Beda Rp 100 Jutaan, Kenapa Toyota Kijang Innova 2021 Lebih Favorit dari Toyota Rush 2021?

Yongki Sanjaya · 15 Des, 2020 22:00

Beda Rp 100 Jutaan, Kenapa Toyota Kijang Innova 2021 Lebih Favorit dari Toyota Rush 2021? 01

Memilih mobil keluarga inj salah satu faktor utamanya ialah kapasitas kabinnya yang 7-penumpang. Pilihannya beragam, bisa dari MPV atau SUV. Uniknya bila disuruh memilih, masyarakat kita cenderung mengidolakan Toyota Kijang Innova 2021 daripada Toyota Rush.

Selisih harganya padahal mencapai Rp 100 jutaan lebih, tapi Innova lebih diminati daripada Rush. Apalagi kalau disodorkan sosok fenomenal, Innova Diesel Metik, Rush langsung tersisih. Padahal Rush ini lebih murah dengan kabin yang juga cukup besar.

Mengapa Kijang Innova ini begitu favorit di masyarakat? Padahal bila melihat kabinnya cuma sedikit lebih besar daripada Rush. Karena sudah naik kasta, Innova kini dikenal sebagai mobil mewah.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kenyamanan Kijang Innova juga menjadi faktor lain mengapa MPV ini disukai masyarakat. Istilahnya Innova ini siap jadi mobil perang yang nyaman di kota-kota kecil sekalipun. Itu tadi sedikit contoh menyapa Innova disukai.

Toyota Kijang Innova 2021, Mobil Keluarga Modern yang Semakin Mahal

Beda Rp 100 Jutaan, Kenapa Toyota Kijang Innova 2021 Lebih Favorit dari Toyota Rush 2021? 01

Tidak bisa dipungkiri kalau harga Kijang Innova keluaran baru semakin mahal. Padahal penambahan fiturnya juga tidak melimpah. Bahkan, pada Toyota Kijang Innova 2021 masih memakai mesin lama peninggalan generasi sebelumnya. Lantas kenapa orang lebih pilih Innova?

Kalau kamu memang cari mobil yang nyaman maka Innova jadi opsi paling menarik asal uangnya siap. Terlebih, Innova ada 2 pilihan mesin yaitu bensin dan diesel. Innova juga punya suspensi yang nyaman dan handlingnya oke, karena mobil ini ukurannya lebar.

Untuk yang tidak suka berisik dan bau asap diesel bisa milih yang bensin 2000cc berkode 1TR-FE. Konsekuensinya tenaga tidak sebadak yang diesel dan minum nya lumayan. Meskipun sebenarnya tidak boros boros amat karena sesuai dengan kenyamanan yang didapatkan.

Beda Rp 100 Jutaan, Kenapa Toyota Kijang Innova 2021 Lebih Favorit dari Toyota Rush 2021? 02

Maka dari itu ada opsi diesel yang tenaganya lumayan untuk sekelas MPV, yaitu 2500cc Turbo. Mesin berkode 2KD-FTV bertorsi 200nm untuk yang manual dan 260nm untuk yang automatic.

Bila cari Innova diesel, disarankan untuk ambil yang metik. selain torsi lebih besar, kaki juga tidak capek main kopling saat oper gigi atau start awal. Kerennya lagi, bagi pecinta kecepatan sangat mudah sekali mesin diesel Innova ini untuk diupgrade.

Innova Diesel Metik, MPV Fenomenal Idola Penggemar Kecepatan

Bila suka dengan kecepatan, Innova Diesel Metik adalah pilihan tepat. Upgrade mobil ini tidak sulit dan bisa plug and play.

Caranya cukup remap/reflash ECU dan menambah intercooler karena dari bawaan belum ada. Kemudian tambah piggyback dastek dan mengganti downpipe frontpipe.

Kijang Innova Lawas Bisa Upgrade Body dengan Tahun Muda

Bagi yang punya Innova tua tidak perlu resah mobilnya ketinggalan jaman. Sudah banyak toko variasi mobil menyediakan opsi upgrade bodi dari 2005/2010 menjadi 2012/2015 atau biasa disebut Grand New Kijang Innova. Jadi, mobil bisa terlihat lebih muda kembali.

Toyota Rush 2021, Sekedar Versi SUV Dari Mobil Sejuta Umat

Beda Rp 100 Jutaan, Kenapa Toyota Kijang Innova 2021 Lebih Favorit dari Toyota Rush 2021? 03

Sudah jamak kita ketahui kalau Innova itu kastanya di atas Rush. Harga barunya juga mahalan Innova daripada Rush.

Toyota Rush sebenarnya adalah versi SUV dari kelasnya mobil sejuta umat, Avanza. Dari segi apapun pastinya akan menang Innova.

Konsumen Toyota Rush membeli mobil ini alasannya karena dipakai jadi mobil perang. Jadi orientasinya bukan nyaman, sebagai mobil pribadi pertama.

Toyota Rush 2021 ini terkenal juga tangguh alias badak dengan harga yang lebih murah. Konsumen tidak perlu bingung karena garansi sudah mencakup perawatan rutin,  sebagai jaga-jaga kalau suatu saat ada keluhan ini itu.

Beda Rp 100 Jutaan, Kenapa Toyota Kijang Innova 2021 Lebih Favorit dari Toyota Rush 2021? 04

Selain itu kapasitas mesin Toyota Rush 2021 ini 'cuma' 1500 cc bensin, dan serupa dengan tipe tertinggi Toyota Avanza. Sementara untuk Kijang Innova bensin, kapasitasnya sudah 2.000 cc sehingga lebih bertenaga.

Jika dibandingkan, performa mesin saat ini tidak sebaik 3SZ-VE yang dipakai pada generasi sebelumnya dengan besaran tenaga 106 HP.

Hadir dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan, Toyota All-New Rush 2021 kini diklaim punya karakter berkendara yang lebih cocok untuk lalu-lintas perkotaan. Artinya, Rush jadi tidak setangguh versi generasi pertama yang memakai konde.

Kesimpulan

Baik Kijang Innova dan Toyota Rush memakai penggerak roda belakang. Namun sejatinya kedua model ini beda jauh karena Innova adalah MPV dan Rush adalah SUV.

Namun, membandingkan Rush dan Innova memang tidak sepadan. Kasta keduanya juga beda. Namun sebagai referensi mobil keluarga, Toyota Rush juga tidak bisa dikesampingkan karena kabinnya cukup besar.

Sayangnya, ketangguhan Rush juga tidak sehebat generasi terdahulu. Rush kini sudah berevolusi jadi SUV perkotaan. Jadi bila mencari unit bekasnya, Innova diesel metik lagi-lagi menjadi pilihan paling menarik.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2020 Toyota Kijang Innova 2.0 G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru