window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur?

Bent Aulia · 8 Nov, 2020 10:00

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 01

Dengan lima pilihan varian yang diberikan di Indonesia, apa saja yang membedakan fitur dan teknologi yang dipasang saat ini? Simak berbagai pilihan dari varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia di bawah ini serta harga yang ditawarkan. Lalu apakah model baru Mitsubishi Pajero Sport 2021 siap datang ke Indonesia tahun depan?

Mitsubishi Pajero Sport Exceed (4x2)

Sekilas tampilan eksterior Pajero Sport Exceed masih sama menariknya dengan varian di atasnya. Hanya saja ada beberapa pengaturan yang tidak diberikan, seperti jet washer lamp serta lampu bertipe bohlam High Intensity Discharge.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bagian samping juga tak memiliki perubahan yang signifikan. Hanya saja varian entry level ini hanya mengenakan velg bergaya single color. Walaupun bentuknya masih sama seperti varian di atasnya dengan gaya 12 spoke.

Beberapa perbedaan antara Exceed bertransmisi manual dan transmisi otomatis yang ditawarkan. Jika Exceed 4x2 MT menggunakan ban berukuran 265/70 R16 112S, maka Exceed AT mengenakan ban 265/60 R18 yang lebih besar.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 01

Hanya mereka yang memiliki pengetahuan lebih mengenai Pajero Sport bisa mengetahui perbedaan pada bagian belakang mobil ini. Tetap menggunakan lampu belakang dengan mode memanjang ke bawah, hanya ada tulisan Pajero Sport pada pintu belakang varian Exceed.

Masuk ke dalam kabin, tak banyak perbedaan yang ditawarkan dengan harga Mitsubishi Pajero Sport Exceed yang cukup terjangkau ini. Sudah mendapatkan head unit layar sentuh 2DIN 6.5 inci, AC dengan climate control yang siap memberikan kenyamanan berkendara sepanjang perjalanan.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 02

Hanya saja varian Exceed masih menggunakan layar LCD bergaya jadul pada cluster instrument layaknya model bergaya lama. Varian ini juga belum disertai sunroof.

Dimensi Mitsubishi Pajero Sport 2020
Panjang x lebar x tinggi 4.785 mm x 1.815 mm x 1.800 mm
Jarak poros roda 2.800 mm
Ground clearance 218 mm
Radius putar 5.6 m
Bobot mobil 1.865 kg
Kapasitas tangki 68L

Pajero Sport Exceed menggunakan mesin diesel berkapasitas 2.5T dengan sistem DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC. Keluaran tenaganya mencapai 136 PS dan torsi maksimal 324 Nm.

Tenaga disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi manual 5-percepatan dengan perpindahan yang bisa dibilang mulus. Performa tinggi mobil ini terlihat dari tenaga yang diberikan untuk membantu di kala berkendara di jalanan bergelombang.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport Exceed
Tipe Mesin 4D56 2.5L DI Commonrail Turbocharged and Intercooled DOHC
Isi Silinder 2.477 cc
Perbandingan kompresi 10.1:1
Daya maksimal 136 PS/ 4.000 rpm
Torsi maksimal 324 Nm/ 2.000 rpm
Teknologi mesin PGM-FI
Diameter dan langkah 91.1 mm x 95.0 mm

Walaupun menjadi varian entry level, namun Pajero Sport Exceed 2020 sudah menawarkan berbagai teknologi menarik milik Mitsubishi. Beberapa sistem dan teknologi yang ditawarkan diantaranya,

Fitur kenyamanan

  • 2DIN touchscreen audio 6.5 inci
  • Power steering
  • Tilt & telescopic steering
  • Power seat adjustment
  • Dual zone automatic AC
  • Electronic Parking Brake
  • Keyless entry
  • Start Stop Engine Button
  • Sensor parkir

Fitur keselamatan

  • 3P ELR seatbelt x 3
  • 3P ELR seatbelt x 2
  • Iso-fix
  • Child Proof Lock
  • 2 Points Airbag 

Mitsubishi Pajero Sport GLX (4x4)

Tak banyak perubahan yang ditawarkan pada Pajero Sport GLX dibandingkan model di bawahnya. Dengan velg single tone, GLX bertransmisi manual ini mendapatkan ban berukuran 265/70 R16 112S yang sama dengan Exceed bertransmisi manual.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 03

Masuk ke bagian dalam, varian GLX sudah mendapatkan head unit layar sentuh 2DIN berukuran 6.5 inci dan pengaturan AC dengan climate control. Bahkan sistem Multi Information Display (MID) yang digunakan masih tidak begitu canggih.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 04

Sedangkan Dakar 4x4 juga dilengkapi dengan fitur dial type 4WD selector, terrain mode traction control, all round view camera yang melengkapi kenyamanan berkendara di semua medan yang dilalui.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2)

Sebenarnya tak ada perbedaan signifikan pada sistem dan tampilan eksterior yang digunakan pada varian Dakar. Namun konsumen sudah mendapatkan lampu depan dengan LED with Auto-leveling Function serta jet washer.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 05

Dari sisi samping, perubahan juga tak begitu banyak berbeda. Namun tampilan Mitsubishi Pajero Sport Dakar yang lebih maskulin terlihat dari penggunaan velg two tone dengan ukuran yang cukup besar, yaitu 18 inci.

Meski berada di jajaran menengah Pajero Sport, namun Dakar menerima berbagai teknologi dan tampilan yang lebih sporty pada bagian kabin. Mulai dari interior berwarna hitam serta beberapa aksen kayu pada door trim dan dashboard.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 06

Dalam hal fitur hiburan, sebenarnya tidak ada perubahan yang signifikan pada model menengah ini. Mulai dari head unit LCD layar sentuh berukuran 8 inci serta Power Tailgate yang berfungsi untuk membuka dan menutup pintu bagasi hanya dengan sensor kaki.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 07

Berbeda dengan tiga varian di bawahnya, Pajero Sport Dakar mendapatkan mesin yang lebih bertenaga. Yaitu mesin 4N15 MIVEC 2.4T yang mampu menyemburkan tenaga dari 181 PS dan torsi maksimal 430 Nm.

Mesin Mitsubishi Pajero Sport Dakar
Tipe Mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged and Intercooled
Isi Silinder 2.442 cc
Perbandingan kompresi 10.1:1
Daya maksimal 181 PS/ 3.500 rpm
Torsi maksimal 430 Nm/ 2.500 rpm
Teknologi mesin PGM-FI
Diameter dan langkah 86.0 mm x 105.1 mm

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 08

Peningkatan yang terlihat pada varian ini tentu saja pada sistem keselamatan yang mulai lengkap dibandingkan dengan varian di bawahnya. Beberapa peningkatan fitur keselamatan yang ditawarkan diantaranya,

  • 3P ELR seatbelt x 3
  • 3P ELR seatbelt x 2
  • Iso-fix
  • Child Proof Lock
  • 2 Points Airbag
  • Active Stability Traction Control (ASTC)
  • Hill Start Assist (HSA)
  • Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS)

Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate (4x2)

Bagian luar memang tak benyak berubah dibandingkan edisi lainnya. Yang membedakannya yaitu velg 18 inci yang diberikan untuk menawarkan tampilan yang lebih maskulin.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 09

Jika dibandingkan dengan model di bawahnya, bisa dibilang Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih. Diantaranya Ultrasonic Mis-Acceleration Mitigation System (UMS) yang terhubung dengan fitur cruise control.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 10

Masuk ke bagian dalam, interior Dakar Ultimate menerima warna beige yang menambah kesan elegan di dalam mobil. Rasa aman juga semakin tinggi mengingat varian ini mendapatkan 7 airbag yang tersebar pada sisi depan dan samping kabin.

Kelebihan lainnya terdapat pada kepraktisan mobil ini. Varian Dakar Ultimate sudah mendapatkan roof monitor untuk sistem hiburan bagi penumpang di baris kedua. Ditambah dengan kehadiran tempat kaca pada bagi pengguna yang senang berpetualang.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 11

Kenyamanan di dalam kabin terlihat dari rasa berkendara yang elegan dari mobil ini. Termasuk busa kursi yang lebih tebal. Ruang kabin juga lebih kedap, mengingat mobil ini tidak mendapatkan sunroof untuk meningkatkan kekedapan kabin.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 12

Sedangkan untuk fitur keselamatan yang digunakan sama dengan Pajero Sport Dakar (4x2), namun ditambah beberapa fitur yang lebih lengkap, diantaranya

  • Forward Collision Mitigation (FCM)
  • Blind Spot Warning (BSW)
  • Adaptive Cruise Control (ACC)

Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x4)

Sebagai varian tertinggi dengan sistem berkendara semua roda, Pajero Sport Dakar (4x4) kali ini memiliki semua fitur yang ditawarkan pada Pajero Sport.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 13

Hanya saja perubahan yang diberikan tak terlihat pada bagian mesin maupun sistem suspensi yang diberikan meski menggunakan sistem penggerak empat roda. Mulai dari mesin 2.4T bertenaga turbo dengan tenaga maksimum 181 PS dan torsi 430 Nm.

Fitur keselamatan sama dengan Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate, ditambah dengan fitur Hill Descent Control (HDC) yang membantu Mitsubishi Pajero Sport 2020 ini berhenti di jalanan menurun.

Harga Mitsubishi Pajero Sport 2020

Seperti yang disebutkan di atas, Pajero Sport 2020 terbagi menjadi empat varian, dua pilihan mesin, dua mode transmisi, dan pilihan sistem penggerak yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 14

Varian entry level adalah Pajero Sport Exceed (4x2) MT yang dibanderol mulai dari Rp491 jutaan untuk transmisi manual dan varian bertransmisi otomatis dihargai mulai dari Rp506 jutaan. Di atasnya ada varian Pajero Sport GLX (4x4) bertransmisi otomatis dengan harga Rp548 jutaan.

Harga Mitsubishi Pajero Sport 2020 untuk varian Dakar (4x2) AT berbeda Rp1 juta dengan varian di bawahnya, yaitu Rp549 jutaan. Ditambah dengan Dakar Ultimate (4x2) sebagai varian tertinggi untuk penggerak roda belakang dengan harga Rp593 jutaan.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 15

Tapi bagi konsumen yang menginginkan semua fitur dan teknologi yang ditawarkan pada mobil ini terdapat pada varian Dakar berpenggerak empat roda. Sedangkan harga Mitsubishi Pajero Sport 2020 varian tertinggi ini dibanderol Rp702 jutaan.

Ganti Mitsubishi Pajero Sport 2021?

Kemunculan facelift Pajero Sport di Thailand beberapa waktu lalu memperkuat harapan facelift Mitsubishi Pajero Sport 2021 di Indonesia. Awalnya diprediksi masuk tahun ini, Mitsubishi malah memperkenalkan Mitsubishi Xpander Black Edition dan Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fostgate Black Edition.

Ubahan yang diberikan cukup signifikan meski bernama facelift. Desain depan terasa lebih tegas dengan desain Dynamic Shield milik Mitsubishi dimana lampu depan disematkan pada bagian bawah, layaknya Mitsubishi Xpander.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 16

Grille dengan aksen chrome dibuat lebih besar, disandingkan dengan lampu DRL yang lebih sipit dan disematkan lebih menyudut. Tampilannya yang sporty terlihat dari skid plate dan desain velg baru.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 17

Revisi varian pada spoiler belakang terlihat lebih menyudut pada sisi samping dan stoplamp yang tak begitu panjang dibandingkan edisi sebelum facelift. Bumper masih sama, namun memperlihatkan difusser yang dibuat lebih mengotak.

Di dalam, model baru mendapatkan layar sentuh 8.0 inci dengan konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Varian tertingginya sudah mendapatkan sistem navigasi TomTom dan layar instrument digital. Ada ruang penyimpanan baru di bawah persneling dengan pintu belakang power tailgate.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 18

Varian entry level Pajero Sport 2021 termasuk Hill Descent Control Trailer Stability Control, Rear Parking Sensors, kamera belakang, empat USB Ports, soket 220-volt, soket HDMI dan tiga outlet 12-volt, serta kursi berbahan fabric.

Perubahan paling besar yang mungkin akan diterima oleh Mitsubishi Pajero Sport 2021 adalah penambahan sistem keselamatan, dengan tujuh airbag dan Forward Collision Mitigation. Ada pula Blind-spot Monitoring System ditambah dengan Lane-Change Warning.

Beda Varian Mitsubishi Pajero Sport di Indonesia, Model Baru Siap Meluncur? 19

Hanya saja perubahan kosmetik yang ditawarkan tak mempengaruhi mesin yang diberikan. Mitsubishi Pajero Sport 2021 masih mempertahankan mesin MIVEC 2.4T berteknologi turbo dengan tenaga mencapai 181 PS dan 430 Nm torsi maksimal.

Dengan berbagai teknologi baru yang ditawarkan, tak menutup kemungkinan harga Mitsubishi Pajero Sport 2021 akan dibuat lebih tinggi dibandingkan saat ini.

Kesimpulan

Berbagai varian Mitsubishi Pajero Sport 2020 yang ditawarkan memberikan keleluasan tersendiri bagi konsumen sesuai dengan kebutuhannya. Dimana varian menengah sudah mendapatkan berbagai teknologi keselamatan Pajero Sport. Dan tentu saja, besar kemungkinan facelift Mitsubishi Pajero Sport 2021 siap menyapa konsumen Indonesia tahun depan.

Bent Aulia

Penyuka sejarah dan film, di belakang laptop sebagai penulis baru di ranah otomotif.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil