Beda Cuma Rp2 Juta, Toyota Avanza 1.5 G MT Lebih Baik dari Suzuki Ertiga GL AT?

Enda · 30 Nov, 2021 20:00

Toyota Avanza 2022

Toyota Avanza 1.5 G MT Vs Suzuki Ertiga GL AT

Sebagai line up terbaru Toyota di segmen Low MPV 7-seater, Avanza 2022 turut berkesempatan merasakan relaksasi PPnBM 100% hingga akhir tahun ini. Mengetahui harga baru Toyota Avanza 1.5 G MT yang merupakan varian satu tingkat di atas tipe terendah (1.3 E MT), kini dibandrol Rp228,5 juta. Sedangkan rival terdekatnya, Suzuki Ertiga GL AT ditawarkan sedikit lebih mahal, yaitu Rp230,5 juta.

Baik Toyota Avanza 1.5 G MT maupun Suzuki Ertiga GL AT, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang kerap kali membuat calon pembelinya merasa galau ketika diharuskan memilih. Dibandrol lebih murah Rp2 juta apakah Avanza bisa lebih baik dari Ertiga?

Baca juga: Mobil Ramah Lingkungan Suzuki di Indonesia Pakai Mild Hybrid, Harganya Bisa Lebih Murah?

Sistem Pencahayaan Toyota Avanza 1.5 G MT Kalah Fokus dari Suzuki Ertiga GL AT

Suzuki Ertiga GL

Suzuki Ertiga GL MT memperoleh lampu utama berprojector

Bicara tampilan, Avanza 2022 terbukti jauh lebih unggul dari generasi kedua Suzuki Ertiga. Dimana produk flagship Toyota tersebut tampil lebih atraktif dan sporty, sekaligus menonjolkan nuansa canggih dan dinamis sebagai representasi dari era baru mobilitas sebuah MPV keluarga.

Namun untuk sistem pencahayaannya, Ertiga GL ini lebih keren dan unggul dibandingkan Avanza 1.5 G. Hal ini dikarenakan Low MPV besutan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tersebut berhasil tersematkan lampu utama berprojector yang mana mampu menghasilkan pencahayaan lebih fokus dan terarah saat berkendara di malam hari.

Toyota Avanza 2022

Toyota Avanza 2022 menggunakan LED pada lampu utamanya

Berbeda dengan Avanza terbaru, mobil ini mengandalkan lampu LED tanpa projector yang dianggap kurang fokus ketika digunakan di malam hari. Tak sampai disitu, lampu LED yang digunakan juga sedikit menyulitkan pandangan pengemudi disaat berkendara dalam kondisi hujan deras.

Bagaimana dengan stoplampnya? Seperti yang diketahui keduanya sudah menggunakan teknologi LED dengan masing-masing memiliki bentuk yang dinamis dan futuristis.

Fitur Unggulan Toyota Avanza 1.5 G MT Kini Lebih Canggih Dibandingkan Suzuki Ertiga GL AT

All New Suzuki Ertiga

Interior Suzuki Ertiga GL

Mengetahui fitur unggulan yang pada varian GL Suzuki Ertiga, mobil ini disematkan head unit 8 inci dengan operasi touch screen yang dapat digunakan untuk memutar USB, menangkap sinyal radio FM dan AM, serta memutar musik yang dipancarkan melalui saluran bluetooth.

Untuk pengaturan sistem pendingin udaranya, varian ini juga sudah menggunakan model digital serta mendapatkan double blower. Agar pengemudi lebih mudah menyesuaikan tinggi rendahnya setir, mobil ini telah dilengkapi dengan tilt steering.

Bicara Toyota Avanza 1.5 G MT, untuk fitur unggulannya mobil ini dilengkapi tombol Start/Stop engine dengan tambahan lampu yang dengan mudah menghidupkan dan mematikan mobil dalam kondisi gelap.

Toyota Avanza 2022

Area kokpit Toyota Avanza 1.5 G

Dari segi hiburan, mobil ini telah tersematkan head unit 9 inci model floating yang mendukung konektifitas USB dan Bluetooth. Tidak seperti Ertiga, Avanza G hadir dengan fitur New Tilt & Telescopic Steering with Audio & MID Switch yang terbukti memudahkan penggunannya ketika melakukan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana melalui tombol pada setir.

Di varian ini kalian juga bisa menemukan fitur seperti new auto A/C yang secara efektif dapat mendinginkan suhu kabin dengan lebih cepat, double blower, window jam protection, dan spion retractable.

Perlu kalian ketahui, Avanza terbaru memiliki tiga baris kursi fleksibel bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Jarak antara penumpang baris pertama dan keduanya mencapai 980 mm, sementara jarak antara penumpang baris kedua dan ketiga adalah 700 mm. Sedangkan gerak maju mundur pada baris keduanya mencapai 240 mm.

Baca juga: Selisih Rp22,3 Juta, Ini Bedanya Toyota Avanza 2022 G dan E

Fitur Keselamatan Suzuki Ertiga GL AT Terbukti Kalah Lengkap dari Toyota Avanza 1.5 G MT

Toyota Avanza 2022

Fitur Toyota Avanza 1.5 G MT lebih komplit dari Suzuki Ertiga GL AT

Melihat daripada fitur keselamatan yang ada di Suzuki Ertiga GL AT, mobil ini berhasil mendapatkan ABS+EBD, Dual SRS Airbag, seatbelt reminder, child safety lock, 2 point parking sensor, door open warning dan ISOFIX. Untuk keamanannya mobil ini dilengkapi immobilizer dan alarm.

Berbeda dengan Ertiga, jagoan Low MPV berlogokan tiga oval ini memperoleh fitur keselamatan berupa dual airbag, Vehicle Stability Control (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Tidak hanya itu, faktor keselamatan standar yang bisa kalian jumpai di mobil ini antara lain; seatbelt reminder, child safety lock, ISOFIX, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Fitur Brake Distribution (EBD) Emergency Stop Signal (ESS), ISOFIX dan Brake Assist (BA). Menyinggung fitur keamanannya, Avanza 1.5 G MT juga sudah mendapatkan alarm+immobilizer serta rear parking camera.

Sama-sama 1.500 Cc, Tenaga Toyota Avanza 1.5 G MT Lebih Besar Dibanding Suzuki Ertiga GL AT

Toyota Avanza 2022

Mesin 2NR-VE 1.496 cc Toyota Avanza menghasilkan tenaga lebih besar dari Suzuki Ertiga

Toyota menawarkan Avanza 1.5 G MT dengan mesin 2NR-VE 1.496 cc 4 silinder segaris 16 valve DOHC Dual VVT-i yang mampu melecutkan tenaga sebesar 106 PS @6.000 rpm serta torsi puncak 137 Nm @4.200 rpm. Untuk membuatnya bisa berjalan, varian ini dikawinkan transmisi manual 5-percepatan yang ditranslasi ke penggerak roda depan (FWD).

Bicara jantung mekanis pada Suzuki Ertiga GL AT, mobil ini dibenamkan mesin K15B berteknologi DOHC VVT 1.462 cc yang dapat merilis tenaga hingga 105 PS @6.000 rpm serta torsi puncak sebesar 138 Nm @4.400 rpm. Sebelum menyalurkan putaran tenaga ke roda depan, varian GL AT ini ditawarkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Kesimpulan

Baik Avanza maupun Ertiga kini menggunakan penggerak roda depan. Dibandrol lebih murah Rp2 juta dari Suzuki Ertiga GL AT, Toyota Avanza 1.5 G MT unggul dari segi fitur keselamatan, unggulan dan tenaga yang dihasilkan. Namun untuk berkendara sehari-hari di kota besar, Ertiga dirasa lebih nyaman berkat dikawinkan dengan transmisi otomatis 4-percepatan.

Setelah melihat perbandingan keduanya di atas, kalian lebih tertarik untuk pilih yang mana?

Baca juga: Harga Lebih Murah, Fitur Toyota Avanza 2022 Lebih Lengkap dan Canggih Dibanding Kijang Innova!

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Suzuki Ertiga GA MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru