window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini Kerennya Kalau Mobil Jadi Kanvas Seniman Indonesia

Prasetyo · 17 Agu, 2022 17:01

Begini Kerennya Kalau Mobil Jadi Kanvas Seniman Indonesia 01

  • MG5 GT dilukis oleh Muklay.
  • Hyundai Stargazer dilukis The Punten.
  • MG bahkan mendapat Rekor MURI untuk kegiatan seni urban ini.

Otomotif dan seni memang seakan jadi dua bidang yang tak dipisahkan. Hasil kreatifitas modifikasi pada mobil maupun motor, tentu saja melibatkan kreatifitas seorang seniman. Bahkan mobil juga bisa dijadikan kanvas berjalan dari para seniman urban.

Contohnya yang terjadi pada dua pabrikan kendaraan roda empat di Indonesia, yakni MG Motor Indonesia dan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Keduanya merelakan unit MG5 GT dan Hyundai Stargazer untuk dijadikan wadah seniman lokal menuangkan ide kreatifnya.

Baca juga : Bukan Sedan Compact Biasa, Ini Rahasianya MG 5 GT Magnify Paling Banyak Diminati Ketimbang Varian Lain

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

MG5 GT Kolaborasi dengan 77 Seniman Doodle

Begini Kerennya Kalau Mobil Jadi Kanvas Seniman Indonesia 01

MG 5 GT x Muklay

MG Motor Indonesia mengajak 77 seniman doodle untuk menuangkan idenya tentang makna Indonesia di atas MG 5 EV. Selain itu juga seniman urban Muklay menampilkan hasil karyanya di atas permukaan bodi MG 5 GT ke dalam 10 karakter unik.

Kolaborasi yang melibatkan para seniman tersebut mengekspresikan keseruan dalam mengeksplorasi sisi kreatif mereka dalam menerjemahkan kedua mobil MG melalui gambar-gambar yang begitu ekspresif dan penuh imajinasi. Dan kolaborasi ini pun membuat MG Motor Indonesia meraih penghargaan dari MURI sebagai "The Most Doodle Painting in Electric Vehicle".

Begini Kerennya Kalau Mobil Jadi Kanvas Seniman Indonesia 02

MG 5 EV x 77 seniman doodle

"Penghargaan yang diterima MG Motor Indonesia dari Museum Rekor Indonesia menjadi kebanggaan tersendiri karena kini MG tidak hanya dikenal sebagai merek kendaraan penuh nilai histori, tetapi juga begitu atraktif dan kreatif untuk semakin dekat dengan kaum millennial di Indonesia,” ungkap Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia di GIIAS 2022, Selasa (16/08/2022).

Menyasar kaum millennial sebagai target utamanya, dengan kolaborasi ini merupakan cara MG untuk menawarkan sesuatu yang lebih dari sekadar mobil dan performanya. "Dengan mengajak kedua anak muda yang mewakili aspirasi orang-orang seusianya MG ingin lebih banyak lagi dikenal oleh anak muda Indonesia," tambahnya.

Baca juga : Perbandingan Dimensi Toyota Vios 2023 Lawan Mazda 2 Sedan, MG 5 GT dan Honda City Sedan; Mana yang Proporsional?

Hyundai Stargazer Dilukis Seniman The Punten

Begini Kerennya Kalau Mobil Jadi Kanvas Seniman Indonesia 03

Hyundai Stargazer x The Punten

Mengangkat tema The Story of A Rising Star, Ronny Pratama atau yang lebih dikenal dengan The Punten di industri seni Indonesia menceritakan tentang Hyundai Stargazer sebagai bintang yang bersinar terang dan siap menyambut masa depannya yang cerah.

"Kesamaan nilai yang kami pegang dalam mengangkat nilai-nilai lokal menjadi semangat atas lahirnya The Story of A Rising Star. Kolaborasi ini juga menjadi kesempatan bagi saya untuk bisa mengeksplorasi untuk berkarya," kata Ronny.

Begini Kerennya Kalau Mobil Jadi Kanvas Seniman Indonesia 04

Temanya The Story of A Rising Star

The Punten membagikan cerita menjadi tiga bagian, di bagian pertama; Star Chasers, bintang yang bersinar di langit Indonesia dan mencuri perhatian siapa saja yang melihatnya sebagai sebuah inspirasi baru.

Di bagian kedua, Star Temptation menceritakan kisah tentang bintang yang menyinari mata dan menarik hati bagi siapapun yang menatapnya. Kemudian, bagian ketiga, Travelling Star, menceritakan bahwa Sang Bintang menuju hari depan yang lebih baik.

Baca juga : Punya Banyak Keunggulan, Hyundai STARGAZER Siap Jadi Bintang Baru di Dunia Otomotif Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Hyundai Stargazer Trend IVT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil