window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM

Prasetyo · 18 Des, 2022 12:02

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM 01

Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia sudah ada sejak 2003. Tak heran kalau populasi dua kembar ini begitu masif hingga ke seluruh pelosok Tanah Air. Tak heran kalau julukan Mobil Sejuta Umat pun melekat pada mereka.

Untuk Anda yang masih menggunakan Avanza-Xenia generasi pertama atau kedua tentu jangan berkecil hati ketika All New Avanza generasi ketiga diluncurkan. Meski dari sisi teknologi tertinggal cukup jauh, tapi dari sisi efisiensi bahan bakar, Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia lawas masih bisa diandalkan.

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM 02

Avanza generasi pertama

Nah biar bisa lebih irit BBM, Daihatsu kasih tipsnya buat Anda. Supaya ketika menggunakan mobil ini buat liburan akhir tahun bersama keluarga bisa makin hemat pengeluaran.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Pilihan Mobil Baru Buat Liburan Akhir Tahun, Daihatsu Xenia Harganya Lebih Bersahabat

1. Isi Tangki BBM Penuh

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM 01

Jangan lupa isi full tank sebelum jalan

Sebelum melakukan perjalanan pakai Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia lama pastikan kendaraan tersebut diisi bahan bakar minyak (BBM) sampai full tank. Tentunya ini guna menjaga mobil tidak kehabisan bahan bakar di perjalanan sebelum mencapai tujuan.

Perlu diingat, ketika musim liburan seperti Natal atau Tahun Baru biasanya rute ke lokasi-lokasi pariwisata bahkan jalan tol luar kota cenderung lebih padat. Jadi jangan sampai akibat kehabisan bensin, Anda kerepotan di jalan.

2. Pastikan Tekanan Angin Ban Sesuai Rekomendasi

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM 02

Pastikan tekanan ban sesuai standar pabrikan

Langkah berikutnya periksalah bagian roda kendaraan. Pastikan keempat ban mobil Anda sudah terisi tekanan angin yang sesuai rekomendasi pabrikan. Karena kalau tekanan angin ban kurang, maka bisa membuat konsumsi BBM lebih boros.

Mengapa demikian? Karena kendaraan yang bagian roda tidak terisi udara cukup, akan menopang beban lebih berat. Akibatnya, kendaraan harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk berjalan. Sehingga BBM bisa lebih cepat terkuras.

Baca juga: Pilihan Mobil Baru Buat Liburan Akhir Tahun, Wuling Cortez Tawarkan Kenyamanan dan Fitur Berlimpah

3. Jaga Irama Berkendara

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM 03

Jangan ugal-ugalan di jalan

Berkendara dengan irama yang stabil atau konstan meksipun dalam waktu lama bisa membuat BBM lebih irit selama di perjalanan. Berbeda jika Anda mengemudi dengan irama tidak teratur (kadang cepat kadang lambat), hal ini bisa menyebabkan bahan bakar cepat habis. 

Oleh karena itu, pastikan untuk menjaga irama mengemudi selama berada di perjalanan. Jangan terlalu cepat mengebut kemudian tiba-tiba melakukan deselerasi secara mendadak. Karena hal ini juga menyebabkan kendaraan lebih terpacu untuk menghabiskan bahan bakar.

4. Ganti Gigi di RPM Rendah

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM 04

Jangan oper gigi di rpm tinggi

Kalau Toyota Avanza atau Daihatsu Xenia Anda bertransmisi manual, perhatikan saat proses mengganti posisi gigi. Pastikan lakukan perpindahan gigi di RPM rendah (kurang dari 3.000 rpm).

Karena jika kendaraan sering mengalami keterlambatan perpindahan gigi, atau baru oper gigi di rpm tinggi, hal ini bisa berdampak pada terkurasnya BBM. Karena kendaraan mengalami laju yang kurang mulus, dan kurang mendapatkan gaya dorong yang cukup.

Baca juga: Ada Promo Daihatsu Akhir Tahun 2022 Nih, Bayar Rp3 Juta Bawa Pulang Xenia Baru

5. Gunakan Fitur ECO Indicator

Begini Cara Bikin Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia Lawas Makin Irit BBM 05

Eco Indicator

Tips bikin irit Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang terakhir adalah manfaatkan fitur ECO Indicator saat berada di perjalanan. Fitur yang satu ini membantu kendaraan untuk mengaktifkan fasilitas berkendara hemat yang irit biaya dan irit BBM. 

Nantinya, fitur ECO Indicator ini menyebabkan kendaraan berjalan dengan lebih stabil. Selain itu, nantinya Anda juga bisa berkontribusi dalam mewujudkan perjalanan traveling yang ramah lingkungan.

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2022 Daihatsu Xenia 1.3 M MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil