Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah?

Adit · 25 Nov, 2021 15:00

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 01

Pilih Toyota Rush termurah atau Daihatsu Terios terendah?

Toyota Rush dan Daihatsu Terios menjadi andalan bagi Astra Group menapaki pasar otomotif khususnya di segmen Low SUV. Keduanya kini hadir dalam generasi kedua yang dikenalkan sejak akhir 2017 lalu, kemudian mengalami peningkatan fitur pada medio 2021 ini. 

Ubahan paling mencolok adalah adanya fitur Idling Stop, yang bisa mematikan mesin secara otomatis, lalu dapat dihidupkan kembali saat menginjak pedal gas. Fungsinya dapat memangkas konsumsi bahan bakar saat mobil berhenti bermacetan atau mengantre. 

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 02

Fitur baru di Daihatsu Terios 2021.

Baca Juga: Panduan Beli Toyota Rush: Cukup Pilih Varian Termurah?

Harga Toyota Rush maupun Daihatsu Terios sayangnya terus mengalami penyesuaian, karena penambahan fitur baru. Khususnya Terios, sudah tidak ada lagi yang dipasarkan di bawah Rp 200 juta. Termurah adalah tipe X M/T yang harganya Rp 205,1 juta. Adapun Toyota Rush G M/T sebagai tipe terendah punya harga Rp 245,5 juta. 

Keduanya merupakan tipe yang terjangkau, cocok buat yang cari model terbaru tapi mengutamakan fungsi daripada gengsi. Hanya saja beda Rp 40 juta yang mana selisihnya cukup jauh, lebih baik pilih yang mana? Mari kita kupas bersama.

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 01

Daihatsu Terios tipe X, yang jadi termurah.

Terios Lebih Sporty, Rush Lebih Elegan

Pertama dari tampilannya dulu. Untuk Daihatsu Terios akan cocok untuk Anda yang mau mobil berpenampilan sporty. Sebab menggunakan pelek ring 16 berwarna gelap, juga dilengkapi dummy plastik di cluster lampu kabut, grille hitam, juga klimis tanpa roof rail. Lalu Toyota Rush? 

Model yang satu ini tampil lebih elegan. Walaupun termurah peleknya tetap pakai dual tone, terselip lampu kabut, dipasangkan roof rail, juga ada underguard silver. Untuk kelengkapannya semua sama, lampu depan LED, sein tambahan di spion, LED lampu belakang, antena shark fin, serta spoiler, wiper belakang, hingga talang air sampai pilar C. 

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 02

Toyota Rush tipe G yang lebih elegan.

Fitur Toyota Rush Lebih Banyak

Lanjut ke interior, desain Toyota Rush dan Daihatsu Terios sama saja desainnya, membentuk huruf T dengan kombinasi warna hitam dan putih. Kelengkapannya juga sama-sama menggunakan head unit layar sentuh. Tapi untuk Rush bisa dimanfaatkan sebagai tampilan kamera mundur, Terios belum ada. 

Fitur lain yang juga hadir di antara dua mobil kembar ini seperti AC digital, AC double blower, spion day and night, pengaturan spion elektrik, tombol on/off fitur Vehicle Stability Control (VSC), sensor parkir, dan tombol untuk mengaktifkan Idling Stop. Jadi meskipun tipe terendah, semua tipe sudah memilikinya. 

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 03

Interior Daihatsu Terios tipe X.

Tak heran jika Toyota Rush dibanderol lebih mahal dari Daihatsu Terios, karena makin lengkap lagi dengan tombol starter, audio steering switch, tombol pelipat spion, kamera mundur, tempat kacamata di plafon depan, headrest 3 titik di jok tengah, defogger, lampu bagasi, konsol boks, juga pengingat sabuk keselamatan 7-titik. 

Sedangkan saudaranya punya sedikit perbedaan, fiturnya berupa kargo net di bagasi yang sudah jadi kelengkapan standar, serta slot untuk menyimpan uang elektronik di dashboard. Konsol boks diganti cup holder 3 titik, headrest jok tengah cuma 2 titik, dan tanpa dilengkapi kamera mundur. 

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 04

Interior Toyota Rush tipe G.

Baca Juga: Membandingkan Biaya Servis Toyota Rush dan Honda BR-V

Cicilan Daihatsu Terios Lebih Murah 

Kemudian menarik untuk membandingkan skema cicilan Toyota Rush dan Daihatsu Terios untuk tipe yang sama. Berdasarkan hitungan skema kredit di BCA Finance, Terios karena punya harga lebih rendah tentunya menawarkan biaya pembelian yang lebih menggiurkan.

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 05

Daihatsu Terios tipe X pakai pelek hitam.

Skema pembelian mobil baru minimal uang mukanya 25 persen. Jadi besarannya untuk cicilan selama 4 tahun, tinggal siapkan uang muka sebesar Rp 72,5 juta dan angsuran per bulannya Rp 3,8 juta. Misalnya ambil 3 tahun, maka uang mukanya Rp 71,5 juta dan cicilannya Rp 4,8 jutaan. 

Adapun cicilan Toyota Rush dalam jangka waktu 4 tahun uang mukanya Rp 85,5 juta dengan angsuran Rp 4,6 juta per bulan. Sedangkan dalam jangka waktu 3 tahun maka setoran awalnya Rp 84,3 juta dan cicilannya Rp 5,8 juta. Benar bukan masih terjangkau Daihatsu Terios? 

Beda Rp40 Juta, Pilih Toyota Rush Varian Terendah atau Daihatsu Terios Paling Murah? 06

Toyota Rush tipe G.

Kesimpulan 

Oke masuk ke kesimpulan. Tapi sebelum itu ketahui juga urusan dapur pacu, dua model ini menggendong mesin yang sama. Berupa mesin 2NR-VE 1.496 cc 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i. Di atas kertas menjanjikan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm dan torsi 136 di putaran 4.200 rpm. Transmisinya manual 5-percepatan. Lagi pula sama-sama berdaya angkut 7-penumpang.

Dari segi teknis dapur pacu maupun dimensinya juga serupa saja kok, jadi sebenarnya tinggal sesuaikan preferensi dan sreg atau tidaknya dengan brand Toyota atau Daihatsu. Berdasarkan rangkuman di atas, umpama memiliki dana berlebih dan menginginkan kelengkapan fitur modern, maka harus pilih Toyota Rush. Sebaliknya umpama budget terbatas dan lebih mementingkan fungsi, Daihatsu Terios akan lebih cocok dipinang. 

Baca Juga: Punya Tampilan 'Konservatif', Daihatsu Terios Konde Lebih Menarik Dari Terios Baru

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Rush 1.5 G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru