window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bedah Fitur Toyota Hiace, Mobil Komersial Terdepan Dikelasnya

Mark Jacob · 14 Jul, 2020 08:00

Bedah Fitur Toyota Hiace, Mobil Komersial Terdepan Dikelasnya 01

Bicara mobil komersial yang ada di Indonesia, saat ini Toyota Hiace boleh merasa sedikit jumawa. Pasalnya, mobil berpenumpang 12 orang ini menjadi mobil komersial terdepan dikelasnya. Dengan harga Toyota Hiace Rp537 jutaan, fitur Toyota Hiace bisa dibilang cukup berlimpah. Lantas, apa saja yang menjadi keunggulan dari mobil yang satu ini?

Fitur Toyota Hiace

Eksterior Toyota Hiace

Jika dilihat dari luar, Toyota Hiace memiliki dimensi yang cukup besar. Panjangnya mencapai 5.380 mm, lebar 1.880 mm dengan tinggi 2.285 mm. Jarak sumbu rodanya pun cukup panjang, 3.110 mm dengan bobot 2 ton. Jika dilihat dari bagian depan, Toyota Hiace terlihat cukup gagah. Bahkan ada yang menyebut jika wajahnya mirip dengan Toyota Alphard.

Lampu depannya masih memakai halogen, dengan gril besar yang dipadu warna hitam dan silver. Di bagian bawah bumper, terdapat lampu kabut yang masih memakai bohlam. Di sisi samping, Toyota Hi ace memiliki pintu geser bagian tengah yang memudahkan akses masuk bagi penumpang. Jika dilihat dari bagian samping, atapnya terlihat lebih naik ke atas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bedah Fitur Toyota Hiace, Mobil Komersial Terdepan Dikelasnya 01

Hal ini membuat ruang kepala bagi penumpang sangatlah luas. Bahkan penumpang bisa berdiri dengan leluasa di dalam kabin. Bagasinya di bagian belakang pun juga masih bisa mengakomodir koper dan tas berukuran besar. Tak heran jika Toyota Hiace ini cukup digemari sebagai kendaraan travel.

Interior Toyota Hiace

Walaupun ini adalah sebuah mobil komersial, akan tetapi interiornya dibuat cukup oke dan terlihat modern. Dashboardnya terdiri dari dua warna, beige dan hitam yang membuat kesan interior menjadi elegan. Pengaturan AC nya pun terdiri dari 5 pengaturan yang bisa disesuaikan bagi penumpang di depan. Sementara di bagian pengemudi, setirnya sudah dapat pengaturan teleskopik dan tilt steering.

Bedah Fitur Toyota Hiace, Mobil Komersial Terdepan Dikelasnya 02

Hal ini membuat fitur Toyota Hiace menjadi lebih baik dibanding kompetitornya. Tak selesai sampai disitu, tampilan instrument clusternya pun dibuat informative dan stylish yang mempermudah pengemudi membaca keadaan mobil.

Mesin Toyota Hiace

Soal mesin, Toyota Hiace menggendong mesin Diesel berkode 1GD-FTV yang sama dengan Toyota Hilux. Mesin ini berkapasitas 2.755 cc, 4 silinder, DOHC, VNT Turbo intercooler. Tenaga yang dihasilkan mencapai 155 hp @3.600 rpm dengan torsi maksimal di angka 450 Nm @1.600-2.200 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian belakang dengan transmisi manual 6 percepatan.

Fitur Toyota Hiace

Fitur Toyota Hiace bisa dibilang juga cukup lengkap. Mobil ini dibekali dengan fitur rem cakram dengan ABS dan brake assist. Fitur tersebut akan memastikan mobil Hiace melakukan pengereman dengan maksimal. Selain itu, ada juga vehicle stability control, hill start assist dan seatbelt 3 titik bagi setiap penumpang di dalam mobil.

Bedah Fitur Toyota Hiace, Mobil Komersial Terdepan Dikelasnya 03

Toyota seakan tahu betul bagaimana membuat penumpangnya merasa aman dan nyaman. Sehingga Toyota Hiace dibekali dengan fitur keamanan cukup baik dibanding kompetitornya. Fitur terakhir yang ada pada Toyota Hiace adalah emergency brake signal. Fitur ini memungkinkan untuk memberikan peringatan lewat lampu hazard yang akan menyala otomatis pada saat pengereman mendadak.

Hal ini dapat memberitahukan informasi bagi pengemudi di belakang mobil Hiace. Fitur lain yang tak kalah penting adalah pengaturan spion yang sudah dapat dilakukan secara elektronik untuk spion kiri dan kanan. Pada spion kanan terdapat supplemental mirror untuk memperluas pandangan ke arah belakang.

Bedah Fitur Toyota Hiace, Mobil Komersial Terdepan Dikelasnya 04

Ruang penyimpanan pada Toyota Hiace juga termasuk banyak dan lengkap. Pada bagian atas kabin depan terdapat ruang penyimpanan ditambah dengan adanya console tray. Masih ada juga overhead console yang bisa digunakan untuk menyimpan kacamata. Sedangkan di bagian belakang juga terdapat tempat penyimpanan minuman pada doortrim.

Kesimpulan

Mobil Hiace Toyota yang ditawarkan dengan 3 varian warna mulai dari beige metallic, white dan silver metallic ini memang memiliki harga yang cukup mahal. Akan tetapi, nilai yang didapatkan cukup baik dari segi fitur, keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Bedah Fitur Toyota Hiace, Mobil Komersial Terdepan Dikelasnya 05

Biaya perawatannya pun juga cukup murah untuk ukuran mobil komersial yang digunakan untuk keperluan bisnis. Sehingga pengeluaran untuk perawatan tidak terlalu besar.

Sebagai mobil komersial, fitur Toyota Hiace yang dimilikinya ini menjadi kelebihan tersendiri di kelasnya. Tak heran banyak perusahaan membeli mobil satu ini untuk digunakan sebagai armada tempur.

Spesifikasi Teknis Toyota Hiace
Dimensi Panjang 5.915 mm, Lebar 1.950 mm, Tinggi 2.280 mm
Mesin 1GD-FTV (2.755 cc, 4 silinder, DOHC, VNT Turbo)
Tenaga 155 hp @3.600 rpm
Torsi 450 Nm @1.600-2.200 rpm
Transmisi Manual 6 percepatan
Rem depan Cakram
Rem belakang Cakram
Velg 16 inci / 235-65
Suspensi depan MacPherson Strut
Suspensi belakang Torsion beam with leaf spring
Harga Toyota Hiace OTR Jakarta Rp537 juta

Mark Jacob

Tergila-gila dengan mobil tua, apalagi buatan Eropa. Pastinya suka berteman dengan mobil yang boros, dan pintunya cuma dua.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil