window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman

Prasetyo · 27 Okt, 2022 18:02

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman 01

  • Mitsubishi Xpander Cross 2022 punya suspensi baru.
  • Ground clearance mobil ini cukup tinggi, tapi pengendalian tetap nyaman.
  • Ada tambahan komponen lain dan fitur baru juga yang jadi rahasianya.

Mobil yang masuk kategori SUV (Sport Utility Vehicle) biasanya memiliki ciri khusus. Antara lain berpenampilan gagah dengan pahatan desain tubuh yang maskulin, serta ground clearance yang relatif lebih tinggi dibanding mobil jenis city car, sedan, bahkan MPV.

Nah satu dari beberapa SUV terbaru yang ada di Indonesia adalah Mitsubishi New Xpander Cross. Low SUV berkonfigurasi 7 penumpang itu baru resmi diperkenalkan saat berlangsungnya GAIKINDO Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 di BSD City, Tangerang, Agustus lalu.

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman 02

Resmi rilis di GIIAS 2022

Walau sejak lahir Xpander Cross masih punya "trah" dari versi LMPV-nya yakni Xpander, tapi tetap saja ia bergenre SUV. Sehingga Mitsubishi pun membubuhkan cita rasa lebih kekar dan sejumlah tambahan fitur untuk memperkuat fungsi kendaraan itu sebagai mobil petualang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Naik Rp9 Jutaan, Ini yang Baru di Mitsubishi Xpander Cross Facelift 2022 Dibanding Versi Lamanya

Suspensi Baru Bikin Mitsubishi Xpander Cross 2022 Lebih Tinggi

Kali ini kita tak akan membahas pembaruan secara umum yang terlihat di sisi eksterior dan interior pada New Xpander Cross. Namun lebih spesifik ke sektor kaki-kaki dan pengendaliannya. Sebab LSUV berlogo tiga berlian itu sekarang mendapatkan perbaikan pada suspensi belakang.

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman 01

Sistem suspensi baru New Xpander Cross

Mitsubishi memasang shock absorber milik Pajero Sport yang diameternya lebih besar dibanding bawaan Xpander Cross sebelumnya. Kondisi ini membuat ground clearance Xpandre Cross sedikit lebih tinggi dibanding LSUV 7 seater lain.

Perbandingan Ground Clearance LSUV 7 Seater
Mitsubishi Xpander Cross Toyota Rush Suzuki XL7
225 mm 220 mm 200 mm

Tapi demi membuat bantingan yang dirasakan pengemudi dan penumpang lebih nyaman, terpasang pula katup-katup yang biasanya digunakan oleh mobil-mobil sedan premium Eropa.

"Pada bagian shock absorber juga ada perubahan valve sehingga kualitas redaman lebih optimal," jelas Arif Dwianto, Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dalam keterangan resminya.

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman 02

Shock belakang lebih besar

"Biasanya mobil dengan groundclearance tinggi akan sangat berdampak pada kenyamanan. Namun berkat penggunaan dan penyempurnaan suspensi tetap bisa memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan penumpang New Xpander Cross," lanjut Arif.

Baca juga: Operasi Plastik, Mitsubishi New Xpander Cross Kini Adopsi Banyak Komponen Pajero Sport

Tetap Nyaman Bermanuver di Jalan Licin

Bukan cuma pemakaian suspensi dan turunan komponen lainnya yang baru, tapi Mitsubishi Xpander Cross 2022 juga disematkan teknologi baru. Namanya Active Yaw Control (AYC) yang mampu memberikan jaminan pengendalian di medan jalan licin.

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman 03

Fitur AYC sangat berperan saat menghadapi jalan licin

Fitur keselamatan berkendara yang sejatinya ada di sebuah Mitsubishi Lancer Evolution ini bisa membuat pengemudi makin presisi ketika berkendara. Fitur bakal bekerja memberikan pengereman otomatis ketika pengemudi menikung baik di jalan kering atau basah.

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman 04

Indikator ketika AYC bekerja akan muncul di panel instrument pengemudi

Sisi roda bagian dalam akan memberikan pengereman sehingga kontrol setir dapat terus terjaga. Pada saat fitur ini aktif, akan ada indikator di panel instrumen.

Baca juga: 7 Hal Menarik dari Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bukan Cuma Luarnya Aja yang Berubah

Pakai Insulator Tambahan Biar Kabin Lebih Kedap

Masih seputara bagian kolong mobil, New Xpander Cross ternyata juga memiliki kabin yang lebih kedap suara. Rahasianya ada dari penggunaan insulator di bawah bonnet dan di belakang mesin pada body mobil.

Bedah Racikan Suspensi Mitsubishi Xpander Cross 2022, Bodi Jangkung Tapi Tetap Nyaman 05

Layout kokpitnya mirip Pajero Sport

Terdapat juga bullhead yang dipasang pada setiap sisi untuk mencegah kebisingan saat membuka pintu. Bukan cuma itu, mobil ini juga mendapatkan peredam suara yang terpasang pada undercover di bawah mesin.

Gimana, jelas kan kenapa Mitsubishi Xpander Cross 2022 lebih nyaman dari sebelumnya.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Mitsubishi Xpander Cross MT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil