window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bekasnya Seharga Daihatsu Ayla Baru, Ini Kelebihan dan Kekurangan Toyota Vios Gen-3

Enda · 3 Agu, 2022 14:00

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Generasi ketiga Toyota Vios pertama kali diperkenalkan di Tanah Air pada tahun 2013. Tidak seperti model sebelumnya yang didatangkan dari Thailand, Vios gen-3 sudah dirakit di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat.

Terus dijajakan hingga 2017, Toyota Vios gen-3 juga digunakan oleh beberapa operator taksi ternama sebagai armadanya dengan nama Toyota Limo. Mengenai soal harga, Vios generasi ini sekennya berada di angka Rp130 jutaan atau setara dengan Daihatsu Ayla 1.0 X MT baru.

Apabila kalian tertarik meminangnya dalam waktu dekat, simak lebih dulu kelebihan dan kekurangannya di bawah ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Cuma di Indonesia, Sedan Murah Toyota Vios Disulap Jadi Traktor, Nyeleneh!

Kelebihan Toyota Vios Gen-3

1. Kabin Luas Bikin Nyaman Penggunanya

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Kabin Toyota Vios gen-3 luas

Sebagai small sedan kompak yang dapat menampung 5 orang sekaligus, Toyota Vios gen-3 terasa nyaman digunakan. Hal tersebut dikarenakan untuk dimensinya mobil ini lebih panjang 110 mm dari model sebelumnya sehingga menyuguhkan keleluasan kabin. Dengan kabin yang lebih luas, tentu membuat setiap orang yang berada didalamnya dapat lebih bebas melakukan berbagai macam aktivitas.

Bukan cuma kabin luas, mobil ini untuk joknya juga lebar serta memiliki sandaran yang bisa direbahkan. Untuk materialnya, joknya terasa empuk berkat penggunaan busa yang tebal.

Oh iya, joknya Toyota melengkapinya dengan pengaturan sliding, folding dan high adjuster. Untuk memberikan kenyaman, mobil ini hadir dengan arm rest, banyak laci penyimpanan dan cup holder yang berfungsi untuk menyimpan barang berukruan kecil dan meletakan botol minuman saat melakukan perjalanan.

2. Punya Fitur Lengkap

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Fitur Toyota Vios gen-3 lengkap

Masuk dalam kategori small sedan entry level, untuk fiturnya Toyota Vios gen-3 terbilang lengkap. Seperti yang bisa kalian lihat, pada bagian sistem pencahayaannya telah dipadukan dengan HID projector dengan auto-leveling dan foglamp. Di bagian samping, spionnya dilengkapi dengan lampu sein yang kacanya dapat diatur secara otomatis menggunakan tombol serta retractable.

Melihat ke dalam, mobil ini berhasil tersematkan head unit 7 inci yang terhubung dengan audio switch control steering. Bukan cuma itu, untuk AC nya telah mengadopsi tampilan digital dengan dual zone autoclimate, defogger, power window, serta MID (Multi Information Display) pada panel instrumentnya yang dapat memberikan beragam informasi seperti konsumsi bahan bakar, kecepatan serta jarak tempuh. 

Bicara soal fitur keselamatan serta keamanan berkendara, pabrikan membekalinya dengan struktur rangka GOA (Global Outstanding Assessment), dual airbags, ABS + EBD, BA (Brake Assist), dan rem cakram di semua roda. Sebagai bentuk kemanaan, mobil ini dilengkapi immobilizer, engine start/stop serta kayless entry yang memudahkan pengguna saat ingin membuka dan mengunci pintu.

3. Handling Stabil dan Terasa Nyaman

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Handling Toyota Vios gen-3 stabil

Menggunakan suspensi berjensikan Independent MacPherson Strut di bagian depan serta Torsion Beam di roda belakangnya, Vios gen-3 terasa nyaman ketika melewati jalan yang berkontur. Bukan cuma itu, suspensi yang digunakan juga dapat menghasilkan tingkat handling yang cukup baik ketika mobil diajak bermanuver di kecepatan tinggi.

4. Perawatan Mudah Serta Ketersediaan Spare Part yang Melimpah

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Suku cadang Toyota Vios gen-3 mudah dijumpai di pasaran

Seperti generasi-generasi sebelumnya, Vios Gen-3 dalam hal perawatan sangat mudah. Tak hanya itu, mengenai ketersediaan spare part kalian juga tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya suku cadang mobil ini sangat melimpah di seluruh penjuru nusantara, sehingga kalian tidak merasa kesusahan untuk mendapatkannya.

5. Mesin Bandel dan Hemat Bahan Bakar

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Mesin 1NZ-FE DOHC VVT-i Toyota Vios gen-3

Generasi ketiga Toyota Vios dibekali mesin berkodekan 1NZ-FE DOHC VVT-i 4-silinder segaris, DOHC 16 valve 1.497 cc yang sama seperti model sebelumnya. Secara data, mesinnya dapat meletupkan tenaga hingga 109 PS @6.000 rpm dengan tenaga puncak mencapai 141 Nm @4.200 rpm. Selain mampu menghasilkan performa yang baik, mesin juga terbukti memiliki tingkat durabilitas tinggi.

Untuk mesinnya, mobil ini jarang sekali bermasalah selagi BBM jenis bensin yang digunakan tidak tercampur dengan mineral maupun cairan lainnya serta rutin mengganti pelumas.

Mengenai konsumsi BBM nya, mobil ini sangat ramah di kantong. Beberapa pengetesan yang pernah dilakukan, untuk pengunaan dalam kotanya mampu menempuh jarak hingga 12 km/liter, dan pemakaian luar kota mobil ini dapat meraih angka 18 km/liter.

Baca juga: Toyota Vios Hybrid 2022 Kepergok Uji Jalan, Pakai Platform Serupa Daihatsu Xenia

Kekurangan Toyota Vios Gen-3

1. Kaki-kaki Depan Gampang Rusak Rusak

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Kaki-kaki depan Toyota Vios gen-3 mudah rusak

Permasalahan yang kerap kali menimpa pemilik Toyota Vios Gen-3 adalah kaki-kaki bagian depan. Karena usia pemakaian serta jarangnya mendapatkan perawatan, bisa dipastikan mobil ini akan timbul suara asing seperti ‘gluduk’ saat melewati jalan yang rusak. Hal tersebut dikarenakan karet bushing pada swing arm sudah mulai getas, karet ball joint pecah, serta karet tie rod yang jebol. Tak hanya itu, indikasi kerusakan lainnya juga bisa timbul dari rack steer serta intermediate shaft steering.

2. Material Dashboard Terkesan Murahan

Kelemahan berikutnya yang ada pada Toyota Vios gen-3 yakni material plastik yang digunakan. Untuk dashboardnya sendiri terkesan murahan dengan bahan plastik keras yang mirip digunakan Agya dan Ayla.

3. Peredam Kabin Tipis

Kelebihan dan kekurangan Toyota Vios gen-3

Peredam kabin tipis

Untuk peredam kabinnya Toyota Vios gen-3 ini terbilang tipis. Jadi jangan heran apabila kalian masih bisa mendengar dengan jelas suara asing dari luar kendaraan termasuk suara mesin. Begitupun saat hujan deras, didalamnya kalian akan mendengar secara jelas suara air yang jatuh di atapnya.

Kesimpulan

Dibandrol setara dengan Daihatsu Ayla baru, Toyota Vios gen-3 untuk kelebihan dan kekurangannya berhasil kami sampaikan di atas. Secara konklusi, selain harganya mulai terjangkau, generasi ketiga Vios ini memiliki fitur lengkap, nyaman digunakan serta mudah dan murah dalam hal perawatan. Tak hanya itu, untuk konsumsi BBM nya pun irit sehingga sangat cocok digunakan sehari-hari atau berpergian bersama keluarga di akhir pekan.

Mengenai kekurangannya, sebaiknya selalu mengecek kondisi kaki-kaki depan serta mengurangi kecepatan saat melewati jalan yang berkontur.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Toyota Limo Gen-2, Sedan Murah Penampilan Mewah

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Toyota Vios 1.5 EM/T 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil