Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5?

Yongki Sanjaya · 15 Jun, 2021 17:00

Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5? 01

Pertarungan segmen crossover di Indonesia begitu ketat, karena hampir tiap merek punya model di segmen ini. Untuk merek yang cukup berkelas, ada Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang harganya Rp339,9 juta. Kalau harga segitu dianggap mahal, ada MG ZS yang lebih terjangkau dan tak kalah menarik.

CX-3 SPORT 1.5 ini berasal langsung dari Jepang. Statusnya sebagai mobil impor lebih menjamin soal built quality yang kokoh. Dengan bahasa desain Kodo, Mazda telah bertransformasi menjadi merek Jepang yang  premium dan mewah.

Baca juga:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kurang Laku, Mazda CX-3 dan Mazda 6 Disuntik Mati Tahun Depan

Lupakan Honda HR-V, Masih Ada Suzuki SX4 dan Mazda CX-3 SPORT 1.5 yang Tak Kalah Keren!

Makin Murah, Mazda CX-3 SPORT Kini Dapatkan Mesin 1.5 Liter, Harga Rp339,9 Juta!

Bagaimana dengan merek MG? Brand yang kini dimiliki oleh raksasa otomotif China, SAIC, juga menawarkan crossover dengan built quality yang baik, serta fitur menarik.

Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5? 01

Mazda CX-3 pun kedatangan lawan baru yang tak kalah berkelas yaitu MG ZS. Secara desain, MG ZS banyak yang menyebut cukup mirip dengan Mazda CX-3. Tapi dari segi harga, MG ZS dijual lebih terjangkau.

Baik MG ZS maupun Mazda CX-3, keduanya dilengkapi dengan berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Keduanya juga tampak mengedepankan desain instrumen yang driver-oriented.

MG ZS kini dijual dengan harga mulai dari Rp261,8 juta sampai dengan Rp295,8 juta. Sementara itu Mazda CX-3 SPORT 1.5 dijual dengan angka Rp399,9 juta. Dengan selisih Rp44,1 juta, apakah varian tertinggi MG ZS ini cukup layak menjadi alternatif sepadan dari Mazda CX-3 SPORT 1.5? 

Mari kita bandingkan keduanya.. 

Fitur Keren di Kabin Mazda CX-3, Didasari Filosofi Jepang

Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5? 02

Pada Mazda CX-3 juga disematkan full-automatic AC. Beberapa fitur lain yang sama dengan pesaingnya ialah cruise control, engine start/stop button, adjustable headrest, dan keyless entry. 

Kursi Mazda CX-3 SPORT 1.5L juga mendapatkan teknologi kursi 7-G Mazda terbaru. Desain serta strukturnya diklaim mampu menopang tubuh pengemudi dan penumpang lebih baik sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.

Rasa berkendara yang ditawarkan semakin menyenangkan karena handling yang presisi. Dengan konsep Jinba Ittai menyatukan pengemudi dengan kendaraan. Interior Mazda CX3 terlihat mewah dan elegan dengan visibilitas leluasa dan panel instrumen yang ergonomis bagi pengemudi. Sedikit disayangkan karena pengaturan jok masih manual seperti versi 2,0 liter. 

Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5? 03

Pada bagian dashboard Mazda CX-3 dibekali dengan Active Driving Display berupa Head Up Display (HUD), digital-analog yang memudahkan pengemudi mengetahui kondisi mobil yang sedang dikendarai. Memang, tidak ada perbedaan antara CX-3 SPORT 1.5 dan CX-3 bermesin 2.000 cc selain soal dapur pacu. 

Pada setir kemudi telah dilapisi dengan bahan material kulit dan dilengkapi dengan beberapa tombol panel navigasi yang telah terintegrasi. Kira bisa mengakses sistem audio dan konektivitas di dashboard tengah, seperti bluetooth, kontrol audio dan juga auto cruise control switches tanpa mengganggu pandangan ke depan. Pada versi 1.5 liter terdapat Side Airbag dan Curtain Airbag, melengkapi fitur dual airbag yang telah ada sebelumnya.

Fitur Lengkap MG ZS, Bikin Harganya Kian Murah

Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5? 04

Satu hal yang bisa dibanggakan oleh MG ZS yakni fitur. Fitur yang disematkan oleh MG kepada ZS ini bisa dibilang sangat banyak. Bahkan kami setuju jika SUV kompak ini punya harga yang tergolong murah dengan segala fitur yang dimilikinya.

Wiper depan sudah memakai model intermittent yang mampu diatur dari dalam kabin. Ada juga wiper belakang, defogger belakang, roof rail, bahkan panoramic sunroof berukuran besar yang bisa memanjakan penumpang saat bepergian.

Interior Modis MG ZS, Khas Mobil Inggris Kekinian

Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5? 05

Masuk ke dalam kabin MG ZS memberikan kesan mewah layaknya mobil khas Inggris dengan kesan lapang bersanding interior yang berbalut kulit dua warna. Kursi berlapis kulit sintetis bisa diatur sedemikian rupa untuk mendapatkan rasa berkendara yang mengesankan.

Fitur yang cukup terlihat di bagian dalam adalah penggunaan material kulit pada jok, soft touch pada interior, steering wheel dengan pengaturan teleskopik dan tilt. 

Kursi pada bagian jok tengah MG ZS juga bisa dilipat hingga 60:40, sehingga memudahkan untuk membawa barang berukuran besar dan panjang. Ada juga tombol push start stop button, soket pengisian daya, dan cruise control.

Kekurangan MG ZS terletak pada kurangnya headrest pada baris kedua yang disebut mampu menampung tiga penumpang.

Penyimpanan MG ZS vs Mazda CX-3 SPORT 1.5, Mana Paling Akomodatif?

Beda Rp44 Jutaan dan Desain Mirip, MG ZS Pantas Jadi Alternatif Mazda CX-3 SPORT 1.5? 06

Ruang belakang yang ditawarkan MG ZS ternyata tak terlalu lega, dengan volume 359 liter untuk barang bawaan. Sedangkan ketika jok baris kedua dilipat, maka kapasitas bagasi MG ZS mencapai 1.166 liter.

Dimensi Mazda CX-3 yang kompak di luar ini tak membuat kabinnya jadi kesempitan. Ruang kaki dan ruang kepala yang ditawarkan masih cukup bagi penghuni kabin belakang. Dan bila kursinya dilipat bisa dipakai membawa barang-barang berukuran besar.

Mazda CX-3 hanya memiliki kapasitas bagasi sebesar 351 liter. Dan setelah kursi barisan belakangnya dilipat, mobil ini bisa menampung kapasitas maksimal sebesar 1.260 liter, lebih besar dan lega tentunya bila dibandingkan MG ZS. 

Adu Performa MG ZS Vs Mazda CX-3 SPORT 1.5, Mana Paling Bertenaga?

 

MG ZS dibekali mesin berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder, DOHC, VTi. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 114 ps @6.000 rpm dengan torsi maksimal di angka 150 Nm @4.500 rpm. Bagaimana dengan performa varian baru Mazda CX-3? 

Produsen mobil asal Jepang ini menawarkan performa mesin baru 1,5 liter untuk CX-3. Tenaga yang dihasilkan 111 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 144 Nm pada 2.800 rpm. Dengan kapasitas mesin yang sama, MG ZS sedikit mengungguli Mazda CX-3 SPORT 1.5. 

Kesimpulan 

Dengan kisaran harga yang terpaut cukup jauh, MG ZS ini sangat cocok buat kalian kaum mending-mending. Walaupun MG kini adalah merek naungan perusahaan China namun built quality dan fiturnya tetap bercita rasa Eropa. 

Tapi bagi kamu yang memang mencari prestise sebuah merek, jelas Mazda memberikan hal tersebut. Memang fiturnya tak selengkap MG ZS tapi CX-3 SPORT 1.5 punya pride tersendiri. Bila melihat kasta, Mazda kini lebih berkelas dari Honda

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

MG ZS 1.5L Excite

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru