window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Merawat Kaki-kaki Mobil Pick Up Kalau Sering Bawa Muatan Banyak

Prasetyo · 11 Agu, 2021 10:11

Merawat Mobil Pick Up

Mobil jenis pick up memang ditakdirkan sebagai kendaraan pekerja keras. Meskipun kapasitas muatannya di atas kertas sudah ditentukan, tapi tak jarang pemiliknya menambah beban angkut kendaraan ini. Tujuannya tentu agar mobilitas antar jemput barang jadi lebih efisien.

Tapi kalau sering bawa muatan melebihi kapasitas angkut, maka perlu diwaspadai komponen-komponen mobil jadi lebih cepat rusak. Utamanya di bagian kaki-kaki seperti velg dan ban. Untuk itulah perlu merawat kaki-kaki mobil pick up yang optimal supaya kendaraan tersebut tetap bisa menjalankan tugasnya memutar roda usaha Anda.

Jangan Biarkan Ban Kurang Angin

Merawat Kaki Kaki Mobil Pick Up -1

Waspadai juga jika mobil kerap lewati medan ekstrim

Hariadi, Asst. To Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membagikan beberapa tips dalam merawat kaki-kaki mobil pick up. Yang pertama adalah tekanan angin ban. Ia menyarankan jangan sampai mobil mengalami tekanan angin yang kurang pada satu atau keempat bannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Menurutnya, jika ban kekurangan tekanan angin akan membuat permukaan ban yang bergesekan dengan jalan bertambah lebar. Pada kondisi ini akan membuat konsumsi BBM jadi lebih boros dan mesin dipaksa bekerja lebih keras.

Merawat Kaki Kaki Mobil Pick Up -2

Ban yang kempis bikin mobil lebih boros BBM

Sebaliknya kalau menggunakan tekanan angin berlebih akan membuat ban jadi lebih keras. Situasi ini pun membuat ban tidak mampu memberikan peredaman yang baik, serta fungsi pengereman dapat berkurang. Apalagi kalau di jalan yang licin atau basah.

Jangan Biarkan Ban Botak

Hal selanjutnya yang disarankan oleh Hariadi adalah rutin mengecek permukaan tapak ban. Jika ban terlihat sudah mulai botak atau tapak bannya aus maka jangan menunda untuk ganti dengan ban baru.

Merawat Kaki Kaki Mobil Pick Up -3

Ban yang botak sumber malapetaka

"Mengecek usia ban juga penting dan disarankan tidak menggunakan ban yang sudah kadaluarsa atau ban yang berusia lebih dari 6 tahun," katanya.

Mobil Pick Up Juga Butuh Spooring balancing

Terakhir jangan lupa juga untuk rutin melakukan spooring serta balancing. Jangan pernah mengaggap hanya mobil penumpang saja yang perlu melakukan dua kegiatan ini.

Merawat Kaki Kaki Mobil Pick Up -4

Mobil Pick Up juga butuh spooring balancing

Sebab Spooring dapat meluruskan kembali dudukan empat roda mobil seperti saat baru keluar dari pabrik. Sedangkan balancing dilakukan untuk menyesuaikan atau menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda.

"Selain memperhatikan muatan, pemilik Carry Pick Up juga kami disarankan untuk melakukan servis berkala ke bengkel resmi Suzuki agar mesin mampu bekerja secara optimal untuk jangka waktu yang lama," tutup Hariadi.

Baca juga : DFSK Super Cab vs Esemka Bima, Pilih Mobil Pick Up Murah dari Cina atau yang Lokal?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Suzuki Carry Flat Deck

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil