window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama

Adit · 25 Agu, 2021 12:00

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 01

Perpanjang SIM di SIM Keliling lebih mudah tapi antrenya lama.

Bagi masyarakat yang masa berlaku SIM atau Surat Izin Mengemudinya hampir habis jangan lupa untuk segera memperpanjangnya. Bila tidak atau lewat sehari saja dari masa berlakunya maka harus bikin SIM lagi mengikuti prosedur penerbitan SIM baru.

Oleh karena itu coba cek lagi masa berlaku SIM Anda. Apabila mendekati batas akhir masa berlakunya, sebaiknya segerakan lakukan perpanjangan SIM. Tak perlu datang ke Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM). 

 

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 02

SIM terbaru yang sudah selesai dicetak.

Baca Juga: Sudah Agustus, Kapan Penggolongan SIM C Motor Diberlakukan?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Sebagai gantinya bisa manfaatkan layanan SIM Keliling yang pelaksanaannya dapat berpindah tempat sesuai kebutuhan masyarakat. Unit kerjanya menggunakan kendaraan yang sudah dimodifikasi bagian interiornya sebagai ruang kerja petugas. 

Umumnya jadwal SIM Keliling diinformasikan melalui media sosial masing-masing Polres. Tapi perlu ingat, SIM Keliling hanya melayani penerbitan perpanjangan SIM A, C, dan D. Jadi tak bisa melayani pembuatan SIM baru. 

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 01

Informasi pelaksanaan SIM Keliling di wilayah Polres Tangerang Selatan melalui media Instagram.

Proses perpanjangan SIM di SIM Keliling relatif lebih mudah dan tidak ribet karena dilakukan dalam lingkup yang kecil. Paling yang jadi kendala adalah waktu tunggu atau menunggu antrean cek kesehatan, verifikasi data, dan foto hingga mendapatkan SIM baru yang cenderung memakan waktu. 

Syarat Perpanjang SIM di SIM Keliling

Seperti misalnya layanan SIM Keliling di ITC BSD yang dilakukan oleh Polres Tangerang Selatan. Lokasi persisnya di arena parkir motor. Masyarakat yang hendak memperpanjang SIM di sana harus membawa sejumlah dokumen dan syarat lain meliputi:

  • KTP beserta salinannya 2 lembar
  • SIM A, C, atau D beserta salinannya 2 lembar
  • Sehat jasmanai dan rohani
  • Membawa alat tulis sendiri karena petugas tidak menyediakan, sekaligus meminimalisir penularan Covid-19 
  • Tidak dapat diwakilkan karena ada proses pengambilan sidik jari dan foto ulang.

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 02

Suasana SIM Keliling di ITC BSD. 

Cara Perpanjang SIM di SIM Keliling

1. Verifikasi Berkas

Setelah semua dokumen tadi lengkap, segera menuju loket pendaftaran. Di sana petugas akan memverifikasi data di KTP dan SIM sekaligus memutuskan apakah masa berlaku SIM dapat diperpanjang atau tidak. 

Bila bisa, selanjutnya Anda akan diberikan formulir pendaftaran dan nomor antrean yang harus diingat. Sebab setiap tahapan perpanjang SIM, petugas akan memanggil nomor antrean bukan nama. Di sini pemohon harus mengantre dengan pemohon lainnya sekitar 5 menit. Bila tidak ada, bisa lebih cepat.     

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 03

Formulir dan bekas yang diperlukan untuk perpanjang SIM.

2. Isi Formulir

Kemudian dilanjut pengisian formulir sesuai data pribadi di KTP. Pada proses ini memakan waktu sekitar 5 menit. 

Baca Juga: Ini Biaya dan Syarat Untuk Pengajuan SIM C I dan SIM C II, Ternyata Tak Terlalu Mahal Loh!

3. Menuju Petugas Kesehatan

Apabila formulir sudah terisi semua selanjutnya menuju meja petugas kesehatan. Pada tahap ini cukup mengumpulkan formulir, kemudian secara bergantian petugas akan memanggil para pemohon SIM sesuai antrean. 

Setelah dipanggil petugas akan mengecek kesehatan tubuh. Tak menyeluruh sebenarnya karena sebatas verifikasi data identitas, tinggi, berat, golongan darah, alamat, tes mata hingga pengecekan suhu tubuh. 

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 04

Mobil SIM Keliling, di dalamnya ada petugas kepolisian yangn mengurus perpanjang SIM.

Paling lama proses ini memakan waktu 5 menit. Namun proses pemanggilannya memakan waktu cukup lama sekitar 30 menit tergantung banyaknya pemohon SIM. 

4. Validasi Data, Rekam Sidik Jari, dan Foto Terbaru

Setelah itu petugas kesehatan akan memberikan berkas tadi, untuk kemudian diserahkan ke kendaraan SIM Keliling. Kemudian antre lagi sesuai nomor urut antrean menunggu dipanggil lagi untuk proses validasi data, rekam sidik jari, pengambilan foto terbaru dan pembayaran di dalam mobil tersebut.

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 05

Pemohon SIM menunggu antrean saat proses perpanjang SIM di SIM Keliling.

Khusus langkah ini pemohon SIM akan dibagi per 10 nomor antrean. Ini sebagai upaya menerapkan protokol kesehatan dan penyesuaian kapasitas tempat yang tidak terlalu besar. 

Estimasi waktu tunggunya juga relatif tidak singkat sekitar 20 sampai 30 menit, karena kemungkinan ada beberapa pemohon yang terhambat proses validasinya, lantaran tak sesuai atau terjadi perubahan data karena telah berpindah alamat tempat tinggal. 

5. Bayar Biaya Perpanjangan SIM

Apabila sudah gilirannya maka petugas kepolisian akan mulai memvalidasi data dan melangsungkan perekaman data identitas. Jangan lupa siapkan uang untuk pembayaran perpanjang SIM. Biaya perpanjang SIM A Rp 150 ribu dan SIM C Rp 135 ribu. 

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 06

Pemohon SIM menunggu proses validasi data, perekaman sidik jari hingga pengambilan foto terbaru.

Jauh berbeda dari seperti yang telah ditetapkan pada lampiran Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Polri. Perpanjang SIM A harusnya Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu. 

Namun petugas mengatakan semua biaya tadi sudah termasuk tarif perpanjangan SIM, premi asuransi, dan tes kesehatan. Sayangnya tidak dirinci besaran tarif untuk asuransi dan tes kesehatannya. Tanda pembayarannya saja tidak diberikan kepada pemohon oleh petugas. 

6. Menunggu SIM Baru Selesai Dibuat

Usai proses foto dan pembayaran selanjutnya pemohon diarahkan keluar mobil kemudian menunggu lagi sampai namanya dipanggil. Yang berarti proses pembuatan dan perpanjangan SIM baru telah selesai. Proses menunggu ini sekitar 5 sampai 15 menit.

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 07

SIM baru yang telah dicetak.

Kesimpulan

Dari tahapan perpanjangan SIM tadi, mulai menaruh berkas awal, menanti panggilan, proses validasi, hingga mendapatkan SIM baru memakan waktu kurang lebih sekitar 1,5 jam. Memang lebih mudah tahapannya namun sesuai pernyataan di atas, prosesnya memakan waktu yang relatif lama. 

Kemungkinan besar karena pemohon perpanjang SIM yang sedang banyak. Kemudian datang tidak awal waktu sehingga mendapat antrean nomor 33. Rekomendasi kami apabila ingin perpanjang SIM di SIM Keliling datanglah sebelum jam operasionalnya.  

Begini Cara Perpanjang SIM A di SIM Keliling, Nggak Ribet Tapi Antre Lama 08

Perpanjang SIM di SIM Keliling membutuhkan waktu 1,5 jam.

Misalnya buka pukul 08.00 pagi, semaksimal mungkin sudah ada di lokasi sekitar pukul 7.50 agar dapat antrean awal. Sehingga tidak menunggu proses penerbitan SIM yang memakan waktu hingga 90 menit lamanya. 

Baca Juga: Pengumuman! Mulai Agustus 2021 Bikin SIM A Baru Wajib Lampirkan Sertifikat Lulus Kursus Mengemudi

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil