window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Melepas Emblem Mobil yang Benar, Jangan Sampai Meninggalkan Bekas Ya!

Prasetyo · 6 Agu, 2021 14:00

Cara Melepas Emblem Mobil

Emblem mobil merupakan satu dari beberapa tanda perbedaan antara jenis mobil tertentu. Selain logo perusahaan otomotif tersebut, emblem juga biasanya berupa kode, angka, atau tulisan dari tipe mobil.

Contohnya pada Toyota Avanza, Anda akan menemukan beberapa emblem di mobil ini. Seperti logo Toyota, tulisan "AVANZA", tipe Avanza yang dimaksud misalnya "G", "E", "Transmover", "Luxury" atau "VELOZ", dan "Dual VVT-i" yang menunjukkan teknologi di mobil tersebut.

Cara Melepas Emblem Mobil -1

Emblem mobil mewah seperti ini biasanya tetap dibiarkan terpasang

Pada beberapa orang keberadana emblem mobil ini tak jadi persoalan. Namun ada juga yang merasa emblem yang terpasang terlalu berlebihan dan sedikit mengganggu penampilan eksterior mobil. Karenanya ada hasrat tuk melepasnya sebagian atau bahkan seluruh emblem yang ada di kendaraan itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Melepas emblem mobil memang bukan perkara sulit, tapi kalau tidak dilakukan secara hati-hati dan paham tekniknya, maka sisa-sisa double tape atau bahan perekat di bagian belakang emblem akan membekas di permukaan cat mobil. Kalau sudah begini yang ada malah bikin runyam.

Cara Melepas Emblem Mobil -2

Cukup pakai benang nilon untuk menjahit pakaian

Nah supaya emblem yang dianggap mengganggu itu bisa terlepas tapi tetap tak meninggalkan bekas di bodi mobil, yuk ketahui cara melepas emblem mobil yang aman berikut ini.

1. Siapkan Benang dan Minyak Kayu Putih

Pertama-tama yang perlu Anda siapkan adalah peralatannya. Gak banyak kok dan bisa pakai peralatan sehari-hari di rumah. Yaitu cukup siapkan benang nilon yang tidak terlalu tebal kemudian gunting secukupnya. Serta jangan lupa siapkan minyak kayu putih dan lap microfiber yang bersih dan kering.

Baca juga : Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Mudah Merawat Transmisi Matic dan Manual

Cara Melepas Emblem Mobil -3

Lepas emblem satu per satu secara perlahan

2. Copot Emblem Mobil Pakai Benang

Kalau semua peralatan sudah siap, maka gunakan benang untuk melepas emblem. Cara mencopot emblem mobil pakai benang yaitu lilitkan ujung benang ke satu jari tangan Anda sebelah kiri. Kemudian bentangkan dan lilitkan ujung lainya ke jari telunjuk sebelah kanan.

Kemudian selipkan benang nilon di antara emblem dan permukaan cat bodi mobil. Lalu gerakkan ke kanan dan kiri seperti gerakan menggergaji. Cara ini ampuh untuk memotong lapisan perekat atau double tape yang biasanya dipakai untuk merekatkan emblem. Lakukan cara ini sampai emblem benar-benar copot.

Cara melepas emblem mobil -5

Gunakan minyak kayu putih untuk membersihkan sisa double tape

3. Bersihkan Sisa Double Tape Pakai Minyak Kayu Putih

Saat emblem sudah terlepas dari bodi mobil, mungkin saja ada sisa-sisa perekat yang masih menempel di permukaan cat. Gak perlu khawatir, tinggal gunakan minyak kayu putih untuk menghilangkannya.

Caranya tuangkan sedikit minyak kayu putih ke ujung jari tangan atau ke kain lembut. Kemudian usapkan secara perlahan dengan gerakan memutar ke permukaan cat yang masih ada sisa double tape. Lakukan sampai semua sisa perekat bersih. Kemudian jangan lupa lap lagi dengan kain microfiber yang kering untuk menghilangkan sisa-sisa minyak kayu putih.

Nah bagaimana, gak sulit kan cara melepas emblem mobil mu biar tampil sedikit berbeda dari mobil lainnya? Semoga bermanfaat ya!

Baca juga : Nih Cara Mengetahui Perbedaan Velg Ori dan Replika Biar Gak Ketipu Pedagang Culas

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2022 Toyota Avanza 1.3 E M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil