window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Belajar dari Kecelakaan Vanessa Angel, Ngantuk Saat Nyetir Itu Taruhannya Nyawa!

Prasetyo · 4 Nov, 2021 17:33

ngantuk saat nyetir -1

Siang ini, Kamis (4/10/2021) publik dikejutkan dengan berita kecelakaan Vanessa Angel dan keluarganya. Padahal hanya berselang sekitar 5 jam sebelumnya, pemain film layar lebar ini terlihat mengunggah sebuah video di akun media sosial Instagram pribadinya.

Kemudian disusul sang suami, Bibi Ardiansyah yang juga menggungah video pendek dengan posisi dirinya sedang duduk di jok depan dan memperlihatkan Vanessa Angel yang tengah tertidur di kursi penumpang baris kedua. Tak berselang lama, pihak kepolisan Jawa Timur melaporkan ada tragedi kecelakaan di Tol Jombang.

Ngantuk saat nyetir -2

Mitsubishi Pajero Sport milik Vanessa Angel dan suami

Sebuah Mitsubishi Pajero Sport putih dengan nopol B 1264 BJU dilaporkan mengalami rusak parah. Kendaraan tersebut diduga kuat adalah milik Vanessa Angel dan suaminya. Ini karena warganet menemukan sebuah video yang sempat diunggah pasangan tersebut ketika baru saja membeli SUV itu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Dalam laporan Ditlantas Polda Jatim disebutkan, mobil Vanessa terlihat oleh beberapa saksi melintas dari arah Jakarta. Namun saat di KM 673+300 kendaraan tiba-tiba menabrak beton pembatas kiri jalan. Akhirnya mobil terpelanting dan berputar, baru kemudian terhenti di lajur cepat.

Baca juga : Sering Turun Hujan, Begini Hindari Risiko Tabrakan Beruntun

ngantuk saat nyetir -3

Kabarnya mobil terpental hingga ruas jalan arah sebaliknya

Situasi pada saat kecelakaan terjadi dilaporkan lalu lintas lancar dan cuaca cerah. Pengemudi mobil diduga kehilangan konsentrasi akibat mengantuk. Sementara Vanessa Angel diketahui selama ada di dalam mobil tanpa menggunakan sabuk keselamatan.

Tentunya kasus kecelakaan Vanessa Angel ini patut jadi pelajaran kita semua yang kerap berkendara di jalan raya.

Cuma Terlelap Kurang dari Sedetik, Akibatnya Sangat Fatal!

Ngantuk saat nyetir -3

Jangan paksakan mengemudi kalau mengantuk

Berkendara memang merupakan kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Tidak bisa disambi aktifitas lain, apalagi kalau sampai tubuh merasakan kantuk dan akhirnya terlelap.

"Mengemudi saat mengantuk itu bahaya sekali. Apalagi kalau dalam kecepatan tinggi, Tidak fokus sepersekian detik saja, akibatnya fatal." jelas Jusri Pulubuhu, Founder dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC).

ngantuk sata nyetir -4

Kelelahan pemicu utama tubuh lemas dan mengantuk

Ia menjelaskan, tubuh pengemudi merasa kantuk biasanya akibat kondisi fisik yang amat kelelahan. Antara lain jika sebelum berkendara Anda beraktifitas fisik yang cukup berat. Atau juga karena sudah terlalu lama berkendara di perjalanan jauh tanpa diseling istirahat.

Karena tubuh sudah menurun kinerjanya, maka membuat kerja panca indera pun ikutan menurun. Padahal ketika mengemudi, Anda butuh telinga, mata, dan respon berkendara yang selalu baik.

ngantuk saat nyetir -5

Sebaiknya selalu sediakan air putih selama berkendara

Penyebab tubuh merasa lemas dan kemudian mengantuk juga bisa karena asupan makanan ke dalam tubuh. Jika sebelumnya terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkadar karbohidrat tinggi, maka akan timbul rasa kantuk. Sebaliknya, tubuh yang kekurangan kalori atau zat bergizi juga menyebabkan lemas dan mengantuk.

Baca juga : Wajib Tahu, Ini Penyebab Airbag Mobil Tidak Mengembang Saat Tabrakan

Wajib Istirahat Kalau Ngantuk Saat Nyetir

ngantuk saat nyetir -6

Pastikan selalu istirahat jika lakukan perjalanan jauh

Jusri juga menuturkan, tidak ada obat yang benar-benar efektif untuk mengatasi ngantuk saat nyetir. Apalagi mengatasi ngantuk saat nyetir cuma dengan mengkonsumsi kopi pahit. Cara agar tidak mengantuk saat nyetir dengan istirahat yang cukup dan makan-makanan bergizi serta memperbanyak konsumsi air putih.

Sedangkan kalau tubuh sudah terasa mengantuk ketika mengemudi, maka segeralah menepi. Cari tempat istirahat yang aman dan nyaman, misalnya di SPBU atau rest area. Kemudian tidurlah sampai rasa kantuk itu benar-benar hilang. "Obatnya cuma tidur, kalau lakukan perjalanan jauh, maksimal setiap 3 jam berhenti untuk istirahat," pesan Jusri.

Baca juga : Siapa Sangka, Boneka untuk Uji Tabrakan Mobil Ternyata Awalnya Pakai Mayat Manusia Lho!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 AT 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil