Beli Honda Mobilio, Pilih Tipe E dan RS dengan Fitur Paling Pas

Samuel Tito · 18 Okt 2020 02:00

Segmen low multi purpose vehicle (LMPV) adalah segmen paling gemuk dan paling ketat. Hampir semua agen pemegang merek memiliki master di segmen ini. Seperti produk kembar duo Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Tidak ketinggalan ada Mitsubishi Xpander, plus saudara kembarnya  Nissan Livina, dan ada juga Suzuki Ertiga. PT Honda Prospect Motor (HPM) juga punya jagoan untuk segmen ini yaitu Honda Mobilio.

Berbagai cara dilakukan Honda untuk bertarung di ranah mobil keluarga ini. Meskipun model yang diperbarui tidak mencakup banyak hal, tetapi secara fungsionalitas model ini memiliki keunggulan dibandingkan LMPV pesaing. Pertanyaan pentingnya adalah, seberapa signifikan perubahan yang dilakukan Honda Indonesia agar Mobilio menjadi lebih kompetitif di segmen LMPV?

Mari disimak ubahan yang terjadi pada Honda Mobilio. Dari luar, ubahan utama pada Honda Mobilio terbaru terlihat pada lampu depannya. Pada sisi projector headlamp telah dilengkapi dengan LED Daytime Running Light. Dengan tujuan agar visibilitas pengemudi jadi lebih baik.

Untuk tampilan yang stylish dan sporty, diperkuat dengan penggunaan spoiler di bagian depan, samping, dan belakang. Honda Mobilio terbaru, kini mengusung velg 15 ”Two Tone Alloy Wheel dengan desain baru yang sporty. Sedangkan varian di atas semuanya sudah diterapkan. Penambahan tipe ini mendapat New Shark Fin Antenna dan New Smoked Rear Combi Lamp yang lebih memukau.

Jujur saja, harus diakui komposisi Honda memang tidak terlalu banyak. Penyegaran dilakukan pada eksterior serta beberapa fitur baru di interior. Dalam mendesain Mobilio, Honda mempertahankan ciri khasnya sebagai pabrikan spesialis ruang yang luas.

Ini terbukti dari kabinnya yang lega dibandingkan mobil sejenis dan begitu juga dengan bagasi yang lega. Itulah sebabnya, Mobilio mendapat sambutan baik saat pertama kali diluncurkan.

Honda menawarkan Mobilio dalam tujuh tipe. Namun varian yang paling direkomendasikan adalah Mobilio E dan RS dengan transmisi CVT. Karena kelengkapan fiturnya paling pas, juga aman.

Beli Honda Mobilio Tipe E CVT

Varian ini memiliki beberapa fitur baru. Peribahasa lampu proyektor ditambah lampu LED siang hari. Sedangkan pelek dua warna berukuran 15 inci disertai penyegaran eksterior. Seperti bagian muka, sisipan samping hingga spoiler belakang. Sementara untuk sektor hiburan, dipasang head unit layar sentuh berukuran 6,2 inci.

Konektivitas melalui Bluetooth dan handsfree. Kelengkapan unit diantaranya CVT dengan Earth Dreams Technology, spion pintu retractable dengan lampu sein, sistem alarm, keyless entry. Tidak ketinggalam ada juga fitur seperti kamera parkir belakang dan audio steering switch.

Di sektor keselamatan pengemudi. Mobilio E CVT menggunakan rangka G-CON + ACETM untuk mengurangi tabrakan selama kecelakaan dengan lebih baik. Serta dilengkapi dual SRS Airbags depan untuk perlindungan lebih lengkap. Sistem pengereman juga didukung ABS plus EBD. Dari aspek ini, ini adalah mobil keluarga dengan tujuh penumpang.

Beli Honda Mobilio Tipe RS CVT

Tentunya unit ini yang paling lengkap. Tipe RS dilengkapi dengan pelek ganda berwarna 15 inci namun membuatnya lebih gelap. Berbeda dengan E CVT, di bagian dasbornya terdapat monitor audio layar sentuh kapasitif 2DIN 8 inci. Dapat menghubungkan Bluetooth, telepon bebas genggam dan smartphone. Kemudian cluster meteran dimasukkan dengan logo RS.

Varian tertinggi masih menonjolkan fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya. Misalnya grill depan berwarna hitam, spoiler tailgate dengan stop lamp LED. Ujung knalpot sudah dikrom, ada AC digital, 6 Speaker Premium, serta fitur tambahan Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA). Rem sama dari E, pakai ABS dengan EBD.

Cek Mesin Sebelum Beli Honda Mobilio

Semua Honda Mobilio didukung oleh mesin i-VTEC 1,5 liter. Hasil pembakaran menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm, yang paling bertenaga di kelasnya. Kemudian torsinya 145 Nm pada 4.600 rpm. Sebenarnya tidak masalah untuk menggunakan transmisi manual 5 kecepatan. Namun, disarankan untuk memilih gearbox CVT Earth Dreams Technology. Karena selain mulus dan praktis, kecepatan mesin dipastikan akan terjaga. Sehingga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

Mesin Honda Mobilo 2020
Seri Mesin L15 SOHC, 4 Silinder, i-VTEC, Drive By wire
Pasokan Bahan Bakar PGM-FI 
Tenaga Maksimum 116,5 Hp (118 Ps) @ 6.600 rpm
Torsi Maksimum 145 Nm (14,8 kg.m) @ 5.500 rpm 
Kapasitas Silinder 1.496 cc
Bore X Stroke 73 mm X 89,4 mm
Tipe Transmisi CVT with Earth Dreams Technology

Secara keseluruhan, sensasi berkendara pada New Honda Mobilio sama dengan generasi sebelumnya. Hanya saja desain untuk Honda Mobilio anyar ini terlihat lebih segar dan keren karena mendapat penyegaran.

Selain hadir dengan tampilan eksterior yang lebih baru, Honda Mobilio ini juga memiliki kenyamanan yang cukup baik. Konsumsi bahan bakar yang dihasilkan dari mobil ini juga tergolong sangat irit, cocok digunakan di kemacetan perkotaan seperti Jakarta.

Layanan Servis Saat Beli Honda Mobilio

Fasilitas purna jual Honda termasuk paket perawatan. Sehingga dapat menekan biaya operasional pemilik. Honda menawarkan paket gratis biaya servis berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun. Selain itu juga tersedia paket hemat suku cadang untuk perawatan berkala 4 tahun / 50.000 km. Atau sampai 8 tahun / 100.000 km.

Ada juga layanan Honda Experience. Ini merupakan layanan darurat 24 jam bagi konsumen yang menemui kendala dalam perjalanan. Termasuk bantuan di jalan raya seperti penggantian ban, aktivasi aki, pengisian bahan bakar, hingga derek kendaraan selama 24 jam.

Jika para pemilik yang beli Honda Mobilio ingin tampil beda. Pabrikan Honda Indonesia juga menyediakan aksesori bernama Modulo. Aksesori ini terdiri dari, Door Visor, AC Filter, Isofix Childseat, Fog Light Garnish, Door Lower Garnish, dan Exhaust Pipe Finisher.

Harga Honda Mobilio

Honda Mobilio Harga On The Road
Honda Mobilio S M/T Rp 203.400.000
Honda Mobilio E M/T Rp 224.400.000
Honda Mobilio E M/T Rp 224.400.000
Honda Mobilio E CVT Rp 235.800.000
Honda Mobilio RS M/T Rp 248.200.000
Honda Mobilio RS CVT  Rp 259.000.000

 

Komentar

Mobil Terbaru