window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa?

Prasetyo · 30 Apr, 2021 19:30

Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa? 01

Toyota Raize di Indonesia dipasarkan dalam empat varian tipe. Yaitu 1.0 Turbo G MT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo GR Sport CVT, dan 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. Dari keempat varian ini, secara garis besar Raize oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) disodorkan dalam dua jenis, yakni Raize tipe G dan Toyota Raize GR Sport.

Ternyata perbedaan kedua tipe Toyota Raize ini bisa selisih lebih dari Rp 12 juta lho. Misalnya untuk Raize 1.0 Turbo G CVT harganya Rp 251.1 juta, sementara yang Raize 1.0 Turbo GR Sport CVT harganya Rp 263.2 juta. Dengan selisih harga yang cukup lumayan itu, sebenarnya apa sih perbedaan dari keduanya?

Baca juga: Resmi Meluncur, Harga Daihatsu Rocky 1.0 Turbo Mulai Dari Rp214 Jutaan

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Desain dan Dimensinya Ternyata Sama Persis

Anton Jimmy Suwandi, Marketing Director TAM menuturkan jika Toyota Raize GR Sport mendapat sentuhan kosmetik atau styling yang lebih sporty. Namun ternyata hal tersebut tidak merubah keseluruhan stuktur desain dan dimensi dari mobil ini.

Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa? 01

GR Sport TSS adalah varian tertinggi Toyota raize

Bentuk bemper, model velg, tarikan garis bodi, sampai bagian belakang, keduanya serupa. Baik Toyota raize tipe G atau tipe GR Sport sama-sama punya panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.635 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm, dan ground clearance 200 mm.

Perbedaannya hanya pada lampu depan yang sudah ditambahkan Daytime Running Light (DRL), serta lampu sein sudah pakai LED. Kemudian velg yang digunakan tetap sama 17 inci dibalut ban ukuran 205/60. Bedanya untuk Raize GR Sport velgnya dicat hitam, sementara untuk yang Raize tipe G velgnya silver.

Baca juga: Toyota Raize Menggoda Dengan Mesin Turbo dan Masih Ada Harga Diskon PPnBM!

Toyota Raize GR Sport Interiornya Sudah Dibalut Kulit

Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa? 02

Interior Toyota Raize GR Sport

Perbedaan Toyota Raize tipe G dengan Toyota Raize GR Sport justru terlihat sangat signifikan di ruang kabin. Sebab untuk varian GR Sport, Toyota Raize sudah menggunakan jok yang dilapis material kombinasi fabric dan kulit berwarna hitam. Kemudian lingkar kemudinya juga sudha dibalut kulit.

Masih di seputaran kokpit, pengemudi Toyota Raize GR Sport ditawarkan keberadaan perangkat Paddle Shift. Alat yang berada di belakang setir ini gunanya untuk menaikturunkan posisi gigi tanpa bantuan pedal kopling. Supaya sensasi berkendaranya makin agresif, varian GR Sport dari raize juga sudah ada Power Mode Switch. Mode berkendara ini akan melakukan setting mesin yang lebih agresif untuk berakselerasi.

Sementara dari sisi tampilan panel instrument, baik tipe 1.0 Turbo G atau GR sport sama-sama sudah menggunakan monitor TFT 7 inci. Kemudian sudah ada juga tombol Start/Stop Engine, serta AC digital. Bedanya, pada varian 1.0 Turbo GR Sport dan GR Sport TSS ada tambahan fitur Auto Adaptive Headlight. Fitur ini akan membuat sorotan lampu utama menyesuaikan tingkat pancaran cahayanya sesuai dengan kebutuhan pengemudi.

Baca juga: Toyota Raize Resmi Diluncurkan, Berikut Varian dan Spesifikasinya

Fitur Terlengkap Ada di Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS

Beda Harga Rp 12 Jutaan, Apa Sih Bedanya Toyota Raize GR Sport Dengan yang Biasa? 03

Kedua tipe menggunakan mesin 1.0L Turbo

Untuk Anda yang mencari Toyota Raize dengan fitur paling lengkap, maka pilihannya ada Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS. Karena selain yang sudah disebutkan tadi, untuk varian tertinggi ini telah dilengkapi fitur Toyota Safety Sense (TSS). Ini meliputi fitur Pre Colision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lade Departure Assist, Pedal Misoperation Control, Rear Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Kemudian untuk tipe GR Sport TSS juga memiliki 6 airbags yang posisinya ada di sisi pengemudi, penumpang depan, side airbags, serta curtain airbag. Sementara untuk Raize tipe lain airbags cuma ada dua, yaitu di pengemudi dan penumpang depan. Meski begitu, varian tipe non GR Sport juga sudah ada fitur ABS, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, Alarm and Immobilizer, Rear Parking Sensor, dan Rear Camera.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil