Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021?

Yongki Sanjaya · 24 Agu, 2021 17:30

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 01

Mobil hatchback jadi salah satu segmen yang cukup banyak peminatnya selain MPV. Salah satu model yang cukup menyita perhatian di segmen ini ialah Honda City Hatchback 2021, karena diplot sebagai penerus Jazz. Padahal dengan harga yang selisihnya jauh lebih murah, ada Suzuki Baleno 2021 yang tak kalah menarik. 

Alasan utama yang membuat City Hatchback cepat meroket namanya karena menawarkan kenyamanan ala sedan, kepraktisan dari Jazz namun dengan harga lebih ekonomis. Apabila bicara soal harga, sebenarnya Suzuki Baleno jauh lebih merakyat.

Sebagaimana diketahui, Honda City Hatchback dijual dengan harga PPNBM 100%. Berikut ini perbandingannya:

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
Model M/T A/T
Honda City Hatchback  Rp289.000.000 Rp.299.000.000 (CVT) 
Suzuki Baleno  Rp235.000.000 Rp247.500.000

Sementara itu, Suzuki Baleno dijual tanpa PPNBM karena masih impor dari India. Otomatis, harga Baleno tidak mendapat keringanan sebagaimana City Hatchback. 

Untuk tipe bawah, selisihnya cukup jauh yaitu Rp54 juta dengan diskon PPnBM. Harga City Hatchback bakal semakin mahal kalau periode PPNBM 100% telah berakhir.

Bila budget kalian untuk beli cash tak lebih dari Rp250 juta, maka Suzuki Baleno jadi pilihan tepat. Namun sebagai catatan, jangan banyak berharap kalau Baleno ini semewah dan senyaman City Hatchback. 

Jadi, kenapa Suzuki Baleno 2021 bisa lebih oke daripada Honda City Hatchback 2021? Mari kita bandingkan keduanya.

Suzuki Baleno 2021, Harga Murah Tidak Pelit Fitur

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 01

Untuk membandingkan kedua model di segmen yang sama, maka fitur mobil bisa jadi pembeda yang nyata. Dari kelengkapan fiturnya, kita bisa tahu mana model yang pelit atau tidak dengan melihat harga jual mobil tersebut.

Apabila dibandingkan, mungkin sepintas Suzuki Baleno 2021 bakal kalah lengkap fiturnya dibandingkan Honda City Hatchback 2021. Namun coba pikirkan lagi, keduanya beda harga lebih dari Rp50 juta sehingga sudah sepantasnya City Hatchback harus jauh lebih lengkap.

Apakah Baleno jadi hatchback yang miskin fitur dibandingkan rival senegaranya itu? Tidak juga karena Baleno menyediakan opsi MID yang lebih lengkap, pengatur lampu, pengatur intermittent wiper, dan fitur heater yang mana tak dimiliki oleh City Hatchback.

Pada Baleno facelift hadir dengan fitur baru seperti LED Projector Headlamp, Sporty Black Polished Alloy Wheel, Sporty New Bumper Design with New Grill & Foglamp Design, serta New Interior Color and Pattern. 
Sistem audio menggunakan tipe 2DIN yang dapat digunakan untuk pemutar CD/DVD, USB, Bluetooth, Radio FM/AM. 

Walau harganya selisih cukup jauh, namun Suzuki Baleno juga memiliki beberapa fitur kekinian seperti push start/stop button and keyless entry, tilt & telescopic steering, auto climate A/C with heater, hingga leather steering wheel with switch audio control. 

Interior Suzuki Baleno, Tidak Terlalu Lega Tapi Nyaman

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 02

Suzuki merancang Baleno sebagai hatchback dengan kesan ramping di luar namun cukup lega dan nyaman di dalam kabin. Para pengguna tentunya akan lebih merasa nyaman ketika berkendara menggunakan mobil ini di lalu lintas perkotaan. 

Posisi duduk di jok baris belakang juga cukup lega meskipun ruang kepala terbatas. Ini karena desainnya yang agak pipih alias ceper supaya sisi aerodinamisnya lebih oke. 

Faktor lainnya yaitu rancangan jok baris belakang dibuat lebih tinggi dibandingkan yang didepannya, sehingga tingkat visibilitas penumpang belakang juga cukup baik. 

Jok belakangnya bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40 sehingga membuat kita bisa ekspansi penyimpanan barang. Dalam hal ini, Baleno harus angkat topi pada City Hatchback yang lebih unggul dengan fitur Ultraseat. 

Honda City Hatchback 2021, Penerus Jazz yang 'Semakin Mewah'

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 03

Honda Prospect Motor menjual City Hatchback 2021 dengan harga termahal Rp299 juta. Angka tersebut bisa naik lebih tinggi lagi karena harga yang berlaku sekarang adalah harga diskon PPnBM. 

Dengan demikian, status City Hatchback menjadi hatchback yang mahal. Apakah City Hatchback ini sudah proporsional dengan harganya? 

Honda City Hatchback RS 2021, Desainnya Mature dan Tetap Sporty

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 04

Bila melihat sosok City Hatchback RS mungkin tidak agresif layaknya Jazz generasi terakhir atau Civic Hatchback. Penampilannya cenderung kalem dan lebih dewasa walaupun aura sporty tetap terlihat. 

Pada grill depan menampilkan aksen khas Honda yaitu Solid Wing dipadukan headlamp agak sipit yang mirip seperti Honda Civic. Tampilan depan semakin mewah karena adanya garnish krom besar yang menghubungkan lampu depan.

Sistem pencahayaan telah memakai Full LED, mulai dari Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight, dan Rear Combi Light with LED light bars. 

Interior Berkelas City Hatchback, Menyasar Kalangan Lebih Mapan

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 05

Sebagai suksesor, tentu City Hatchback harus lebih baik daripada Jazz. Mengusung konsep ‘Ambitious Beauty’, kabin Honda City Hatchback 2021 terlihat dewasa dengan memberikan kesan yang modern. 

Aksen sporty hadir dari desain baru jok berlapis suede dengan aksen jahitan garis merah. Pada sekeliling speedometer dan takometer dipercantik lampu ambient menyala merah yang memberi kesan sporty.

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 06

Ketika masuk ke dalam kabin, seketika langsung terlihat jok ‘ultrasound seat’ yang memberikan kenyamanan. Pemakaian bahan pelapis premium suede ini sekaligus membuat kabin Honda City Hatchback 2021 mampu menampilkan kesan elegan.

Jangan cemas soal akomodasi, karena Jazz mewarisi Ultraseat ke City. Satu fitur unggulan dari Honda Jazz, yaitu Ultra Seat juga tetap tersedia pada penerusnya ini. 

Honda City Hatchback RS didukung dengan berbagai fitur canggih seperti Remote Engine Start, One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition, dan Multi-Angle Rear View Camera. 

City Hatchback Menang Nyaman Daripada Baleno, Serasa Sedan

Beda Rp54 Juta, Kenapa Suzuki Baleno Lebih Oke Daripada Honda City Hatchback 2021? 07

Soal akomodasi dan kenyamanan berkendara, City Hatchback lebih nyaman dengan sensasi bantingan suspensi empuk ala sedan. Meskipun demikian, handling tetap lincah dan tidak limbung saat dipacu di jalan tol. 

Sedikit berbeda dibandingkan Suzuki Baleno, karena menurut rangkuman penuturan pengguna di berbagai forum, kenyamanannya memang oke tapi handling kalah dari City Hatchback bila di jalan bebas hambatan. Dalam hal ini, harganya yang mahal membuat City Hatchback unggul di banyak aspek.

Kesimpulan

Dengan selisih segitu jauh, City Hatchback sudah bisa ditebak bakal unggul di banyak aspek dibandingkan Baleno. Namun jangan dikira Baleno ini buruk, karena hatchback besutan Suzuki itu bisa jadi model ekonomis dengan perbedaan fitur yang tak terlalu banyak.

Selisih Rp54 juta kami rasa membuat City Hatchback kesannya jadi kemahalan. Apalagi, harga tersebut adalah harga diskon PPnBM yang nantinya akan naik lagi kembali ke harga normal. 

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Suzuki Baleno 2020 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru