Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey

Evan · 10 Sep, 2021 09:00

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 01

Kia Carnival 2022 memang belum secara resmi meluncur di Tanah Air. Namun MPV mewah Korea ini sudah terdeteksi tiba di Indonesia melalui spyshot beberapa pekan lalu. Padahaldi beberapa negara tetangga sudah menjual mobil ini sejak awal tahun, satu diantaranya Thailand. 

Rekan kami di Autofun Thailand pun sudah melakukan pengetesan lengkap dan juga impresi berkendara selama sepekan dengan mobil ini, dan menempuh jarak lebih kurang 500 kilometer. Semoga perwakilan ini bisa memberikan sedikit informasi bagi Anda, apakah Kia Carnival terbaru memang layak ditunggu di Indonesia.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 02

Desain MPV berdimensi besar

Perlu dicatat Carnival di Thailand hadir dengan dua pilihan model, tipe EX dan SXL yang keduanya berbahan bakar diesel yang semuanya diimpor langsung dari Korea selatan (Korsel). Adapun unit yang dites menggunakan varian tertinggi yaitu SXL.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tipe ini menggunakan konfigurasi 8 tempat duduk. Kami tidak menyarankan Anda memilih yang Carnival berkapasitas sebelas tempat duduk. Karena dengan delapan saja sudah sangat nyaman untuk semua penumpang. Termasuk soal posisi mengemudi mobil ini.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 01

Lampu depan futuristis

Beberapa pokok ubahan pada Kia Carnival terbaru.

  • Eksterior sporty dan mewah
  • Kabinnya mampu mengakomodasi hingga sebelas penumpang
  • Mesin diesel 2.2 liter, powerful dan ekonomis
  • Generasi terbaru dan canggih soal keselamatan
  • Fitur melimpah
Harga Kia Carnival Thailand
Kia Carnival Tipe EX 2.2 Diesel 2.144 Juta Baht(Rp935 Juta)
Kia Carnival Tipe SXL 2.2 Diesel 2.459 Juta Baht(Rp1,07 Miliar)

Baca Juga:KIA Carnival 2021 Hadir di Bangkok Motor Show, Selangkah Lagi Masuk Indonesia

Exterior Lebih Sporty di Kelasnya

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 02

MPV yang gagah

Sangat sulit untuk mendesain sebuah mobil dengan ukuran besar agar terlihat cantik dan tetap terlihat proporsional. Jika tidak percaya, coba lihat saingan Carnival seperti Hyundai Grand Starex dan Toyota Majesty yang mayoritas berdesain boxy.

Di generasi Carnival sebelumnya, mobil didesain memiliki ketinggian yang rendah. Tetapi tetap dengan tampilan bulat dan menggembung, sehingga tampilan mobil menjadi kurang sporty. Hal ini sangat berbeda dengan generasi keempat sekarang karena tim desain Kia sudah berhasil membuat MPV yang jauh lebih modern. 

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 03

Beda dari MPV lain

Desainnya lebih ke arah geometris dan sudut-sudut tajam di seluruh bagian mobil. Untuk mengangkat mobil ini ke tingkat yang lebih sproty dari kompetitornya.

Jika anda melihat bagian depan Carnival, proporsi desain mobil telah berubah dengan area gril yang lebih besar. Ubahan pada lampu menjadi guratan dicampur dengan lampu kecil membentuk suatu desain modern.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 04

Peleknya agak kekecilan

Sudut depan roda dirancang lebih pendek, tetapi dengan proporsi kap mesin yang lebih panjang dari sebelumnya. Alhasil sudut kaca depan lebih curam, mirip seperti SUV.

Desain gril tiger nose juga dirombak melalui tambahan pinggiran gril yang dibentuk bergerigi. Hal ini membuat gril mobil menjadi satu kesatuan dengan lampu depan dan LED DRL.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 05

Lampu DRL menyatu dengan gril

Atapnya hadir dengan floating roof yang menyembunyikan tinggi asli mobil. Hal ini membuat kesannya semakin sporty, dengan tambahan shark fin antenna.

Dimensi Kia Carnival 2021
Panjang 5.155 mm
Lebar 1.995 mm
Tinggi 1.775 mm
Wheelbase 3.090 mm

Baca Juga:Giliran KIA Carnival 2021 dan KIA Sorento 2021 yang Segera Meluncur di Indonesia

Kabinnya Luas dan Fungsional

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 06

Interior mewah

Ketika masuk ke kabin dengan bantuan pintu geser elektris, Anda akan disambut dengan kemewahan yang lebih dari generasi sebelumnya, walaupun masih tetap hadir dengan konfigurasi 2+3+3+3 sehingga total dapat menampung sebelas penumpang. 

Ubahan terbesar di kabin adalah posisi konsol depan yang didesain memanjang dari dashboard hinga ke armrest. Di tengah hadir sebuah layar multimedia yang besar dengan tombol dan knob, mudah dioperasikan dan tentu saja sudah layar sentuh.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 07

Dual panoramic sunroof

Beberapa fungsi juga dapat dikontrol dari tombol di setir, walaupun perlu belajar soal letaknya. Meski merupakan model teratas, sayangnya untuk bagian speedometer masih menggunakan kombinasi analog dan digital. 

Tetapi ditengahnya ada layar MID 4,2 inci yang cerah dan cukup informatif. Layar ini juga sebagai penunjuk dan  mengontrol pengoperasian berbagai sistem di dalam kendaraan.

Permainan warna kabin juga menggunakan warna material bumi, seperti abu-abu, hitam, dan ditutup dengan krom. Warna jok dan bagian yang akan disentuh oleh tangan merupakan kuning kecoklatan, serta pada tipe tertinggi terdapat pola berlian pada jahitan di seluruh jok dan pintu. 

Dengan berbagai permainan warna ini, Kia Carnival memberikan kenyamanan bagi penumpang yang duduk dari baris pertama hingga keempat.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 08

Pintu elektris mudah dioperasikan

Mengatur kursi baris depan cukup mudah karena menggunakan elektrik, sedangkan tiga baris kursi sisanya seluruhnya manual. Khusus pada kursi baris kedua dan ketiga dapat digeser ke depan dan belakang sesuai kegunaan. 

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 09

Baris kedua sangat lapang

Ada tombol full convenience di kursi baris kedua, berguna untuk memajukan kursi sebagai akses keluar-masuk penumpang.

Fitur Berlimpah dan Canggih

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 10

Tuas transmisi model knob putar

Kiamemberikan banyak sekali fitur di mobil, antara lain sliding door elektrik, spion tengah auto dimming, setir yang bisa diatur tilt dan teleskopik dan tombol audio juga hadir. 

Untuk kunci bisa ditaruh di area cup holder karena untuk mengaktifkan mesin cukup tekan tombol Start/Stop Engine. Ada juga tuas transmisi yang berbentuk rotary gear khusus pada tipe tertinggi Kia Carnival 2022.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 11

Ada fitur cooler seat

Mobil ini hadir dengan sistem AC triple zone, keyless entry, dan pengaturan AC di baris kedua pada bagian atap yang sudah memiliki sistem filter udara. Ada juga seat memory pada bagian pengemudi dengan dua pilihan, memudahkan ketika ingin mengganti driver.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 12

Sarana hiburan baris kedua

Soal hiburan di kabin juga sangat diperlukan. Kia Carnival menyediakan sistem hiburan yang cukup lengkap. Terdiri dari sistem multimedia dengan layar LCD 12,3 inci, koneksi bluetooth nirkabel, dukungan Android Auto dan Apple CarPlay, navigasi, 6 port pengisian dan 2 stop kontak.

Sistem tata suara cukup mengesankan dengan sistem Bose 12 speaker. Hadir pula heater dan cooler pada kedua kursi depan, wireless charging, dan tablet yang ada dibelakang kedua jok depan. 

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 13

Kabin lega, material premium

Pintu elektris hadir di bagian kiri dan kanan penumpang baris kedua, powerback door, dan 2 sunroof berukuran besar yang bisa dibuka masing-masing.

Mesin Irit BBM

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 14

Irit dan bertenaga 

Baik tipe SXL dan EX menggunakan mesin yang sama yaitu Smart Stream New R 2.200 cc TCI dengan teknologi VGT. Mesin diesel ini menghasilkan tenaga 204 PS pada  3.800 rpm dan torsi maksimum 440 Nm pada 1750-2750 rpm.

Setelah membaca spesifikasinya, mungkin banyak orang yang mengira tenaganya tidak jauh beda dengan mesin generasi ketiga. Tetapi perbedaan terbesar hadir dalam bentuk transmisi otomatis 8 percepatan dengan mode manual, membuat pengantaran tenaga lebih halus.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 15

Akselerasi awal sangat baik

Mesin Carnival merupakan pilihan yang cocok karena mobil ini adalah mobil keluarga. Apalagi Anda akan terkejut melihat tingkat konsumsi bahan bakar di angka 15-16 kilometer per liter. Yang luar biasa adalah angka ini didapat dengan kondisi penumpang dan bagasi penuh.

Manuver ketika berbelok sangat baik untuk ukuran mobil besar. Mobil ini memiliki keasyikan mengemudi. Suspensi depan menggunakan MacPherson Strut dengan coil spring dan anti roll bar. Dibagian belakang hadir multi-link, pegas koil dengan stabilizer.

Dilengkapi juga dengan rem cakram di keempat roda yang memberikan daya henti yang lebih baik dengan bobot mobil ini yang lebih dari 2 ton.

Detail Teknis
Mesin Diesel Turbo
Kapasitas 2.200cc
Tenaga Maksimum Mesin 204 PS
Torsi Maksimum Mesin 440 Nm
Transmisi 8 Kecepatan Otomatis
Suspensi Depan MacPherson Strut
Suspensi Belakang Multi-link
Sistem rem Disc brake keempat roda
Ukuran roda 18 inci 235/60

Baca Juga:KIA Carnival 2021 Jalani Uji Keselamatan, Ini Hasilnya Versi ANCAP

Banyak Fitur Modern di Kia Carnival Terbaru

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 16

fitur keselamatan hadir

Perlengkapan standar yang hadir di kedua varian dalam hal keselamatan adalah tujuh airbag meliputi depan, samping, curtain airbag, dan lutut pengemudi. Selain itu untuk sistem pengereman adalah ABS, brake force distribution including braking reinforcement system dan stability control.

Juga dilengkapi dengan sistem rem tangan elektrik, auto brake hold, sensor parkir, kamera 360 derajat, sistem proteksi pintu elektris, dan struktur bodi baja.

Pada tipe tertinggi ditambah juga adaptive cruise control, blind spot warning system, reversing avoidance collision yang aktif ketika mobil mundur. Ada juga front collision protection system dan full set system yang bertugas mencegah penumpang meninggalkan mobil saat mobil berjalan.

Yang patut diapresiasi adalah hadirnya pengaturan sistem elektris kedua pintu samping tanpa menekan kunci remote. Pemilik hanya perlu berdiri di samping pintu dan mobil akan mengenali, lalu dengan sendirinya akan membuka pintu.

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 17

Bagasi luas ketika baris keempat dilipat

Ada juga powerback door otomatis yang sensornya berada di dekat bagasi, lebih baik daripada generasi sebelumnya yang ada di bawah bemper belakang. Membuka atau menutup powerback door juga bisa dari remote dengan fitur One Touch Remote yang dapat diatur dengan cara menekan dan menahan remote satu kali.

Kesimpulan

Begini Hasil Tes dan Konsumsi BBM Kia Carnival 2022, Lebih Bagus dari Staria dan Odyssey 18

Ciri khas generasi keempat dari samping

Di Thailand, harga Kia Carnival 2022 sekitar 2 juta Baht atau kira-kira Rp872 jutaan. Dengan harga segitu, Anda bisa mendapat mobil keluarga 8-11 penumpang ditambah bagasi yang luas untuk bepergian.

Carnival pun menyediakan fitur yang berlimpah. Masuk dan keluar dari kabin mobil sangat mudah, dengan lantai kabin yang tidak terlalu tinggi sehingga anak-anak dan orang dewasa dapat keluar masuk mobil dengan nyaman. 

Kursi baris kedua dan ketiga bisa dilipat di tengah untuk memungkinkan penumpang berjalan melalui seluruh mobil dengan mudah. Ruang bagasi juga terbaik di kelasnya.

Mesin dieselnya sangat irit dalam berkendara normal dan ketika ingin melaju kencang, transmisi termasuk sigap.

Baca Juga : Kia Rio 2021 Hatchback Unggul dari Negeri Ginseng, Mau Masuk Indonesia? Harga awal diperkirakan Rp277 Juta

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 KIA Carnival Upcoming Version

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru