window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Mudah Mengecek dan Mengganti Platina Toyota Starlet Biar Gak Mogok di Jalan

Enda · 12 Sep, 2021 16:08

Begini Cara Mudah Mengecek dan Mengganti Platina Toyota Starlet Biar Gak Mogok di Jalan 01

Mobil zaman dulu alias motuba seperti Toyota Starlet masih mengandalkan platina sebagai salah satu komponen yang ada di dalam sistem pengapian mesinnya.

Fungsi utama platina tentunya untuk menghubungkan dan memutus arus listrik yang mengalir menuju ke kumparan primer pada koil pengapian. Jika tidak ada platina, maka percikan api pada busi sudah pasti tidak akan didapatkan. Dengan begitu, tentunya sampai kapan pun mesin mobil tidak akan menyala.

Untuk mendapati kondisi platina yang selalu prima, berikut kami sampaikan cara mudah mengecek dan mengganti platina Toyota Starlet atau motuba lain yang masih sistem seperti ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Cari Sparepart Hyundai Lawas Mending Pesan ke Dealer atau Beli Online?

1. Cek Kondisi Platina

Begini Cara Mudah Mengecek dan Mengganti Platina Toyota Starlet Biar Gak Mogok di Jalan 01

Mengecek kondisi platina

Mengecek kondisi platina mobil tentunya wajib dilakukan oleh pemilik yang kendaraannya sudah berusia puluhan tahun. Ini agar mobil tersebut tidak mogok di jalan.

Apabila saat pengecekan mengalami keanehan seperti ada benjolan, sebaiknya segera lakukan pergantian bersama dengan kondensornya agar percikan api yang dihasilkan kembali sempurna.

2. Putar Crankshaft Searah Jarum Jam

Begini Cara Mudah Mengecek dan Mengganti Platina Toyota Starlet Biar Gak Mogok di Jalan 02

Putar crankshaft searah jarum jam

Langkah berikutnya, Anda bisa mulai memutar pully poros engkol atau crankshaft searah dengan jarum jam. Putar terus sampai titik pully mengarah ke angka 0 derajat.

Istilah kondisi ini disebut sebagai Top 1. Namun dalam proses ini, sebaiknya perhatikan bagian noken pada distributor. 

3. Kendorkan Baut Pada Platina

Begini Cara Mudah Mengecek dan Mengganti Platina Toyota Starlet Biar Gak Mogok di Jalan 03

Mengendorkan baut platina

Selanjutnya, kendorkan baut pengikat pada platina. Sebagai catatan, dalam mengendorkannya jangan sampai terlalu longgar. Hal ini dimaksudkan agar platina memiliki celah untuk melakukan penyetelan.

Baca juga: Pengemudi Mobil Harus Tahu! 5 Pelanggaran Lalu Lintas Ini Denda Tilangnya Rp500 Ribu

4. Mengukur Ukuran Celah dan Menyetel Platina

Begini Cara Mudah Mengecek dan Mengganti Platina Toyota Starlet Biar Gak Mogok di Jalan 04

Mengukur celah pada platina

Untuk mendapatkan pengapian yang maksimal, kalian diwajibkan mengukur celah pada platina. Umumnya, ukuran standar celah platina adalah 0,4 mm. Jika kalian tidak mempunyai alat untuk mengukur celah platina, sederhananya bisa menggunakan kertas bekas bungkus rokok dengan sedikit memainkan feeling.

Setelahnya, kalian bisa menggunakan obeng minus untuk menyetel platina, caranya dengan tekan coak atau tonjolan dengan obeng minus.

Jika sudah menekan coak atau tonjolan dengan obeng minus, selanjutnya kalian bisa kembali melakukan pengecekan celah platina. Kalau sudah pas dengan ukuran yang diminta, langkah selanjutnya kembali mengencangkan baut.

5. Pasang Delco dan Nyalakan Mesin

Begini Cara Mudah Mengecek dan Mengganti Platina Toyota Starlet Biar Gak Mogok di Jalan 05

Pasang delco dan putar ke kanan dan ke kiri secara perlahan

Apabila pemasangan dan penyetal dirasa sudah pas, kalian bisa kembali memasang tutup distributor atau yang biasa disebut sebagai delco. Setelah itu, coba putar anak kunci untuk menghidupkan mesin.

Jika mesin sudah hidup, kendorkan baut yang ada di distributor pada blok mesin. Lakukan penyetalan dengan cara putar ke kanan dan kiri secara perlahan sambil mendengarkan suara putaran mesin.

Kalau mendapati putaran mesin paling tinggi, selanjutnya kencangkan baut penyetelan pada delco dan matikan mesin lalu hidupkan kembali. Apabila dalam menghidupkan mesin terasa mudah, bisa dipastikan platina berfungsi secara normal.

Baca juga: Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Pada Mobil

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil