Begini Jadinya Kalau Mitsubishi Kuda Bangkit Lagi, Keren Nggak?

Adit · 21 Jun, 2022 10:08

Begini Jadinya Kalau Mitsubishi Kuda Bangkit Lagi, Keren Nggak? 01

  • Begini tampang Mitsubishi Kuda reborn, cocok nggak diproduksi massal?
  • Dulu Mitsubishi Kuda hadir menantang Isuzu Panther dan Toyota Kijang.
  • Mitsubishi Kuda disuntik mati pada 2005-2006 karena terbentur regulasi emisi gas buang.

Siapa masih ingat Mitsubishi Kuda? Ya, sebelum ada Mitsubishi Xpander, model inilah yang mengisi segmen mobil MPV di Indonesia. Kala itu kedudukannya untuk bermain bersama Isuzu Panther dan Toyota Kijang Kapsul. Makanya ada opsi mesin bensin atau diesel sebagai pilihan bagi masyarakat. 

Bahkan bukan cuma di Indonesia, mobil dengan desain revolusioner ini juga menjadi bintang di beberapa negara di Asia, misalnya di China dan Filipina dengan nama Adventure, Freeca di Taiwan, juga Jolie di Vietnam. 

Begini Jadinya Kalau Mitsubishi Kuda Bangkit Lagi, Keren Nggak? 02

Mitsubishi Kuda yang ada di Indonesia

Baca Juga: Berburu Motuba Untuk Keluarga; Pilih Isuzu Panther, Toyota Kijang Kapsul atau Mitsubishi Kuda?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907777923-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907777923-0'); });

Hanya saja umurnya tidak bisa panjang lantaran terbentur aturan standar emisi gas buang. Sehingga Mitsubishi Kuda terpaksa disuntik mati pada 2006. Sejak saat itu, Mitsubishi Indonesia tak lagi menawarkan mobil multiguna tersebut. Praktis, Panther dan Kijang tidak punya kompetitor lagi. 

Sejarah mencatat, Kuda melahirkan tiga generasi. Pertama lahir pada 1997 hingga 2000. Kemudian turunannya yang kedua meluncur pada 2001 hingga 2003. Lalu generasi terakhir sebagai edisi penutup dirilis pada 2004. Ubahan paling ketara di generasi ini lampu belakangnya dipindah ke pilar.

@autofun.indonesia Caption: Rajanya Diesel yang Dingin-dingin Empuk#reviewmobil #panthermania #mobilbekas ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Render Mitsubishi Kuda Reborn, Cocok Buat Diproduksi Massal

Namun siapa sangka, setelah 17 tahun menghilang, seorang ahli modifikasi digital Malvin Setiawan, mencoba mengkreasikan sebuah Mitsubishi Kuda generasi terbaru yang lebih modern, sesuai perkembangan zaman, dan utamanya pakai bahasa desain dynamic shield serupa Xpander. 

Begini Jadinya Kalau Mitsubishi Kuda Bangkit Lagi, Keren Nggak? 01

Digimods Mitsubishi Kuda Reborn (Foto: Instagram @malvinsetiawan)

Dari depan wajah gantengnya terpancar apik. Tampangnya sangar sekaligus agresif. Tata letak lampunya serupa Mitsubishi Outlander. Tak heran desainnya lebih tegak dan tegas. Kap mesin juga dibuat tinggi seperti model sebelumnya. Ada laburan hitam pada grille dan bumper lip yang membuatnya sporty. 

Adapun dari samping, Kuda 'Reborn' ini punya desain yang minimalis. Tak ada guratan atau lekukan bodi ekstrem. Untuk menyesuaikan tema MPV bergaya crossover, tak lupa ada bubuhan over fender tipis. Pilar A juga dibuat hitam, pun dengan pilar C yang bagian atasnya di-black out. 

Begini Jadinya Kalau Mitsubishi Kuda Bangkit Lagi, Keren Nggak? 02

Mitsubishi Zinger yang disebut-sebut sebagai penerus Kuda

Baca Juga: Kelebihan Mitsubishi Kuda yang Mengungguli Kijang Kapsul, Mobil Keluarga Seharga Honda ADV150

Ini membuat atapnya seakan-akan mengambang alias floating yang mirip Outlander terbaru. Oh iya tidak lupa untuk model spionnya berupa tangkai yang bercabang dari panel pintu. Sebelumnya disematkan pada bagian sudut pilar A mobil. Entah kenapa padanan desain ini membuatnya cocok untuk dipasarkan. 

Usut punya usut, Malvin mendesain Kuda dengan mengambil basis Mitsubishi Zinger. Apa itu Zinger? Bisa dibilang ini adalah model terbaru penerus Mitsubishi Kuda di China. Karena sejak Kuda diputuskan pensiun, model ini hadir untuk mengisi kekosongan segmen. 

Begini Jadinya Kalau Mitsubishi Kuda Bangkit Lagi, Keren Nggak? 03

Gambar terkaan Mitsubishi Kuda oleh Top Gear Filipina

Ini bukan digital modifikasi yang pertama untuk MPV yang diiklankan oleh Bon Jovi itu. Sebelumnya, Top Gear Filipina juga sempat merilis kreasinya pada 2019 lalu. Desainnya dibuat mengotak namun modern dengan basis Mitsubishi Pajero Sport. Namun sumbu rodanya diperpendek dan ukuran roda 16 inci. 

Wajahnya juga pakai dynamic shield, tapi bukan pakai alis menyipit, melainkan mengambil desain lampu Mitsubishi Kuda generasi kedua seperti daun. Lampunya mengapit grille bilah horizontal, dan di bawahnya terdapat perisai krom yang membuat wajahnya beraksara X khas Mitsubishi terbaru. 

Baca Juga: Mulai Dari Rp35 jutaan, Perhatikan Hal Berikut Sebelum Membeli Mitsubishi Kuda Diesel dan Bensin

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649907953835-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649907953835-0'); });

Komentar

Dapatkan penawaran Anda dalam 24 jam!

2021 Daihatsu Rocky 1.0 R TC MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru