Bedah Fitur Unggulan Hyundai Staria 2021 yang Bikin Pemilik Alphard Nangis

Prasetyo · 10 Sep, 2021 15:08

Hyundai Staria 2021

Hyundai Staria 2021 dianggap menjadi saingan serius bagi Toyota Alphard. Pasalnya Alphard selama ini begitu menguasai pangsa pasar MPV premium di Indonesia. Sementara Honda melalui Odyssey tak mampu mengejar. Disatu sisi, Nissan pun tak lagi menjual Elgrand.

Dengan harga mulai dari Rp888 juta hingga Rp1,02 miliar, sebenarnya harga Hyundai Staria masih lebih murah dari Toyota Alphard. Tapi apakah fitur-fiturnya juga masih mending yang disodorkan Toyota? Salah!

Perbandingan Harga
Hyundai Staria Toyota Alphard
Tipe Harga Tipe Harga
Staria Signature 9 Rp888.000.000 2.5 X Rp1.065.450.000
Staria Signature 7 Rp1.020.000.000 2.5 G Rp1.219.850.000
    3.5 Q Rp1.990.450.000

Hyundai ternyata begitu royal menawarkan kelengkapan fitur untuk kemudahan pengendara dan penumpang Staria. Termasuk juga fitur-fitur keselamatan baik aktif maupun pasif. Mau tau? Nih hasil pengalaman kami seharian bersama Hyundai Staria Signature 7 dalam acara "Driving Experience with Staria", Kamis (09/09/2021).

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Ini Perbedaan Hyundai Staria Signature 7 dengan Signature 9, Kapasitas Sedikit Harga Lebih Mahal

Buka Pintu dan Jendela Gak Perlu Pencet Tombol

Hyundai Staria 2021 -1

Semua pintu bisa terbuka otomatis

Mari kita bahas dari sisi eksterior terlebih dulu. Hyundai Staria 2021 rupanya menyajikan fitur unggulan yang tak ada di kompetitornya. Yakni mobil ini dibekali smart key yang terkoneksi dengan pintu dan jendela mobil.

Saat Anda mengantongi kunci di saku celana atau baju dan berdiri di dekat mobil selama beberapa detik, maka pintu geser elektrik akan membuka secara otomatis. Tak cuma itu, jika Anda posisinya berdiri di dekat bagasi belakang sembari mengantongi kunci, maka sistem power back door juga akan membuka secara otomatis tanpa Anda perlu melakukan gerakan apapun.

Hyundai Staria 2021 -2

Pintu gesernya juga ada sensor demi keselamatan penumpang

Jika sewaktu-waktu pintu tak bisa membuka otomatis akibat satu dan lain hal, Anda juga masih bisa membukanya secara remote melalui tombol unlock di smart key tersebut.

Pencet dan tahan tombol unlock nantinya kedua pintu geser, kedua jendela penumpang depan, dan pintu bagasi akan membuka otomatis secara bersamaan dari jarak jauh.

Baca juga : Toyota GranAce 2021, HiAce Rasa Alphard untuk Melawan Hyundai Staria

Fitur Keselamatannya Lebih Lengkap dari Toyota Alphard

Hyundai Staria 2021 -3

Banyak fitur untuk mencegah pengemudi terlibat kecelakaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dari sisi harga, Staria sebenarnya masih lebih murah dari Toyota Alphard. Namun soal fitur keselamatan, Hyundai menawarkan jauh lebih lengkap ketimbang Alphard.

Mislanya Staria sudah punya fitur Lane Following Assist (LFA). Fitur ini secara otomatis menjaga mobil tetap melaju di tengah jalur marka jalan. LFA kemudian ditopang pula fitur Lane Keeping Assist (LKA) yang akan memberikan peringatan visual, audio, dan kendali otomatis apabila mobil mulai keluar dari jalur marka.

Selanjutnya ada fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA). Fitur ini akan aktif mencegah adanya risiko tabrakan dari depan atau samping. Jika diperlukan, mobil akan secara otomatis melakukan pengereman apabila jarak dengan kendaraan terlalu dekat.

Hyundai Staria 2021 -4

Ada adaptive cruise control dan paddle shift juga

Bukan cuma itu, fitur Hyundai Staria lainnya adalah Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA) dan Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW). Kedua fitur ini akan memberi peringatan kepada pengemudi jika ada kendaraan lain dari arah belakang apabila hendak berpindah lajur. Bahkan mobil akan melakukan pengereman otomatis manakala jarak dengan kendaran lain di sisi kanan atau kiri terlalu dekat.

Fitur lainnya yang juga ada yakni Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW), Surround View Monitor (SVM), serta Hill-Start Assist Control (HAC).

Baca juga : Harga Sama, Mana Lebih Mewah Antara Honda Odyssey atau Hyundai Staria?

Penumpang Belakang Begitu Dimanjakan

Hyundai Staria 2021 -5

Jok baris kedua bisa rebah hingga posisi seperti ini

Kalau tadi soal perangkat keselamatan, maka yang kini kita bahas tentang fitur kenyamanan. Posisi duduk terbaik di Hyundai Staria 2021 adalah pada jok baris kedua. Karena untuk tipe Hyundai Staria Signature 7, bada jok penumpang baris kedua sudah terdapat fitur Premium Relaxation Seats.

Jok ini dapat diatur posisinya untuk direbahkan senyaman mungkin. Selain tiu juga ada penyangga kaki yang bisa diatur kemiringan dan posisinya sesuai ukuran tubuh Anda. Kemudian kursi ini juga ada fitur pemanas dan ventilasinya. Dan semua itu dapat diatur secara elektrik.

Hyundai Staria 2022 -6

Ada tirai di setiap jendela

Kalau ingin ruang kaki yang lebih lapang, Anda tinggal mundurkan posisi jok. Karena jok baris kedua juga ada fitur sliding hanya saja pengaturannya masih manual meskipun tidak sulit untuk memajumundurkannya. Dan satu lagi yang terpenting, untuk penumpang belakang juga ada pengaturan AC independent serta panoramic roof.

Menikmati perjalanan dengan rute Jakarta-Bandung-Jakarta pun jadi sangat nyaman ada di kursi penumpang Hyundai Staria.

Baca juga : Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana MPV Mahal yang Paling Unggul?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Hyundai Staria Signature 9

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru