window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Begini yang Akan Terjadi Kalau Meninggalkan Anak di Dalam Mobil, Gak Sampai 30 Menit Tewas!

Prasetyo · 28 Jun, 2021 12:30

Anak meninggal di dalam mobil

Mungkin Anda pernah mendengar beberapa kasus anak meninggal di dalam mobil. Baik itu yang terjadi di luar negeri ataupun kejadian di Indonesia, bahkan di lingkungan terdekat dengan Anda. Penyebabnya kadang sepele, si anak ditinggal di dalam mobil, sementara orang tuanya melakukan aktifitas lain misalnya berbelanja atau bekerja.

Awalnya orang tua itu tak ingin keberadaan si anak merepotkan dan menghambat aktifitasnya. Sehingga si buah hati dibiarkan duduk di bangku belakang mobil, sementara mesin kendaraan tersebut di matikan, jendelanya tertutup rapat, dan pintunya dikunci dari luar.

Anak meninggal di dalam mobil

Terkadang orang tua meninggalkan anak yang sedang tertidur di mobil

Padahal pada kondisi yang demikian, sangat mungkin terjadi anak meninggal di dalam mobil. Lantaran tubuhnya mengalami dehidrasi akut. Apalagi jika mobil diparkir di ruang terbuka dengan kondisi terkena sinar matahari langsung. Maka kejadian naas tersebut akan berlangsung lebih cepat.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga : Renault Triber Raih 4 Bintang Uji Tabrak Global NCAP, Perlu Penyempurnaan Untuk Keselamatan Anak

Ford Buat Simulasi Anak-anak yang Ditinggal di Dalam Mobil

Untuk lebih mengingatkan para orang tua agar tidak meninggalkan anak di dalam mobil sendirian, Ford belum lama ini membagikan video terkait hal tersebut.

Anak meninggal di dalam mobil

Mobil yang terparkir di luar ruangan kabinnya berubah jadi oven

Disimulasikan sebuah mobil berjenis Ford Focus Active terparkir di kondisi cuaca panas di sebuah pabrik di Cologne, Jerman. Kemudian anak yang ditinggal di dalam mobil diganti dengan patung es yang dibentuk menyerupai tubuh anak-anaka.

Patung es ini kemudian di letakkan di jok belakang. Kemudian Ford juga meletakkan patung es lain berbentuk anjing. Ini untuk mensimulasikan apa yang akan terjadi jika seorang bocah dan hewan peliharaan ditinggal di dalam mobil untuk waktu lama.

Anak meninggal di dalam mobil

Suhu di kabin mobil jadi 50 derajat

Pada saat pengujian, suhu di luar mobil tercatat 35 derajat Celcius. Suhu ini dianggap sama dengan cuaca pada siang hari pada saat musim panas di Eropa. Namun tentunya, suhu di dalam mobil jadi lebih tinggi dibanding di luar.

Cuma Butuh 20 Menit Anak-anak Meninggal karena Kepanasan

Baca juga : Adu Praktis Suzuki Ignis Vs Honda Brio, City Car Idaman Anak Muda

Dalam pengujian yang dilakukan Ford ini pun terbukti jika tidak perlu menunggu lama untuk menjadikan kabin mobil seperti oven yang diletakkan di atas nyala api. Bagaimana tidak, dalam 20 menit saja suhu di dalam kabin mobil tersebut sudah berubah jadi 50 derajat Celcius.

Pada kondisi ini patung-patung es yang diletakkan pun sudah mencair. Kondisi ini dianggap sama dengan situasi organ tubuh manusia akibat mengalami serangan hawa panas yang berlebihan dalam waktu lama.

Anak meninggal di dalam mobil

Cuma 20 menit es pun mencair

Ford ternyata bukan melakukan percobaan ini di Jerman saja, namun juga di Filipina. Bahkan di negara tersebut, suhu di luar mobil tercatat 40 derajat Celcius. Sehingga waktu mencair patung-patung es lebih cepat dari pada yang dilakukan di Eropa.

Dibuat Sistem Peringatan untuk Tidak Meninggalkan Anak di Mobil

Selain ingin memberikan peringatan kepada para orang tua akan ancaman anak meninggal di dalam mobil, Ford juga bakal meracik sistem peringatan yang lebih baik. Sistem ini diharapkan bisa memberikan peringatan guna mencegah situasi tersebut terjadi pada pemilik mobil Ford.

Namun tentu saja, semua kembali kepada tanggung jawab orang tua sebagai pengemudi. Apapun alasannya, jangan pernah tinggalkan anak di dalam mobil.

Baca juga : Identik Sebagai Mobil Anak Muda, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil