Begini Wujud Hyundai Casper 2022, Pakai Mesin Turbo 1.0L Buat Lawan Raize - Rocky

Prasetyo · 1 Sep, 2021 11:03

Begini Wujud Hyundai Casper 2022, Pakai Mesin Turbo 1.0L Buat Lawan Raize - Rocky 01

Hyundai Casper 2022 akhirnya secara resmi tampil dalam wujud utuh. Sebelumnya Casper cuma terlihat berupa teaser, kemudian beberapa spyshoot saat mobil ini sedang lakoni uji jalan.

Casper, nama yang sama untuk tokoh animasi tahun 1990-an dengan julukan Hantu Si Baik Hati. Tapi Hyundai Casper bukan mobil hantu. Hyundai memposisikan kendaraan ini sebagai citycar meskipun siluet bodinya juga layak disebut SUV berdimensi ringkas.

Hyundai Casper 2022 -1

Ada banyak arti tentang nama "Casper"

Casper nantinya akan mengisi segmen yang dulu pernah diisi oleh Hyundai i10. Jadi sudah bisa ketebak, kalau rivalnya adalah Kia Morning alias Picanto. Tapi karena struktur tubuhnya yang mirip SUV itu pula Hyundai Casper akan jadi penantang Suzuki Ignis, Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Baca juga : Hyundai Casper akan Lawan Raize-Rocky dan Suzuki Ignis, Berapa Harganya di Indonesia?

Arti Nama Casper Ala Hyundai

Kalau sebagian ada yang mengartikan Casper dengan tokoh kartun yang sudah kami sebutkan tadi, ternyata ada beberapa pendapat berbeda mengenai penamaan mobil tersebut. "Casper" diyakini merupakan satu nama trik dalam permainan skateboard.

Hyundai Casper 2022 -2

Bentuknya lebih layak disebut Small SUV

Kemudian ada juga yang percaya kalau nama Casper berasal dari satu kota di negara bagian Wyoming, Amerika Serikat (AS). Lantas ada pula yang mengartikan kalau Casper berasal dari kata "Caspar" yang berarti penuh semangat.

Apapun artinya, yang jelas mobil ini rasanya ditujukan buat kaula muda kaum urban yang butuh kendaraan compact dan lincah demi menunjang mobilitasnya.

SUV Urban Bertubuh Mungil

Hyundai Casper 2022 -3

Desainnya out of the box

Hyundai memang memposisikan Casper sebagai kendaraan perkotaan. Model ini juga jadi mobil terkecil Hyundai yang masuk dalam jajaran portfolio global mereka. Walau begitu, Hyundai tetap ingin tampilan mobil yang berkarakter sekaligus bergaya.

Lampu utama adanya di bemper depan yang menjadi kesatuan dengan Daytime Running Light (DRL) berbentuk lingkaran. Sementara di bagian atasnya malah berfungsi sebagai lampu sein. Desain grilnya juga terlihat tidak biasa sehigga pasti bakal tampak stand out saat dipakai di perkotaan.

Hyundai Casper 2022 -4

Desainnya unik beda dari citycar lain

Keseluruhan tubuhnya terlihat tinggi untuk ukuran citycar. Velg juga pakai diameter cukup besar dengan desain yang tak kalah unik. Lantas ada overfender, gagang pintu model tarik, pilar A yang dicat hitam, serta di atap ada roofrail.

Baca juga : Selain Hyundai Stargazer, Kia Juga Siapkan LMPV 7 Seater Lebih Mewah dari Ertiga dan Xpander

Sudah Pakai Sunroof

Ada banyak hal menarik dari Hyundai Casper 2022 ini. Diantaranya bentuk lampu belakang juga dibuat lingkaran. Sementara di bawah kaca bagasi belakang lagi-lagi ada aksen serupa dengan gril depan.

Hyundai Casper 2022 -5

Bentuk dasbornya sedikit terlihat

Sayangnya belum ada penampakan bagian dalam mobil ini. Namun terlihat dari foto-foto yang dirilis resmi oleh Hyundai, mobil tersebut akan pakai headunit model tancap dengan layar cukup besar di bagian tengah dasbor. Lantas di bagain atapnya juga terlihat sudah ada sunroof.

Pakai Mesin 1.0L Turbo

Terakhir soal mesin yang dipakai. Casper akan dijejali Hyundai dengan mesin 1.0L. Awalnya ada spekulasi kalau Casper bakal pakai dua mesin, yaitu 1.0L dan 1.1L atau 1.2L. Namun kini terungkap kalau kedua varian mesin tersebut sama-sama berkapasitas 1.0-liter.

Hyundai Casper 2022 -6

Lawan berat Ignis

Bedanya, mesin pertama adalah 1.0-liter naturally aspirated (N/A) berdaya 76 hp yang dikombinasikan transmisi 4 percepatan otomatis. Mesin kedua 1.0-liter Turbo yang mampu memproduksi tenaga puncak 100 hp tapi tetap pakai gearbox serupa.

Casper rencananya akan diluncurkan oleh Hyundai bulan depan. Namun belum bisa dipastikan negara mana saja yang akan mendapat model global ini.

Baca juga : Hyundai Custo 2021 Dirilis Akhir Agustus, Bermesin Turbo Lebih Mewah dari Toyota Innova Venturer

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

2021 Toyota Raize 1.2L G M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru