-i. Tenaga maksimumnya mencapai 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 112 Nm di putaran 4.500 rpm. Secara torsi tidak jauh berbeda dengan Agya, namun tenaga Raize 10 PS lebih besar. Namun dengan harga yang sama, Anda hanya mendapat transmisi manual.

Kesimpulan

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 07

Bila Anda mencari mobil untuk penggunaan sehari-hari atau lebih banyak dalam kota, maka Toyota Agya jadi pilihan yang tepat. Tidak hanya secara dimensi yang lebih kecil, tapi mesin dan transmisi CVT lebih cocok untuk kondisi stop and go. Kenyamanan juga lebih baik mengingat tidak perlu injak kopling.

Baca juga: Resmi Dijual, Harga Toyota Agya 2023 Tembus Seperempat Miliar

Beda Cuma Rp 1 juta, Pilih Toyota Agya GR Sport Atau Raize yang Bermesin Turbo? 08

Sementara bila Anda lebih banyak menggunakan mobil di akhir pekan atau keluar kota, maka Toyota Raize 1.0T bertransmisi manual bisa jadi pertimbangan. Berpetualang ke daerah terpencil juga tidak khawatir karena punya ground clearance tinggi hingga 200 mm. Sementara Agya hanya 160 mm saja.

Baca juga: Lebih Mahal Nyaris Rp65 Juta, Pilih Toyota Agya GR Sport 2023 Atau Cukup Tipe G?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Agya G 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil