Beda Hampir Rp10 Juta, Segini Banyak Perbedaan Toyota Calya E dan G

Enda · 13 Mei, 2022 15:00

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Toyota Calya menjadi salah satu mobil yang terus diburu masyarakat Tanah Air. Selain harganya yang terjangkau, mobil ini dipilih karena mampu dimuati hingga 7 orang dan hemat bahan bakar.

Mengenai harga barunya, per Mei 2022 ini LCGC 7-seater garapan tiga oval tersebut dibandrol mulai dari Rp151,6 juta hingga Rp174,9 juta. Ditawarkan dalam empat varian, untuk tipe 1.2 E MT STD dengan 1.2 G MT sendiri memiliki selisih harga Rp9,3 juta.

Ingin tahu apa bedanya Toyota Calya E dan G? Simak terus ulasannya berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Baca juga: Harga Mobil LCGC Terbaru Mei 2022, Honda Brio Satya Masih Termahal, Daihatsu Ayla Ada yang Rp100 Jutaan

Ekterior Toyota Calya E dan G Sekilas Terlihat Sama

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Ekterior Toyota Calya G

Pertama-tama mengetahui perbedaan Toyota Calya E dan G dari segi tampilan luarnya. Pada bagian fascia, varian G mendapat tambahan aksen grill dengan aksen dark chrome element yang membuatnya terlihat dinamis, sporty dan prestisius.

Tak hanya itu, sebagai tipe teratas, G juga dilengkapi dengan foglamp di ujung bumpernya yang diketahui mampu meningkatkan visibilitas berkendara di malam hari. Untuk sistem pencahayaan utama, keduanya disematkan lampu LED dengan tampilan modern.

Bergeser ke bagian samping, Toyota Calya E dan G memiliki perbedaan yang tak begitu banyak. Dimana tipe G untuk spionnya sendiri memperoleh fitur tambahan berupa lampu sein serta retractable yang dapat dilipat secara otomatis dari dalam dengan menekan tombol. Selain itu spion juga dapat membuka dan menutup disaat menekan tombol kunci dari remot.

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Pilar pintu Toyota Calya E dicat sewarna dengan body

Perbedaan lainnya terletak pada pilar di pintu. Tipe E sendiri untuk bagian tersebut dicat sewarna dengan body, sedangkan varian G diberi sentuhan warna hitam yang terkesan sporty.

Bicara soal lingkar roda, keduanya sama dengan mengimplementasikan velg alloy two tone model kipas berdimensi R14 175/65.

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Tipe G mendapat garnish dengan aksen dark chrome

Menilik pada bagian belakangnya, lagi-lagi Toyota Calya E dan G memiliki perbedaan. Beda keduanya hanya terletak pada aksesoris, dimana tipe G dilengkapi garnish berwarna dark chrome yang membentang. Sama seperti G, varian E tersematkan rear wiper serta reflektor di samping stoplampnya.  

Lainnya, keduanya juga telah dibekali dengan dua buah sensor parkir yang tersematkan di bumpernya.

Interior Toyota Calya E dan G Terlihat Berbeda

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Toyota Calya G mendapat head unit layar sentuh dengan tambahan switch control steering

Selanjutnya melihat interior keduanya, Toyota Calya E dan G memiliki sejumlah perbedaan. Di area kokpit, varian G memperoleh aksen silver di area tuas transmisi dan pengaturan AC nya serta arm rest penutup pintunya. Bukan cuma itu, di bawah dashboard bagian tengah, tipe G telah dilengkapi consol serta cup holder yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang bawaan atau minuman.

Dari segi hiburan, varian teratas Calya dibekali head unit layar sentuh yang mendukung konektivitas DVD, USB, Bluetooth, AUX dan iPod/iPhone connectivity dengan empat buah speaker. Guna memudahkan pengemudi dalam melakukan pengaturan, untuk head unitnya tersebut terhubung dengan tombol switch control yang melekat pada lingkar kemudi.

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Interior Toyota Calya E tampil lebih sederhana

Bicara varian E, untuk sistem infotaimentnya menggunakan head unit 2din dengan 2 speaker dan belum dilengkapi dengan layar sentuh yang dapat menampilkan gambar secara visual.

Melihat baris tengahnya, antara tipe E dan G Calya hanya memiliki perbedaan pada arm rest penutup pintunya yang mana tipe teratas dilabur dengan warna silver. Untuk fitur blower kipas, sama seperti G, tipe E sudah tersematkan.

Sebagai informasi tambahan, pada tipe G Calya memperoleh seat pocket di belakang jok baris pertama, serta under seat compartemen tray yang bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang supaya dapat tersimpan dengan rapih.

Baca juga: Simak Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya, Walau Gak Murah Lagi Tapi Peminatnya Tetap Banyak

Fitur Keselamatan Toyota Calya E dan G Sama

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Fitur keselamatan Toyota Calya E dan G sepadan

Mengetahui fitur keselamatan yang ada pada Toyota Calya E dan G, pabrikan sendiri telah membekali keduanya dengan dual SRS airbag, front seatbelt with pretensioner & force limiter, TAF (Total Advance Function) body di struktur rangkanya, ABS & EBD, ISOFIX dan side impact beam, front corner sensor. Untuk keamanannya, keduanya juga berhasil mendapatkan immoblizer serta main & spare key integrater with remote.

Toyota Calya E Hanya Tersedia Transmisi Manual

Perbedaan Toyota Calya E dan G

Transmisi matic hanya tersedia di varian G

Dari segi jantung pacu, Toyota Calya E dan G 3NR-VE dibenamkan mesin DOHC Dual VVT-i berkubikasi 1.197 cc yang mana menurut data di atas kertas, mampu melecutkan tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Bedanya untuk varian E hanya disediakan transmisi manual 5-percepatan, sedangkan tipe G memperoleh opsi transmisi matic 4-percepatan.

Kesimpulan

Setelah membandingkan antara Toyota Calya E dan G dengan harga baru yang bedanya hampir Rp10 juta, menurut kami varian G lebih layak untuk dipilih. Dengan selisih harga yang terbilang sedikit, tipe G memiliki fitur lebih komplit yang tentunya dapat memberikan tingkat kenyamanan dalam berkendara sekaligus meningkatkan nilai harga jual.

Baca juga: Punya Bentuk Sama, Alasan Kenapa Daihatsu Sigra Lebih Baik Dipilih Dari Toyota Calya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Calya E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru