Beda Hampir Rp50 Juta, Apa Sih Bedanya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 atau Dakar Ultimate 4x2?

Enda · 16 Mar, 2021 13:00

Beda Hampir Rp50 Juta, Apa Sih Bedanya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 atau Dakar Ultimate 4x2? 01

Mitsubishi Pajero Sport 2021

Pada medio Februari 2021, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah memperkenalkan varian terbaru dari Mitsubishi Pajero Sport. Terlihat sama dengan Pajero yang lebih dulu melantai di Thailand, SUV 7-seater tulang punggung MMKSI ini tidak hanya mendapatkan penyegaran di sektor tampilannya saja.

Diketahui bahwa pihaknya juga memberikan tambahan beberapa fitur unggulan guna memberikan kenyamanan serta keamanan maksimal terhadap penggunanya. Mengetahui harga barunya saat ini, Pajero Sport facelift menurut situs resminya dibandrol mulai dari Rp502.8 juta hingga Rp733.7 juta, yang ditawarkan dalam 6 varian. Dimana variannya meliputi; Exceed (4X2) MT, Exceed (4x2) AT, GLX (4x4) MT, Dakar (4x2) AT, Dakar Ultimate (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x4) AT.

Melihat dari keenam varian yang ditawarkan, menurut kami ada dua tipe yang paling pas untuk dipilih sebagai mobil keluarga di kota-kota besar. Kedua tipe tersebut adalah Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT.

Penasaran dengan perbedaan keduanya mengapa sampai memiliki selisih harga jual hingga Rp49 Juta? Berikut ulasannya.

Baca juga: Perbendaan Mitsubishi Pajero Sport 2021 dengan Generasi Sebelumnya

Beda Fitur Unggulan Antara Pajero Sport Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT

Cruise Control

Beda Hampir Rp50 Juta, Apa Sih Bedanya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 atau Dakar Ultimate 4x2? 02

Cruise Control Mitsubishi Pajero Sport 2021

Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT, diketahui sudah dibenamkan fitur berupa cruise control. Seperti yang diketahui, cara kerja cruise control ini membuat mobil berakselerasi konstan tanpa perlu injakan pada pedal gas. Saat difungsikan, kecepatan mobil bisa diatur menggunakan tombol.

Cruise control tentunya bisa membuat pengemudi mengistirahatkan kaki sejenak dan relatif sanggup meningkatkan efisiensi bahan bakar. Namun perlu dipahami, fitur ini bisa membuai santai yang berpotensi mengurangi konsentrasi mengemudi sebab itu disarankan pengemudi tetap sigap memegang setir serta kaki tidak terlalu jauh dari pedal rem dan gas.

Berbeda pada tipe Dakar Ultimate (4x2) AT, varian ini menggunakan adaptive cruise control. Dalam fitur ini, cruise control bisa beradaptasi dengan kecepatan mobil didepannya.

Saat adaptive cruise control digunakan, kecepatan konstan yang sudah ditentukan pengemudi bisa turun secara otomatis ketika mobil didepannya memperlambat laju kendaraannya. Ketika mobil di depan menambah kecepatan, otomatis mobil juga akan menambah kecepatannya menuju pada kecepatan yang sudah diatur tadi.

Saat adaptasi itu dilakukan, mobil juga otomatis menjaga jarak dengan mobil didepannya. Jarak ini, yang terbagi dekat, sedang, dan jauh bisa ditentukan oleh pengemudi. Agar adaptive cruise control bisa bekerja, membutuhkan teknologi berupa radar yang memonitor objek di depan. Sensor tersebut biasanya diletakan pada ujung bumper depan mobil.

Power Back Door

Beda Hampir Rp50 Juta, Apa Sih Bedanya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 atau Dakar Ultimate 4x2? 03

Power back door Mitsubishi Pajero Sport 2021

Fitur power back door ini baru bisa dijumpai pada Mitsubishi Pajero Sport 2021. Seperti diinformasikan, varian Dakar Ultimate (4x2) AT kini sudah mendapatkan fitur hands-free access. Jadi, membuka pintu belakang tidak perlu repot. Cukup menggoyangkan kaki di bawah bumper belakang, dengan sendirinya pintu bagasi dapat terbuka secara otomatis. Ini adalah fitur yang sangat baru untuk SUV generasi teranyarnya. Pesaingnya, Toyota Fortuner juga berhasil ditanami fitur yang sepadan.

Baca juga: Segala Pertanyaan Seputar Mitsubishi Pajero Sport 2021

Close and lock function juga bertugas untuk menutup dan mengunci pintu bagasi secara otomatis hanya dengan menekan tombol. Tidak tertinggal height memory yang dapat membuka pintu bagasi sesuai dengan keingginan pengguna.

Seatbelt di Bagian Depan

Pada sabuk keselamatan di baris pertama, Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT juga memiliki perbedaan. Dimana Dakar Ultimate (4x2) AT menggunakan 3P ELR Seatbelt x2 with pretensioner for driver (x2) + passanger (x2) and adjustable seatbelt anchors.

Sedangkan Dakar (4x2) AT memakai sabuk keselamatan model 3P ELR Seatbelt x2 with pretensioner for driver (x1) + passanger (x2) and adjustable seatbelt anchors.

Fitur Keselamatan Terkini

Beda Hampir Rp50 Juta, Apa Sih Bedanya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 atau Dakar Ultimate 4x2? 04

Sebagai pembeda antara dua varian di atas, Mitsubishi Pajero Dakar Ultimate (4x2) AT sudah dibenamkan fitur keselamatan terkini, beruupa: Forward Collision Mitigation (FCM), Blind Spot Warning – Lane Change Assist (BSW-LCA) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA.

Kelengkapan Interior Mitsubishi Pajero Dakar Ultimate (4x2) AT Sedikit Berbeda

Beda Hampir Rp50 Juta, Apa Sih Bedanya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 atau Dakar Ultimate 4x2? 05

Interior Mitsubishi Pajero Dakar Ultimate (4x2) AT

Mitsubishi Pajero Dakar Ultimate (4x2) AT mendapatkan sedikit ubahan tampilan interior berupa tambahan warna beige pada pembungkus jok dan door trimnya. Tampilan dashboardnya juga terlihat lebih premium dengan sentuhan beberapa aksennya, ditambah lagi sistem entertainment berupa layar LCD yang melekat pada atapnya untuk memberikan hiburan kepada penumpang di baris kedua dan ketiga.

Harga Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT

Baik Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT memiliki selisih harga hingga Rp49 juta. Berikut harga jual baru on the road Jakarta.

Perbandingan Harga Baru On The Road Jakarta
Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) AT

Rp575.700.000

Rp624.700.000

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Ditawarkan Dua Pilihan Mesin

Beda Hampir Rp50 Juta, Apa Sih Bedanya Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 atau Dakar Ultimate 4x2? 06

Mesin Mitsubishi Pajero Sport 2021

Sedikit informasi, bicara jantung pacunya Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT menggunakan mesin berkode 4N15, 2.442 cc 4 Cylinders In-Line DOHC 16V MIVEC VG Turbo Intercooler ini mampu merilis tenaga maksimal hingga 181 PS @3.500 Rpm. Sedangkan torsi yang diperoleh mampu mencatatkan angka 430 Nm @2.500 Rpm.

Soal perpindahan gigi, kedua varian ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan dengan sport sequential yang pengoperasian bisa dilakukan menggunakan paddle shift di belakang lingkar kemudi.

Baca juga: Pilih Honda CR-V 2021 atau Mitsubishi Pajero Sport 2021?

Mengenai tipe dibawahnya, MMKSI membenamkan mesin 4D56 Commonrail Turbocharged 2.477 cc yang dapat menghasilkan tenaga 136 PS @4.000 Rpm dengan torsi maksimal 324 Nm @2.000 Rpm.

Kesimpulan

Baik Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT dengan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2) AT memiliki beberapa pebedaan khususnya pada fiturnya.

Untuk kalian yang tidak terlalu mempertimbangkan soal fitur dari keduanya, kalian bisa memilih varian Dakar (4x2) AT yang dibandrol lebih murah dengan selisih harga mencapai Rp49 juta dari varian Dakar Ultimate (4x2) AT.

 

Komentar

Mobil Terbaru