Begini Jurus Jitu Dapatkan Diskon PPnBM Mobil Baru, Nomor 3 Paling Menentukan

Prasetyo · 28 Sep, 2021 14:06

Diskon PPnBM 100%

Diskon PPnBM mobil baru memang sangat menguntungkan bagi masyarakat. Bagaimana tidak, jika diskon PPnBM 100%, maka pembeli mobil baru akan mendapat potongan harga OTR (on The Road) sampai belasan juta rupiah.

Ini karena saat proses pembelian, konsumen itu tidak dikenakan biaya PPnBM yang besarnya antara 10% hingga 40% dari nilai Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB).

Diskon PPnBM 100 -1

Relaksasi PPnBM tidak berlaku selamanya

Tapi ada yang perlu Anda ketahui soal diskon PPnBM ini. Potongan tersebut bisa dinikmati sesuai masa berlakunya yang ditetapkan melalui kebijakan pemerintah. Misalnya diskon PPnBM 100% yang berlaku sampai Desember 2021. Jika masa tersebut sudah lewat maka Anda tak akan dapat lagi penghapusan PPnBM tadi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Lalu bagaimana supaya Anda bisa menikmati diskon PPnBM mobil baru ini? Berikut tips yang dibagikan Auto2000.

Baca juga : Ingat Beli Honda BR-V 2022 Sekarang, Tak Dapat Diskon PPnBM 100 Persen

1. Tentukan Dulu Pilihannya

Diskon PPnBM 100 -2

Pilih dulu mana yang sesuai kebutuhan Anda

Tentunya ada cukup banyak mobil-mobil yang terimbas relaksasi PPnBM. Untuk Toyota saja mislanya, ada Avanza, Rush, Sienta, Yaris, Vios, Raize, Kijang Innova dan Fortuner Diesel. Karena itulah Anda harus tentukan dulu mana yang hendak dibeli. Sesuaikan dengan dana dan kebutuhannya.

2. Bandingkan Mana yang Terbaik

Diskon PPnBM 100 -3

Lakukan komparasi cukup secara virtual

Jika ada dua atau tiga model yang dirasa cocok sesuai kriteria Anda, maka sebaiknya lakukan perbandingan. Untuk proses komparasi ini, Anda bisa manfaatkan aplikasi digital yang umumnya sudah disediakan para pabrikan mobil. Misalnya Auto2000 yang punya platform digital bernama Auto2000 Digiroom. Lakukan perbandingan spesifikasi, fitur, beserta harganya.

3. Pastikan Mobil Ready Stock

Diskon PPnBM 100 -4

Pastikan ketersediaan unit

Jika pilihan sudah kuat, maka langkah selanjutnya adalah pastikan mobil yang diincar ready stock. Sebab dengan demikian unit bisa langsung diantar dan Anda dapat menikmati diskon PPnBM.

Baca juga : Daftar Lengkap Mobil Baru yang Dapat Diskon PPnBM 100 Persen, Kijang Innova dan Fortuner Gak Kebagian

4. Cari Unit yang Tidak Banyak Peminat

Diskon PPnBM 100 -5

Raize satu model Toyota yang sangat banyak peminatnya

Apabila mobil pilihan Anda tidak ready stock maka inden pun tak dapat dielak. Penyebabnya beragam, mulai dari permintaan warna khusus, mengincar model limited edition, atau memang peminatnya terlalu banyak tapi ketersediaan unit masih terbatas.

Untuk menghindari inden yang terlalu lama maka sebaiknya Anda menghindari tiga hal pemicunya tadi. Sebagai contoh, jika menginginkan unit Toyota Avanza GR Limited warna hitam namun inden, maka sebaiknya pilih warna lain seperti silver atau putih. Atau pilih warna hitam namun tipe yang lain.

5. Jangan Tunda Lakukan Booking Fee

Diskon PPnBM 100 -6

Lakukan pembayaran hanya ke rekening resmi pabrikan tersebut

Apabila unitnya sudah dipastikan ada, maka sebaiknya segeralah lakukan booking fee alias tanda jadi. Untuk proses ini Anda bisa ajukan permohonan melalui aplikasi tadi atau bisa juga datang ke dealer terdekat untuk mengisi form SPK (Surat Pemesanan Kendaraan).

Jika membeli secara kredit, siapkan juga persyaratan dokumennya seperti KTP, NPWP, PBB tempat tinggal, rekening tabungan, rekening koran, dan lainnya untuk mempercepat proses ke pihak leasing dan dilakukan survey.

Jika semua proses itu lancar, Anda tinggal tunggu mobil baru itu datang ke rumah Anda.

Baca juga : Imbas Skema PPnBM Baru, Harga LCGC Naik Bulan Depan, Tapi Sedan dan Mobil 4x4 Bisa Lebih Murah

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Toyota Avanza 1.3E MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru