window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Cuma Rp400 Ribu, Toyota Kijang Innova Diesel Lebih Menarik Ketimbang Innova Zenix?

Enda · 13 Mar, 2023 15:00

Toyota Kijang Innova diesel

Generasi ketujuh Kijang yang dinamai Toyota Kijang Innova (Spesifikasi | Berita) Zenix hadir dengan membawa teknologi anyar, tampilan lebih modern, fitur lengkap, serta mesin dan transmisi baru dibanding model terdahulunya. Meski begitu, generasi sebelumnya yaitu Toyota Kijang Innova Diesel masih banyak diminati.

Seperti yang disampaikan Dimas Aska, Head Public Relations PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu, Toyota Indonesia masih memproduksi Kijang Innova model lama karena adanya permintaan pasar. “Toyota Kijang Innova diesel masih diproduksi dengan cara spot order. Untuk varian yang ditawarkan G manual dan matic. Masih diproduksi Innova diesel karena adanya permintaan pasar baik untuk fleet maupun travel,” katanya.

Bicara soal harga, per Maret ini Kijang Innova G diesel manual dibandrol Rp398,5 juta dan Rp419,4 juta untuk transmisi maticnya. Oh iya, pihaknya juga masih menjual tipe G bensin dengan transmisi manual untuk model lawas Innova yang dijual Rp371 juta.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai informasi, Kijang Innova diesel G matic yang dijual secara spot order ini lebih mahal Rp400 ribu dari Kijang Innova Zenix tipe G. Memilik selisih harga baru tidak sampai sejuta, pilih Innova diesel G matic atau Kijang Innova Zenix tipe G?

Baca juga: Apes, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid Cs Nggak Dapat Subsidi dari Pemerintah

Toyota Kijang Innova Zenix Lebih Nyaman Digunakan

Toyota Kijang Innova Zenix

Interior Toyota Kijang Innova Zenix G non hybrid

Toyota Kijang Innova Zenix berbekal platform TNGA: GA-C untuk struktur rangkanya. Penggunaan platform terbaru Toyota ini memberikan kenyamanan serta keleluasan berkendara lebih baik dibanding model sebelumnya. Benar saja, ketika kami diberi kesempatan untuk mencobanya secara langsung, mobil ini terasa lebih nyaman digunakan.

Untuk diketahui, generasi Kijang Innova sebelumnya menggunakan platform Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) jenis ladder yang diperuntukan sebagai kendaraan penggerak roda belakang. Menggunakan sasis model tangga dimaksudkan supaya mobil ini tangguh di segala medan.

Sebagai informasi, Kijang Innova Zenix G dibekali fitur dan teknologi yang advance, mewah dan terbaik di kelasnya. Nuansa kabinnya, mobil ini dipadukan dengan warna coklat dan hitam yang terasa begitu nyaman dan prestisius.

Untuk sistem hiburan mobil ini dibekali head unit layar sentuh berukuran 9 inci yang sangat fungsional karena sudah dilengkapi fitur smartphone connection. Mengenai keselamatan berkendara, Innova Zenix G dilengkapi dual SRS airbags, Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Emergency Brake Signal (EPB), sensor parkir, isofix, alarm dan immobilizer.

Baca juga: Selisih Rp78 Juta, Seberapa Banyak Perbedaan Toyota Kijang Innova Zenix 2023 G dan V?

Toyota Kijang Innova diesel

Interior Toyota Kijang Innova G diesel

Bicara varian G di Kijang Innova diesel, mobil ini berhasil dipadukan head unit layar sentuh 8 inci dengan konektivitas radio, USB, bluetooth, dan mirroring. Fitur keselamatannya, mobil ini sudah dilengkapi ABS dan EBD serta 3 airbag (Front D+P, D-Knee). Selain itu juga kalian bisa menemukan fitur lainnya seperti; Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Convenient Rear Camera, Emergency Brake Signal (EPB), isofix with Tether Anchor, immobilizer, dan alarm system.

Toyota Kijang Innova Zenix Lebih Bertenaga dan Irit Bahan Bakar Ketimbang Innova Diesel

Toyota Kijang Innova Zenix

Mesin M20A-FKS Toyota Kijang Innova Zenix non hybrid

Tipe G varian non hybrid Toyota Kijang Innova Zenix dibenamkan mesin bensin berkodekan M20A-FKS Dynamic Force Engine yang sama persis digunakan Voxy terbaru. Menurut spesifikasi, jantung pacu berkapasitas 1.987 cc 4 silinder segaris Dual VVT-i yang digunakan sanggup memeras tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 204 Nm pada 4.500-4.900 rpm. Untuk tingkat percepatannya dikawinkan dengan transmisi CVT berkode K120 yang terasa halus dan responsif.

Toyota Kijang Innova diesel

Mesin diesel 2GD-FTV

Seperti yang diketahui, Toyota Kijang Innova diesel G matic berbekal mesin dengan kubikasi 2.393 cc berkodekan 2GD FTV 4-silinder segaris, 16 valve DOHC with VNT Intercooler. Di atas kertas jantung pacunya sanggup meletupkan tenaga sebesar 149 PS @3.400 rpm serta torsi maksimal mencapai 359 Nm @1.200 – 2.600 rpm.

Dipadukan dengan transmisi otomatis 6 Speed A/T with Sport Sequential Switchmatic yang diarahkan ke roda belakang, transmisinya mampu memberikan kesan nyaman dalam setiap perpindahan dan responsif.

Dikatakan Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimny dalam peluncuran Innova Zenix pada November 2022, untuk konsumsi bahan bakar varian non hybrid tembus hingga 15 km/liter atau lebih hemat dari Innova Reborn diesel yang berada di angka 14 km/liter.

Kesimpulan

Lebih murah Rp400 ribu dari Innova diesel matic, dari segi berkendara Toyota Kijang Innova Zenix G non hybrid terasa lebih nyaman digunakan berkat penggunaan platform TNGA: GA-C, fitur modern serta mesin dan transmisi anyar. Bukan cuma itu, Innova Zenix juga lebih hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Namun jika mobil bermesin diesel dengan penggerak roda belakang sesuai dengan kebutuhan saat ini, Toyota Kijang Innova diesel matic adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: Toyota Innova Zenix 2023 Buatan Indonesia Segera Hadir di Filipina

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Toyota Kijang Innova Zenix Gasoline 2.0 G CVT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil