Beda Harga Rp66 Juta, Apakah New Honda Brio RS Urbanite Edition Menang Banyak Daripada Toyota Agya GR Sport?

Enda · 25 Apr, 2022 12:30

New Honda Brio RS Urbanite Edition

Baru-baru ini New Honda Brio RS Urbanite Edition diluncurkan PT Honda Prospect Motor (HPM) dengan penampilan yang lebih sporty. Menempati kasta teratas di keluarga Brio, hatchback kompak perkotaan Honda ini tidak bermain sendiri dalam meramaikan kancah otomotif Tanah Air.

Pasalnya di segmen ini Brio RS Urbanite Edition terbaru juga berhadapan langsung dengan Toyota Agya GR Sport dengan tampilan yang tak kalah sporty sekaligus eyes-catching.

Menyasar kaum muda yang senang akan tantangan serta menyukai akan olahraga balap, dari segi harga Toyota Agya GR Sport dibandrol lebih murah ketimbang New Honda Brio RS Urbanite Edition. Seperti yang diketahui, produk pabrikan tiga oval tersebut kini dibandrol Rp160,9 juta untuk varian MT dan Rp179,6 juta tipe AT. Sedangkan Brio RS Urbanite Edition terbaru diniagakan Rp225,9 juta untuk transmisi manual dan Rp235,9 khusus transmisi CVT.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Memiliki Selisih Harga yang Terpaut Cukup Banyak, Siapa yang Terlihat Paling Keren?

Baca juga: Bedanya Lebih Dari Rp50 Jutaan, Brio Satya E CVT Lebih Baik Daripada Brio RS Urbanite?

Tampilan New Honda Brio RS Urbanite Edition Terkesan Paling Sporty

Eksterior

New Honda Brio RS Urbanite Edition

Tampilan luar New Honda Brio RS Urbanite Edition

Menyasar kaum urban perkotaan, New Honda Brio RS Urbanite Edition tampak semakin sporty berkat adanya front under spoiler dan rear under spoiler yang dilengkapi dengan diffuser dan dua lubang muffler. Sementara itu di sisi lain juga terdapat black side under spoiler dan black side door mirror yang dilengkapi dengan LED turning signal dan black door handle.

Bukan cuma itu, varian ini juga telah tersematkan velg baru berwarna gelap serta spoiler dengan dimensi lebih besar yang menjadikan mobil ini terlihat semakin sporty dari berbagai sudut.

Toyota Agya GR Sport

Tampilan depan Toyota Agya GR Sport

Menyoal Toyota Agya GR Sport, mobil ini juga memilki karakter yang tak kalah sporty dari pesaingnya tersebut. Melihat pada fascianya, varian teratas Agya ini mendapat wajah yang terlihat sporty berkat penggunaan bumper model trapezoid dengan tampilan menyudut, yang disertai sentuhan warna new black chrome element dengan identitas GR Sport di tengah bumber bawahnya.

Untuk sistem pencahayaannya sendiri telah dilengkapi black paint for elegant headlamp with LED yang diselimuti projector guide yang juga terlihat atraktif. Bagian samping mobil ini pun terlihat dinamis dan sporty dengan penggunaan decal GR Sport, new side skirt, new side moulding serta velg dual tone R14 model kipas yang juga diaplikasikannya spion retractable berukuran besar. Lainnya, di bagian belakang berhasil tersematkan stop lamp new impressive design rear bermodelkan “reverse L-shape” dengan tampilan yang modern dan stylish untuk reflektornya.

Baca juga: Enggak Kalah Keren Dari Honda Brio RS Urbanite, Ini Pilihan Mobil Bekas Rp200 Jutaan

Interior

New Honda Brio RS Urbanite Edition

Interior New Honda Brio RS Urbanite Edition

Membahas daripada interiornya, secara bentuk New Honda Brio RS Urbanite Editon terkesan sama dengan beberapa varian lainnya yang terlihat lapang dan lebar. Hanya saja dari segi tampilan memiliki perbedaan. Seperti yang bisa dilihat, tipe ini memperoleh aksen pewarnaan orange lining dibeberapa bagiannya yang lebih mempertegas kesan sport namun tetap prestisius.

Dari segi fiturnya sendiri terbilang cukup lengkap karena telah diaplikasikan head unit 6.2" Touchscreen Display Audio yang telah didukung oleh USB port, AM/FM Radio, Compatible w/ iPhone & iPod, Compatible w/ RR Cam, CD & DVD Player, AUX-IN, Bluetooth, Hands Free Telephone. Ada juga Audio Steering Switch, Tilt Steering, Power Retractable Door Mirror, seerta Digital A/C.

Toyota Agya GR Sport

Kokpit Toyota Agya GR Sport

Melihat bagian dalam Toyota Agya GR Sport, mobil ini juga didominasi dengan warna hitam namun supaya tampak mewah diberi sentuhan aksen silver dibeberapa bagiannya. Untuk beberapa fiturnya, mobil ini telah dilengkapi new audio 2DIN advance entertainment yang dilengkapi dengan sistem audio seperti, radio AM/FM, pemutar CD. Oh iya, sistem entertainment juga dapat dikoneksikan secara langsung dengan smartphone melalui sistem bluetooth.

Ketika ingin melakukan perpindahan lagu serta mengatur volume suara, pengemudi tidak perlu merasa direpotkan. Pasalnya fitur berupa audio steering switch telah menempel pada setir kemudi untuk varian ini.

Sebagai informasi, pada interiornya Toyota Agya GR Sport juga mendapatkan cover jok baru, door trim baru, AC Digital, start stop engine dan new combination meter with red accent untuk memberikan suasanya baru serta kemudahan dalam setiap menjalankan fiturnya.

Fitur Keselamatan dan Keamanan New Honda Brio RS Urbanite Edition Vs Toyota Agya GR Sport, Siapa yang Paling Lengkap?

New Honda Brio RS Urbanite Edition

Fitur keselamatan dan keamanan New Honda Brio RS Urbanite Edition terlengkap di kelasnya

Bicara soal fitur fitur keselamatan, Toyota Agya GR Sport berhasil disematkan dual SRS airbags sebagai fitur keselamatan standar untuk mengurangi benturan keras saat terjadinya tabrakan. Bagian dinding mobil juga terdapat side impact beam yang berguna untuk mengurangi resiko cedera jika mengalami benturan dari samping. 

Guna mencegah ban terkunci saat melakukan rem secara mendadak, Toyota menyematkan fitur berupa ABS dan EBD pada varian ini yang dapat mencegah terjadinya tabrakan. Tidak tertinggal fitur seperti Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, APAR, ISOFIX, child safety locks, keyless dan alarm juga bisa dijumpai di mobil ini.

Bagaimana dengan New Honda Brio RS Urbanite Edition? Untuk fitur keselamatannya mobil ini tak kalah lengkap dengan Agya. Pasalnya HPM sendiri telah membekalinya dengan dual front i-SRS airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD, Pretensioner with Load Limiter Seatbelt, ISOFIX & Tether dan Alat Pemadam Api Ringan. Pada fitur keamanan, mobil ini juga berhasil disematkan Alarm System, Auto Door Lock by Speed, Immobilizer dan Keyless Entry.

Kesimpulan

Memiliki selisih harga hingga Rp65 juta, secara tampilan eksterior maupun interior New Honda Brio RS Urbanite Edition jauh lebih sporty ketimbang Toyota Agya GR Sport. Begitupun dari fiturnya, varian teratas Brio juga lebih lengkap sehingga mampu memberikan kenyamanan, keamanan serta keselamatan dalam berkendara.

Baca juga: Duit Rp230 Jutaan Lebih Baik Daihatsu Rocky Daripada Honda Brio RS Urbanite Edition?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru